harley davidson polisi indonesia

Harley Davidson Polisi Indonesia, Kenapa Harus dari Singapura?

Motorisblog.com – Harley Davidson polisi Indonesia. Om Bro… Baru-baru ini VIVA mengabarkan bahwa Korps.Lalu Lintas Mabes Polri telah memborong 10 motor Harley Davidson. Namun, Polri membeli motor-motor tersebut bukan dari showroom Indonesia, melainkan dari agen resmi yang di Singapura.

Mengapa demikian…?

…menurut Kepala Subdit Pengawal dan Patroli Jalan Raya dari Direktorat Penegakan Hukum Korlantas Polri, Kombes.Pol.Bambang Sentot Widodo, alasan ialah karena layanan purna jual yang lebih terjamin.

Yap… Meskipun Polri punya unit perawatan kendaraan sendiri, tapi jelas perlu dukungan agen/dealer. Misale dalam hal spare part de el el.

Perkara perawatan moge, Polri punya unit bidang pemeliharaan dan perawatan (Harwat). Nah, nantinya unit Harwat inilah yang akan bekerja sama dengan perusahaan pemenang lelang pengadaan kendaraan bermotor Korlantas Polri.

harley davidson polisi indonesia
Gambar hanya ilustrasi

Dalam hal ini, Polri memilih Harley Davidson Road Glide.

Konon menurut kabar, Harley-Davidson Road Glide dibekali mesin berkapasitas 1,745 cc dengan pengabutan injeksi. Dan dari kapasitas mesin tersebut, torsi yang dihasilkan mencapai 150 Newton meter (Nm). Wkwkwkwkk…!! Uwow ya, Om Bro…?!

Road Glide memiliki bobot hingga 388 kg dengan kapasitas tangki BBM sebesar 22,7 liter.

Gede ya…?

Iya lah, gede. Mesin 1750 cc kalau dikasih tangki 13 liter ya sebentar-sebentar haus.

Kemudian… dasar motor super premium ya, Road Glide diberikan fitur hiburan berupa radio dan USB. Dia pun dilengkapi dengan sistem navigasi. Tidak seperti Mtb yang jadi driver ojol… navigasinya terpisah di ponsel. Kadang-kadang malah pakai navigasi manual, yakni bertanya pada orang di pinggir jalan. Wkwkwkwk…!!

Nggak kebayang kalau polisi lagi ngawal pake Harley Davidson Road Glide, trus nyasar, trus nanya di pinggir jalan. Jahahahaha…!!

Maka itu, Polri memilih moge dengan kelengkapan sistem Navigasi. Tujuannya ya jelas untuk membantu mempermudah dalam tugas.

Harganya…?

Harley-Davidson Road Glide punya harga di kisaran Rp990 juta hingga Rp1 miliaran. Dan… harga tersebut adalah harga off the road. Nggak kebayang deh harga on the roadnya. Honda CBR1000RR SP saja yang harga di situs AHM berkisar Rp500 jutaan, ternyata (kabarnya) sampai tangan konsumen menjadi Rp700 jutaan. Wajar… namanya motor import, banyak bea yang harus dibayar.

Tapi itu kan motor polisi, Mas Bro…?

Lah iya, motor polisi. Tapi urusan bea, pajak dan lainnya tetap beda urusannya. Jadi tidak karena motor dinas kepolisian lantas jadi bebas biaya… Tetap ada aturannya sesuai standar prosedur yang berlaku. Betul, Om Bro? (Mtb – Harley Davidson Polisi Indonesia).

Tinggalkan Komentar