Aki motor mio m3 125

Harga Aki Motor Mio M3 125 di Bengkel Umum

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro…!! Kemarin tanggal 27 Maret 2020 Mtb nganter tetangga yang motornya mogok. Dari situ Mtb jadi tahu harga aki motor Mio M3 125.

Advertisement

Yup… Tetangga Mtb motornya mogok… Setelah Mtb cek, ternyata tidak ada arus listrik sama sekali pada sistem kelistrikan Yamaha Mio M3 miliknya.

Mtb cek sekring masih bagus, maka Mtb menduga bahwa aki kering yang bersangkutan tekor atau bahkan mati total.

Tidak mengejutkan sih Om… Memang begitulah “watak” dari aki kering. Ketika “nyawanya” sudah harus tamat, dia akan mati sekaligus tanpa peringatan. Tidak seperti aki basah yang akan terlebih dahulu menunjukkan gejala “soak” sebelum akhirnya dia tewas.

Yang merepotkan dari motor jaman now adalah, sistem bahan bakar (sistem injeksi) dan sistem pengapiannya bergantung pada aki. Karenanya ketika aki mati, maka mesin tidak dapat dihidupkan.

Berbeda dibanding motor jaman old saat sistem bahan bakar masih menggunakan karburator dan sistem pengapian masih menggunakan CDI bahkan platina, ketika itu motor masih bisa dihidupkan dengan menggunakan kick starter alias engkol, meskipun aki mati.

Bahkan di jaman old, motor bisa di setting untuk hidup tanpa aki.

Tapi itu jaman dahulu kala…

Yo wis… Masih dengan dugaan takut salah diagnosa, Mtb “step” motor tetangga ke bengkel langganan di Cisaga – Ciamis, yakni ‘Bagja Motor’. Dan benar saja… Sampai bengkel, setelah di cek oleh mekanik bengkel, diagnosa-nya sama, yaitu accu mati.

Advertisement

Posisi alias letak aki Mio M3 ada di bawah bagasi di sisi kanan. Membukanya dari dalam bagasi dengan menggunakan obeng kembang.

Aki motor mio m3 125

Berapa ampere aki untuk Mio M3??

Jika mengikuti data spesifikasi teknis pabrikan, aki Mio M3 adalah GTZ4V atau YTZ4V. Tegangannya 12V-3Ah.

Nah, kebetulan di Bagja Motor kemarin seri tersebut tidak ada, jadi kita pakai YTZ5S yang tegangannya 12V-3.5Ah.

Aki yuasa ytz5s 12v3.5ah

Harga Aki Motor Mio M3 125

Jika dilihat dari detailnya, YTZ5S punya ampere lebih tinggi, yaitu 3.5 Ah, sedangkan seri anjuran pabrikan adalah 3 Ah. Entah apakah ada efek buruknya dalam jangka panjang, tapi kita jajal saja ketimbang harus pindah bengkel demi mencari seri aki yang sama persis dengan anjuran pabrik.

Perkara harga, baik GS-GTZ4V atau Yuasa YTZ4V atau YTZ5S, ketiganya berada dikisaran yang sama, yaitu Rp180 ribuan.

Itu cuma kisaran ya Om… Di bengkel lain di daerah lain harganya bisa berbeda… Namun Mtb tilik dari marketplace online yang ada di Indonesia seperti Tokopedia, rata-rata kisarannya tidak jauh dari Rp180.000. Plus-minusnya hanya sekira Rp10 ribuan ke atas atau ke bawah. (Mtb).

Ciri ciri Aki Soak pada Motor Injeksi

Aki Motor yang Bagus Serta Harga dan Tipenya (Basah dan Kering)

Advertisement

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *