Harga Nmax ABS Kini Lebih Mahal dari PCX ABS 2019…

Motorisblog.com – Om Bro…!! Ketika PCX baru saja dilokalkan di Indonesia, harga Nmax ABS masih lebih murah… Padahal kapasitas mesinnya “sedikit” lebih besar. Namun sekarang keadaan telah mulai berbalik Om… Maxi Yamaha ini mulai menetapkan banderol yang lebih mahal, atau setidaknya setara dengan rivalnya.

Yup… Secara kapasitas mesin, Nmax memang lebih besar. Namun secara fitur, PCX lebih memanjakan pengendara… Karena itulah disaat pertama kali diproduksi secara lokal oleh Astra Honda Motor (AHM), harga PCX 150 ABS ditetapkan lebih tinggi dibanding kompetitornya, Yamaha Nmax.

Ini bicara PCX lokal ya Om… Tidak bicara PCX CBU Thailand atawa CBU Vietnam…

Lanjut…

PCX bermesin satu silinder 149cc, sedangkan Nmax 155cc, juga dengan satu silinder…

Power maksimum yang dapat digapai oleh PCX adalah 14,5 HP, sedangkan Nmax lebih tinggi, yaitu 14,8 HP.

Menariknya, dengan kapasitas mesin yang lebih besar itu bobot Nmax justru lebih ringan 5 kg dibanding PCX. So, secara Power to Weight Ratio (PWR) jelas Nmax lebih unggul.

Jadi disini Mtb melihat dua rival yang bertarung dikelas yang sama, namun dengan jurus yang berbeda… Nmax jualan performa, sedangkan PCX jual kenyamanan…

Tul Om… Kalau bicara akselerasi, settingan Nmax memang lebih agresif. Namun jika bicara produk yang lembut dan nyaman serta banyak fitur, sepertinya hal itu yang dikedepankan oleh Honda pada PCX.

Naahh… Kembali ke perkara harga… Menurut web resmi masing-masing pabrikan, harga Nmax non ABS sekarang di set pada angka Rp27,5 juta OTR DKI Jakarta. Sedangkan harga Nmax 2019 ABS ialah Rp31,15 juta.

yamaha nmax

Sementara itu harga PCX ABS 2019 berada pada nominal Rp31,025 juta, dan harga PCX 150 CBS (Combi Brake System) adalah Rp28,025 juta.

spesifikasi pcx hybrid vs konvensional
Honda All New PCX lokal

Melihat data di atas, gamblang bahwa pada versi mahalnya Nmax sedikit lebih mahal dari PCX. Namun selisihnya hanya sedikit pisan… Hanya Rp150 ribu bedanya. Sedangkan pada versi rendahnya, justru PCX yang lebih mahal. Selisihnya Rp525 ribu.

Tapi pun begitu, PCX memberikan pembeda berupa Combi Brake System untuk selisih yang Rp500 ribuan tersebut.

Jadi sekali lagi, Nmax memberikan performa yang lebih agresif atas kapasitas mesin yang lebih besar. Sedangkan PCX menawarkan kenyamanan dan kelembutan, utamanya dalam hal redaman getar dan suspensi.

So… Mau pilih mana?? Semua kembali pada selera Om Bro masing-masing…

Om Bro…!! Di segmen skutik gambot alias skutik maxi alias skutik premium atau apa lah istilahnya, kelas ini tengah menjadi yang terlaris untuk saat ini…

Honda menawarkan PCX 150, dan Yamaha menjagokan NMax 155. Keduanya berbadan bongsor dan sama-sama di produkai di dalam negeri…

Kapasitas mesinnya tak jauh berbeda… Banderolnya pun tak jauh berbeda. Dan pamungkasnya, keduanya sama-sama memberikan pilihan Anti-lock Breaking System alias rem ABS.

Dulu Nmax selalu lebih unggul dalam jumlah penjualan. Namun sejak pertengahan tahun 2018 lalu, kita tidak pernah tahu lagi jumlah penjualan mereka lantaran data AISI tidak boleh lagi dipublikasikan secara detail. Sekarang data AISI hanya boleh menyiarkan total penjualan per-merk saja. Lebih dari itu, pasar dunia persilatan roda dua tanah air menjadi misteri. Kita tidak pernah tahu lagi motor apa yang paling laris dan motor apa yang paling tidak laku… (Mtb).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: