honda forza 250 silver

Harga Honda Forza 250 di Indonesia Sudah 3 Kali Naik,, Makin Ditinggal Xmax??

Motorisblog.com – Om Bro…!! PT Astra Honda Motor (AHM) benar-benar selon Om… Ngga ada takut-takutnya…!! Lah iya Om… Bayangkan,, harga Honda Forza 250 di Indonesia sudah tiga kali naik,, padahal kehadirannya di Indonesia baru satu tahun lamanya. Apa ngga takut makin ditinggal rivalnya,, Yamaha Xmax??

Betul Om… Menurut informasi yang Mtb ciduk dari web resmi AHM, harga Honda Forza 250cc 2019 kini sudah menyentuh Rp81,95 juta. Padahal setahun lalu (bahkan belum setahun sejak harganya di umumkan),, nominalnya adalah Rp76,5 juta (on the road (OTR) DKI Jakarta).

Begini detailnya:

. Harga awal Rp76,5 juta
. Kenaikan pertama menjadi Rp79,5 juta
. Kenaikan kedua menjadi Rp81,727 juta
. Kenaikan ketiga menjadi Rp81,95 juta

Jadi, total kenaikan harga Forza 250 sejak pertama hingga sekarang sudah sebesar Rp5,45 juta.

Terus,, apa sih faktor yang membuat label harga Honda Forza 250 terus melambung??

Faktor yang paling berpengaruh berasal dari negara tempat Forza 250 di produksi, yakni Thailand. Selain itu,, juga terpengaruh dari besaran pajak kendaraan baru dan pajak barang impor yang diberlakukan di Indonesia. Begitu kira-kira kesimpulan yang dapat Mtb ciduk dari pernyataan pihak AHM. (Ignatius Didi Kwok, General Manager Sales Division PT Astra Honda Motor (AHM) – DetikOto, 6/8/2019).

Iya Om… Pemasaran Honda Forza 250 di Indonesia masih dilakukan secara impor utuh (CBU) dari Negeri Gajah Putih, Thailand. Jadi patut pisan jika penetapan harga di Indonesia pun terpengaruh dari perubahan harga di Thailand sana…

Nah, pertanyaannya sekarang adalah,, apakah AHM tidak takut kehilangan peminat Forza 250?? Sementara pesaingnya,, Yamaha Xmax dibanderol dengan harga yang jauh lebih murah. Betul-betul lebih murah Om… Selisihnya pun mencapai Rp22,65 juta.

Betul Om… Harga Yamaha Xmax saat ini di set pada angka Rp59,3 juta. Selain itu,, Xmax sudah lebih dulu hadir di Indonesia dibanding Forza. Jadi secara logika dasar,, jelas Forza berat pisan kalau harus bersaing secara angka penjualan dengan Xmax.

Belum cukup sampai disitu,, masa inden Forza pun bukan sebentar Om… Bisa 3-4 bulan lamanya. Artinya jika Om Bro memesan unit Forza 250 sejak sekarang,, perkiraan unit Forza baru akan dikirim sekira di bulan November atau Desember nanti. Apakah kira-kira Om Bro akan sabar untuk menunggu selama itu??

Jadi bagaimana Honda menyikapi persaingan Forza 250 vs Xmax 250?? Apa dasar pemikiran AHM sehingga tidak merasa takut terhadap persaingan tersebut…??

Rupanya AHM masih ingin menjadikan Forza 250 sebagai produk flagship Om…

Bener pisan Om… Menurut Ignatius, posisi Forza 250 di Indonesia baru menjadi “pilihan” (alternatif) bagi calon konsumen skutik bongsor 250cc. Karena itulah AHM belum tertarik untuk melokalkan produksi Forza 250 di Indonedia. Tidak seperti Yamaha yang telah memproduksi Xmax 250 secara lokal di pabriknya di Pulogadung, Jakarta Timur.

Begitulah kenapa harga Xmax di Indonesia bisa jauh lebih murah dibanding Forza. Soale Xmax sudah diproduksi di Indonesia…

Jadi untuk saat ini, AHM belum menjadikan Forza 250 sebagai produk volume maker. Honda belum ingin menggenjot penjualan Forza. AHM masih merasa bahwa potensi pasar skutik 250cc di Indonesia belum cukup untuk membuat mereka melokalkan produksi Forza.

Yup… Untuk bisa melokalkan Forza,, pasar skutik 250cc harus mencapai minimal 1.000 unit penjualan setiap bulannya agar dapat menguntungkan perusahaan. Artinya jika pangsa pasar skutik seperempat liter itu masih kurang dari 1.000 unit/bulan, nilai investasi pabrik justru bisa lebih besar dibanding pemasaran secara impor CBU. (Johannes Loman, Vice President Director PT Astra Honda Motor (AHM)).

Honda Forza 250 pertama kali dirilis secara resmi untuk publik Indonesia pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS),, Agustus 2018 lalu. Kemudian banderol resminya diumumkan pada bulan November 2018 dengan nominal Rp76,5 juta on the road (OTR) DKI Jakarta.

Sementara Yamaha memperkenalkan Xmax 250 pada bulan November 2016. Sekira dua tahun lebih awal dibanding Forza.

Yamaha mulai membuka kran inden Xmax 250 pada bulan Mei 2017. Saat itu harganya di set pada nominal Rp55 juta saja untuk area DKI Jakarta dan sekitarnya.

Ketika Honda merilis Forza 250,, saat itu harga Xmax telah mengalami kenaikan menjadi Rp57,8 juta.

Saat ini harga Xmax sudah mengalami kenaikan lagi manjadi Rp59,3 juta. Tapi pun begitu, nominalnya masih tetap berada di angka Rp60 juta. Masih tetap jauh lebih murah dibanding Forza. (Mtb).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: