honda adv 150 2019

Review Honda ADV 150 Harga dan Spesifikasi + Fitur

Advertisement

Motorisblog.com – Honda ADV 150 Harga dan Spesifikasi – Om Bro…!! PT Astra Honda Motor sukses menggemparkan dunia persilatan roda dua tanah air usai merilis ADV 150. Betul Om… Skutik adventure ini baru saja dirilis pada event Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang Selatan. Daaaannnn…. Sukses viral diberbagai sosial media Om…

Advertisement

Kenapa bisa viral??

Yang jelas karena tampangnya yang beringas, juga status rilisnya yang menjadi debut global alias pertama kali di dunia… Alhasil, bukan hanya media-media dalam negeri saja yang memberitakan brojolnya ADV 150, tapi juga media-media di luar negeri sana…

Honda ADV 150 Harga Indonesia

Harga ADV 150 di set pada nominal Rp33,5 juta untuk tipe CBS dan Rp36,5 juta untuk tipe ABS. Keduanya dengan status on the road DKI Jakarta.

honda adv 150 2019

Honda ADV 150 Warna

Total pilihan warna ADV 150 ada 6 varian…

Honda ADV 150 ABS-ISS punya dua pilihan warna:
. Advance Red
. Advance White

Sedangkan untuk tipe CBS-ISS pilihan warnanya ada empat:
. Tough Matte Brown
. Tough Silver
. Tough Matte Black
. Tough Red

Spesifikasi Honda ADV 150

Tipe Mesin
. 4-langkah SOHC eSP Idling Stop System

Sistem Suplai Bahan Bakar
. Programmed Fuel Injection (PGM-FI)

Diameter × Langkah
. 57,3 × 57,9 mm

Tipe Transmisi
. Otomatis, V-matic

Rasio Kompresi
. 10,6:1

Daya Maksimum
. 10,7 kW (14,5 ps)/8.500 rpm

Torsi Maksimum
. 13,8 Nm (1,34 kgf.m)/6.500 rpm

Starter
. Elektrik

Tipe Kopling
. Otomatis sentrifugal tipe kering

Tipe Rangka
. Double cradle

Tipe Suspensi Depan
. Teleskopik

Tipe Suspensi Belakang
. Twin subtank rear suspension

Ukuran Ban
. Depan 110/80-14 M/C tubeless
. Belakang 130/70-13 M/C tubeless

Rem Depan
. Cakram hidrolis 240 mm

Rem Belakang
. Cakram hidrolis 220 cm

Sistem Rem
. Triple pot hydraulic, CBS (tipe CBS)
. Anti-lock Breaking System (tipe ABS)

Dimensi
. Panjang 195 cm
. Lebar 76,3 cm
. Tinggi 115,3 cm

Tinggi Tempat Duduk
. 79,5 cm

Jarak Sumbu Roda
. 132,4 cm

Jarak Terendah ke Tanah
. 16,5 cm

Berat Kendaraan (Curb Weight)
. 132 kg (tipe CBS)
. 133 kg (tipe CBS-ISS)

Kapasitas Tangki Bahan Bakar
. 8 liter

Kapasitas Oli Mesin
. 0,8 liter pada penggantian periodik

Tipe (Aki)
. MF 12V-5 Ah

Sistem Pengapian
. Full transisterized

Busi
. NGK MR8K-9

Fitur Honda ADV 150

. Tapered Handle Bar, tampil sporty dengan kenyamanan untuk berkendara di kota atau pun perjalanan jauh

. Power Charger, terletak di dalam console box
. Honda Smart Key System (keyless)
. Wavy disc brake pada kedua rodanya

. Full Digital Panel Meter, memuat indikator speedometer, fuelmeter, average fuel consumption, instant fuel consumption, odometer, tripmeter, date & time , battery indicator, outdoor temperature indicator, oil change indicator

. Adjustable Windscreen dengan 2-tingkat ketinggian yang dapat diatur secara manual

. Sistem pencahayaan Full LED pada headlight, taillight, dan lampu sein

. Ban lebar semi dual purpose pattern, nyaman untuk berbagai kondisi jalan

. Bagasi lega hingga 28 liter, muat helm dan barang-barang lainnya

. Twin Subtank Rear Suspension, suspensi belakang dengan tabung untuk performa rebound yang lebih baik dan nyaman

. LED Tailight dengan pattern ‘X’, dilengkapi Emergency Stop Signal (ESS) untuk situasi darurat saat pengereman mendadak di kecepatan tinggi. (ESS hanya tersedia pada tipe ABS)

Advertisement

honda adv 150 2019

ADV 150 punya kolong 16,5 cm. Cukup tinggi untuk ukuran motor skutik,, tapi ya wajar lantaran modelnya skutik adventure.

Remnya cakram wavy berdiameter 240 mm di roda depan dan cakram wavy 220 mm di belakang.

Suspensi belakang model tabung dari Showa… Pertama untuk skutik besutan Honda di Indonesia. AHM sendiri mengklaim bahwa suspensi ini nyaman dan stabil saat menikung atau pun saat dikendarai di jalan bergelombang, juga nyaman saat dikendarai berboncengan.

Untuk menambah kenyamanannya, ADV 150 diberikan ban semi-dual-purpose berukuran 110/80-14 (depan) dan 130/70-13 (belakang). Konon komposisi ukuran roda tersebut diambil setelah melalui banyak uji coba. Ukuran ban itulah yang terbaik bagi kenerja maksimal suspensi yang digunakan pada Honda ADV 150.

Selain ukuran, jenis ban semi dual purpose pun diambil demi mendukung performanya sebagai motor petualang. Menurut klaim AHM, ukuran dan jenis ban ini punya traksi yang lebih baik di jalanan yang kurang baik. Iya Om… Tapak bannya lebar,, daging yang menapak pada permukaan jalan lebih banyak sehingga kenyamanan pun lebih maksimal.

Menilik desain dari tengah ke belakang, ADV 150 tampak kokoh selaiknya motor adventure. Tangki bahan bakar berkapasitas 8 liter tersemat pada dek tengah yang tidak rata. Joknya model bertingkat, behel model tanduk, spakbor gantung, lampu-lampu full LED dengan Daytime Running Light (DRL) dan lampu sein belakang terpisah dari lampu rem.

Mesin dan rangkanya merupakan hasil pengembangan dari PCX 150. Iya tentu dengan beberapa ubahan supaya punya torsi kuat diputaran bawah-menengah,, sesuai dengan kebutuhan motor adventure. Konon dengan mesin ini, ADV 150 mampu memempuh jarak sejauh 46,6 km/liter (metode uji ECE R40 EURO 3). Artinya jadi 373 km dengan satu tangki penuh bahan bakar. Cukup untuk jarak dari kampung Mtb di Ciamis menuju Jakarta…

ADV 150 menggunakan panel meter full digital berlayar besar. Dia juga punya ruang bagasi yang amat lega, yaitu 28 liter.

Terus pertanyaannya sekarang, apakah kehadiran ADV 150 tidak malah akan membuat pasar PCX jadi kocar-kacir??

Menurut perkiraan sih sepertinya memang akan sedikit mengusik pasar PCX. Tapi dengan dua-duanya berada di kelas premium dengan konsep berbeda, tetap mereka akan punya pasarnya sendiri-sendiri. (Kazuya Minowa, Honda ADV 150 Riset and Develompment Honda Motor Co Asia Tenggara – Viva, 19/7/2019).

Honda ADV 150 menyasar pekerja dan pengusaha muda berusia 25 hingga 35 tahun dan target penjualannya diharapkan mencapai 100.000 unit pertahun… (Thomas Wijaya, Direktur Marketing Astra Honda Motor (AHM) – Viva, 19/7/2019).

Konsep Honda ADV 150 menganut dua genre sekaligus. Yaitu sebagai motor yang nyaman digunakan untuk mobilitas sehari-hari dan alat transportasi kerja, juga sebagai motor adventure yang nyaman untuk mengekslorasi tempat-tempat baru bagi yang hobi bertualang. (Johannes Loman, Executive Vice President Director PT Astra Honda Motor (AHM) – Viva, 19/7/2019).

Secara tampilan, ADV 150 tampak berkiblat pada kakaknya, Honda X-ADV yang berkapasitas mesin 750cc. Tapi pun begitu, ADV 150 dibuat lebih compact agar lebih fleksibel digunakan di segala kondisi jalan. (Mtb).

Advertisement

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *