honda c70 1979

Mengingat Kembali Legenda Honda Bebek 70 Original

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro! Beberapa tahun lalu, melihat tampilan Honda Bebek 70 original agaknya tidak begitu “uwow”. Namun sekarang lain. Model-model retro tengah mendapat banyak perhatian dan bangkit kembali model desainnya.

Advertisement

Bukan hanya dengan cara restorasi, tapi pabrikan pun bahkan memproduksinya dalam wujud produk baru.

Betul Om. Meskipun secara produk baru dari pabrikan tidak memproduksi Honda bebek 70 yang sama persis dengan zaman old.

Tapi desain body’nya mirip. Sebut saja Honda Supercub C110 dan Super Cub C125 yang bahkan tersedia untuk pasar Indonesia.

Review Honda Bebek 70 Original

Bicara perkara Honda bebek jadul C70, saat ini Super Cub tersebut telah masuk ke dalam kategori collectible item.

Honda c70 1979

Honda Bebek 70 amat populer bagi masyarakat Indonesia pada zamannya. Bahkan konon model ini menjadi motor bebek dengan jumlah produksi paling banyak secara hitungan global, yaitu sebanyak 87 juta unit hingga tahun 2014 lalu. (Kompas, 31/5/2019).

honda c70 1979

Untuk pasar Indonesia, Honda C70 mulai beredar sejak tahun 1971 dengan berbagai nama alias. Ada yang menyebut ‘Bektu’ dan ada juga yang menyebutnya ‘Pitung’.

honda c70 1979

Sebutan ‘Pitung’ itu sendiri timbul sebagai singkatan dari kata ‘Pitungpuluh’ yang berarti ‘Tujuhpuluh’ dalam bahasa jawa.

Selain itu, Honda 70 juga populer dengan warna merahnya. Sama seperti warna pakaian Si Pitung yang tergambar dalam film masa lalu.

Honda C70 sebagai bagian dari C series sebenarnya tidaklah sendirian. Masih ada beberapa varian lain, misale saja C50, C80, C90, C100, C100EX dan C125. Tapi meskipun begitu, seri C70 yang paling populer, khususnya bagi masyarakat Indonesia.

Advertisement

Betul Om. Dari dulu saat masih produksi hingga sekarang, Honda C70 masih menjadi bebek tua terpopuler dari pabrikan Honda.

Beberapa tahun lalu banyak orang yang mencari motor ini untuk bahan modifikasi bergaya street cub atau choppy cub.

Bagian penting dari Honda C70 untuk dua konsep modifikasi tersebut adalah rangkanya, lantas mendapat ubah kaki-kaki dan area setang.

Perkara mesin, biasanya yang menjadi pilihan untuk rangka C70 adalah mesin Honda Revo atau Honda Karisma. (Builder Newspeed Garage, Didit Adityawan – Kompas, 31/5/2019).

Pergeseran Tren Modifikasi Menuju Restorasi

Namun kemudian seiring meningkatnya tren bebek lawas dengan tampang orisinil, maka proses restorasi Honda C70 jadi lebih menarik dan mulai menggeser tren modifikasi model ini.

Beruntungnya spare part Honda C70 terbilang masih cukup mudah mendapatkannya.

Pasaran Honda C70

Kisaran harga Honda C70 sekarang berada pada angka Rp8-15 jutaan dalam ruang lingkup pasar motor bekas. Iya tentu tergantung kondisi dan minat calon pembelinya.

Tak hanya itu, popularitas Super Cub series pun menggugah pabrikan Honda untuk membrojolkan C110 dan C125 versi baru. Iya tentu dengan sudah berbekal fitur-fitur zaman now, misale saja sistem pengabutan injeksi, sistem keyless, lampu LED dan lain-lain. (Mtb).

Advertisement

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *