Harga Motor Listrik India LES Spock Electric Hanya Rp13,4 Jutaan… Begini Performanya

Motorisblog.com – Om Bro…!! Jangan heran jika harga motor listrik India lebih murah dari Indonesia. Karena semua produk otomotif India memang lebih murah dibanding Indonesia… Termasuk untuk motor bermesin konvensional (mesin bakar) pun demikian.

Nah, belum lama ini pabrikan kendaraan listrik asal India, Li-ions Elektrik Solutions (LES) baru saja merilis skuter niaga bertenaga listrik. Namanya Spock Electric. Menariknya Om, motor listrik niaga mungil ini punya banderol hanya sekira Rp13,4 jutaan saja. (Viva, 6/7/2019).

Menariknya Om, motor listrik ini dilengkapi dengan box besar di area buritan. Tentunya selain pula bagasi di bawah joknya. So… cakep pisan buat ojek online Om… Gampang untuk membawa pesanan makanan dan belanjaan lainnya dari konsumen. Demikian menurut informasi dari laman Autocar India…

Tapi sayangnya belum ada di Indonesia Om…

motor listrik india les spock electric 2019

Sayangkan lagi, skuter listrik berukuran kecil itu ternyata hanya mampu melaju pada kecepatan maksimal 45 km/jam. Tapi… Ternyata keterbatasan top speed itu sengaja dibuat oleh pabrikan dengan maksud lain yang lebih baik. Yaitu supaya baterainya lebih tahan lama.

Faktanya, pabrikan mengklaim bahwa Spock Electric yang menggunakan baterai 2,9 kWh lithium-ion itu mampu menempuh jarak sejauh 130 km hanya dengan sekali cas. Hampir setara jarak Jakarta-Bandung Om… Edass… Motor-motor listrik yang beredar di Indonesia saat ini jarak tempuh maksimalnya baru mencapai puluhan kilometer saja untuk satu kali charge.

Bisa irit gitu ya??

Yup… Soale mesinnya kecil Om…

Jika pengendara ingin sedikit meningkatkan kecepatan, pun tersedia pilihan mode power pada motor listrik ini. Namun ya tentu dengan konsekuensi bahwa konsumsi baterainya akan jadi lebih besar.

LES Spock Electric telah berteknologi digital. Beberapa fitur yang terkandung pada motor ini diantaranya:

. Navigasi GPS
. Socket charger
. Panel instrumen
. Alarm anti-maling

Kabarnya skutik listrik bertampang futuristik ini telah dapat dipesan di beberapa dealer resmi LES di India. Selebihnya belum ada kabar Spock Electric akan dipasarkan ke pasar global, namun bicara kemungkinan, tetap ada kemungkinannya Om…

Om Bro…!! Konon dari berita kiri-kanan yang Mtb ciduk, saat ini beberapa negara tengah mengalami krisis udara bersih. Karenanya model kendaraan tanpa emisi terus dikembangkan oleh berbagai pabrikan di dunia.

Iya memang bagi beberapa pihak, kendaraan listrik pun dianggap belum bisa menjadi solusi yang tepat. Alasannya karena limbah baterai kendaraan listrik yang juga merusak lingkungan.

Tapi pun begitu, hingga saat ini belum ada solusi yang lebih baik lagi… Karenanya kendaraan listrik masih menjadi peluang terbaik dalam hal menekan hal jumlah emisi, dan diharapkan mampu mewujudkan harapan akan terjaganya kualitas udara yang bersih. (Mtb).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: