Honda CRF150L vs Verza: Laaaahhh… Basis Mesinnya Sama…!!?

Motorisweb.com – CRF150L vs Verza. Om Bro sebagian mungkin sudah tahu, tapi Om Bro yang lain mungkin ada juga yang belum tahu. Ternyata… basis mesin Honda CRF150L itu sama dengan Honda Verza. Laaaahhh….??!!! Tapi jangan pesimis dulu, Om Bro… Soale, meski basis mesinnya sama, namun ada banyak perbedaan diantara keduanya.

Lah iya lah… nggak mungkin kan motor sport harian kok sama persis dengan motor off-road?! Gile lu ndro! Wkekwkek…!!

Munurut sumbernya AHM, basis mesinnya memang sama dengan Honda Verza, tapu karakternya jelas beda. Honda CRF150L menggunakan kode mesin K84, sementara Verza berkode mesin K18.

Begitu menurut Technical Service Training Development PT.Astra Honda Motor, Sarwono Edhi.

crf150l vs verza

Perbedaannya juga bukan hanya formalitas kode saja. Secara rinci, Honda CRF150L vs Verza berbeda pada pistonnya. Ada perlakuan hardner di bagian dome (kepala piston) CRF150L, karenanya, dome piston diberikan lapisan khusus yang lebih keras agar kuat.

Perlakuan hardner (kasar) dimaksud ya jelas karena mesin dipakai stop and go serta melalui medan jalan yang berat.

Selain itu, crankshaft, balancing & durasi cam, bore & stroke serta silinder head juga beda. Ada pegangan frame pada CRF150L.

Tidak hanya disektor mesin, gear set pun menggunakan final ratio yang berbeda. CRF150L menggunakan gir 15/49, sedangkan Verza menggunakan 14/42. Namun begitu, tidak dipungkiri bahwa keduanya memiliki kesamaan pada beberapa bagian, misalnya pada sistem transmisi dan kopling.

Honda CRF150L menggendong mesin 4-Tak, SOHC, satu silinder dengan kapasitas 149cc. Power maksimum yang dimuntahkan mencapai 12,7 TK/8.000 rpm dengan torsi maksimum di angka 12,43 Nm/6.500 rpm.
(Mtw) Sumber: liputan6.com

Related posts

Tinggalkan Balasan