Honda cb150r

Harga Tensioner Lifter CB150R Mahal! Ada Alternatif Murahnya Buat Ngatasin Klotok

Motorisblog.com – Harga tensioner lifter CB150R dan alternatif murahnya. Om Bro…!! Satu penyakit dari mesin DOHC Honda CB150R yang bahkan sering menjadi bahan nyinyir sebagian orang adalah perkara adanya suara “klotok-klotok”. Mtb pernah sedikit sharing dengan Kang Suparman, teman yang punya CB150R, dimana dia tidak menemukan solusi untuk penyakit motornya tersebut. Bahkan yang menyedihkan, saat konsultasi dengan mekanik bengkel, sang mekanik cuma menjawab, “itu mah normal, bawaan pabrikan”.

Miris… entah mekaniknya yang malas, ngga ngerti atau entah bagaimana…??

Nah, baru-baru ini Lek Iwb (iwanbanaran.com) baru saja sharing solusi melalui artikelnya. Dari adiknya Lek Iwb yang kebetulan penyemplak Honda CB150R, dia punya solusi yang murah namun efektif untuk mengatasi suara klotok-klotok dari mesin motornya tersebut.

Om Bro… Lek Iwb menyebutkan bahwa suara klotok (suara kasar dari mesin) pada Honda CB150R timbul akibat rantai keteng kendor. Karena kendornya itu maka terjadilah benturan dua logam didalam mesin yang berakibat timbul suara kasar tersebut.

Tapi… Secara pribadi sebenarnya Mtb agak sangsi. Maksudnya, apakah hanya masalah rantai keteng kendor saja tanpa ada masalah lain? Soale kalau menilik dari motor Kang Suparman yang Mtb sebutkan di atas, usianya belum terlalu uzur. Malah motor punya adiknya Lek Iwb yang menjadi bahan sharing artikel pun menurut Mtb belum terlalu tua. Baru sekira dua tahun dan jarak tempuh 59.000 km.

Terbilang sudah jauh juga jarak tempuhnya, tapi belum bisa di katakan tua.

Kemudian… beberapa sumber menyebutkan bahwa suara klotok-klotok itu sendiri cenderung sudah ada sejak motor masih terbilang baru. Jadi sepertinya memang dalam hal ini ada benarnya juga jika di atas, mekanik bengkel yang di tanya oleh Kang Suparman, menyebutkan bahwa karakter mesin DOHC dari Honda CB150R memang seperti itu. Soale Mtb tidak bisa yakin 100% kalau durabilitas tensioner rantai keteng CB150R dinyatakan sebegitu rapuhnya alias tidak awet.

Tapi ya sudah… Sekarang kita tidak usah terus mengungkit masalahnya. Yang terpenting sekarang adalah, bagaimana solusinya?

Nah disini nih… Ketika kita sudah yakin menjudge bahwa biang keroknya adalah rantai keteng… maka muncullah masalah baru, yakni perkara harga tensioner lifter CB150R yang mencapai Rp350.000 bahkan lebih. Iya sih… Ada istilah, kalau ngga mau perawatan mahal ya pake motor bebek atau matic low end. Resiko punya motor sport ya begitu, biaya perawatan mahal…

harga tensioner lifter cb150r
Harga lifter assy tensioner Honda CB150R, Sonic 150R, Supra GTR

Betul sih soal itunya mah… Tapi bagaiman jika ada solusi yang lebih murah, meski tidak terjamin originalitasnya?

harga tensioner lifter cb150r
Lifter assy tensioner

Ya… itu kembali pada pribadi masing-masing… Sesuai kebutuhan, kemampuan dan selera Om Bro sekalian…

Ya sudah, kita kembali ke benang merah…

Menurut Lek Iwb dari adiknya, meski tensioner motornya itu tidak bekerja dengan baik, namun secara keseluruhan tidak banyak berpengaruh pada performa motor. Jadi judulnya ini lebih pada rasa risih… Motor jadi terkesan rusak karena suara kasar akibat rantai timing kendor yang terjadi dari tidak maksimalnya lifter tensioner dalam menekan rantai keteng.

Kemudian jika Om Bro ingin mengganti lifter tensionernya, benturan masalahnya ya itu tadi… harga yang berkisar Rp350 ribuan untuk kode part 14520KWG601. Lumayan mahal kan…? Ini part bukan khusus CB150R saja, tapi bisa juga untuk Supra GTR dan Sonic 150, secara mesin mereka serupa.

harga tensioner lifter cb150r
Honda CB150R milik Mang Eko, teman kerja Mtb, dulu…

Nah, selain soal harga, part tersebut tidak selalu ready stock. Dibeberapa daerah, utamanya di kota-kota kecil, ada kalanya harus inden selama 1-2 minggu jika ingin mendapatkan part original AHM. Laaaah… udah mah lama, inden pula…

Kenapa?

Karena lifter tensioner itu kan bukan part fast moving. Tidak seperti kampas rem dan ban yang pasti akan habis dan harus ganti untuk tiap-tiap waktu tertentu.

Solusinya…??

Gunakan lifter tensioner milik Honda Karisma. Itu yang dilakukan adiknya Lek Iwb.

Tidak dijelaskan perkara originalitasnya secara meyakinkan, tapi disana Lek Iwb menyebutkan bahwa harga HGP lifter tensioner dimaksud hanya Rp45-Rp50 ribuan.

Murah meriah, Om Bro…!!

Hasilnya?

Adik Lek Iwb menyebut puas dengan hasilnya. Nggak pernah kumat lagi.

So, nyatanya lifter tensioner Honda Karisma cocok digunakan pada Honda CB150R, artinya kemungkinan besar cocok juga untik Sonic 150R dan Supra GTR. Artinya lagi, mesin Honda banyak common part… Bisa subtitusi ini itu meski beda model/tipe. (Mtb – Harga tensioner lifter CB150R).

Makasih udah singgah... Jika bermanfaat, monggo di share ke sosmed Om Bro masing-masing...

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *