Harga Xpander 2019, Dua Bulan Dua Kali Naik… Ini Alasannya…

Motorisblog.com – Om Bro…!! Cukup mencengangkan ketika melihat kenaikan harga Xpander 2019… Pasalnya, dalam dua bulan pertama di tahun ini saja, kenaikannya telah dua kali terjadi. Pertama di bulan Januari, dan kedua di akhir Februari lalu…

Harga Xpander Ultimate A/T yang merupakan varian tertingi, kini telah berada di angka Rp260,9 juta. Lebih mahal dibanding MPV sejuta umat dari brand sebelah yang menjadi rivalnya. Sedangkan varian Xpander GLX M/T yang adalah model termurah, pun sudah di set dengan banderol Rp206,1 juta. Naik Rp2 juta dari sebelumnya yang berada di angka Rp204,1 juta.

Yup… Bener pisan Om… PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) telah dua kali merevisi harga Xpander. Pertama di bulan Januari 2019 dengan kenaikan sebesar Rp3 juta, lantas yang kedua terjadi di akhir bulan Februari lalu dengan kenaikan Rp2 juta.

Head of Sales and Marketing Region 1 MMKSI, Budi Dermawan Daulay mengatakan, kenaikan di bulan Januari adalah imbas dari kenaikan biaya produksi dan penyesuaian pada kurs Rupiah terhadap US $ (Dollar Amerika Serikat). Sedangkan di bulan Februari, kenaikan harga terjadi sebagai penyesuaian terhadap perubahan Bea Balik Nama (BBN) yang ditetapkan Pemerintah. (Kompas, 16/3/2019).

Iya Om… Perubahan nilai pajak kendaraan bermotor memang rutin terjadi setiap tahun di bulan Februari – Maret di tiap-tiap daerah di Indonesia. Karena itulah harga kendaraan bermotor pun setiap tahun selalu ada kenaikan.

Selain itu, setiap tahun pun terjadi kenaikan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) dan Upah Minimum Provinsi (UMP) yang secara otomatis juga akan berbepengaruh pada harga jual kendaraan. Pasalnya, pabrikan harus menaikkan gaji para karyawannya, seiring dengan kenaikan UMK/UMP.

Director of Sales & Marketing Division MMKSI, Irwan Kuncoro, mengklaim bahwa kenaikan harga kendaraan yang terjadi setiap tahun akibat perubaah BBN merupakan hal biasa yang telah dimaklumi oleh konsumen. (Kompas, 16/3/2019). (Mtb).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: