Harga Supra X 100 Bekas Tinggal Rp2-Rp4 Jutaan Saja…

Motorisblog.com – Om Bro…!! Jika kita mengingat masa kejayaannya, dulu, siapa sangka sekarang harga Supra X 100 bekas hanya senominal Rp2 jutaan hingga Rp4 jutaan saja. Iya wajar sih… Mengingat usia si motor yang termudanya saja sudah menginjak 15 tahun. Apa lagi jika melihat generasi awalnya, sudah 22 tahun usianya. Maka patut jika nominal harganya hanya tersisa sedikit.

Sebagai contoh dari hasil intipan Mtb di salah satu situs jual beli online, disana Mtb mendapati ada penawaran harga Supra X 100 tahun 2004 senominal Rp3,5 juta dan Rp2,7 juta…

Menariknya Om… Motor yang terbilang sudah tua renta itu ternyata masih memiliki cukup banyak peminat, meski tentu tidak sebanyak peminat motor skutik. Rata-rata mereka adalah orang-orang fanatik yang merupakan penggemar bebek Honda jadul.

harga online honda supra x 100 2004

Menurut Muhammad dari ‘Gapura Motor’ Condet, Jakarta Timur, peminat Supra X 100 bekas tetap selalu ada meskipun jumlahnya tidak sebanyak peminat motor matic. (Viva, 8/4/2019).

Om Bro…!! Supra X 100 merupakan salah satu model motor terlaris besutan Honda di akhir dekade 1990-an hingga awal 2000-an. Saking populernya bahkan ia selalu menjadi sasaran kloning motor-motor Cina yang kala itu merajalela di Indonesia selepas krisis ekonomi dan moneter 1998.

Betul Om… Ada banyak pisan pabrikan Cina yang saat itu mencoba peruntungannya di Indonesia. Mereka pun sempat laris manis berkat banderol murah yang ditawarkan.

Yup… Saat produk-produk otomotif merk Jepang harganya melambung tinggi akibat krisis moneter, beberapa brand Cina mencoba menyeruak masuk ke tanah air dengan banderol yang super miring. Hal itu tentu amat menarik minat banyak konsumen Indonesia kala itu.

Namun… Lambat laun konsumen pun kembali pada selera asal setelah tampak jelas remuknya mutu motor-motor Cina saat itu…

Tapi itu dulu Om… Sekarang segalanya telah berubah… Sekarang jalanan Indonesia sudah dipenuhi oleh motor-motor skutik. Padahal sebelum ini, motor bebeklah yang dominan di pasaran.

Supra X 100 adalah generasi penerus Astrea Prima dan Astrea Grand. Dia merupakan motor bebek pertama dari Honda Indonesia yang “ceritanya” punya desain sporty. Karena sebelum itu, bebek-bebek Honda semuanya berdasain rata dan lurus.

Generasi pertama Supra 100 terlahir pada tahun 1997. Tepat di tahun terjadinya krisis ekonomi dan moneter.

Di awal kemunculannya, Supra 100 belum menggunakan huruf “X”. Dia masih mengadopsi rem tromol di kedua rodanya seperti seri Astrea generasi sebelumnya. Barulah pada tahun 2000, Honda Indonesia merilis Supra “X” dengan rem cakram pada roda depannya.

Supra X 100 sempat di klaim sekaligus diberi tagline “Rajanya Motor Bebek” oleh pihak Honda sendiri. Tidak berlebihan sih Om… Karena pada saat itu memang berat sekali bagi kompetitor untuk menumbangkan popularitas dan jumlah penjualan Supra X. Bahkan seperti yang Mtb singgung di atas, “para penjiplak” dari Cina pun lebih memilih mengkloning Supra X ketimbang model-model dari brand lain.

Kenapa…??

Iya karena saking populernya Supra X… Lah untuk apa menjiplak model yang tidak populer?? Tentu tidak akan membuat barang jiplakannya laku terjual. Betul??

Tapi lagi-lagi… Itu cerita dulu… Cerita masa lalu… Kini si “Raja Motor Bebek” rata-rata sudah dalam kondisi yang tidak mulus akibat dimakan usia. Dan kisaran nilai jualnya pun hanya sekira Rp2-Rp4 jutaan saja… Peminatnya jug biasanya para penggemar fanatik, atau orang-orang yang membutuhkan kendaraan niaga semisal untuk mengangkut barang-barang dagangan ke pasar.

Kini nama Supra X masih ada… Tapi wujudnya telah sama sekali berbeda. Mesinnya 125cc dengan sistem pengabutan injeksi, dan pilihan rem cakram pada kedua rodanya.

Harga yang ditawarkan dalam kondisi baru pun bukan lagi banderol motor jaman old. Sekarang Supra X 125 dijual dengan harga mulai dari Rp17 jutaan. (Mtb – Berapa harga Supra X 100 – Harga motor Supra X 100 cc – Harga Honda Supra X 100 cc – Harga Honda Supra X 100 bekas).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: