GSX R150 vs R15 v3, Komparasi Tuntas…

Motorisblog.com – GSX R150 vs R15 v3. Om Bro…!! Untuk blog sebesar warungnya Lek Iwanbanaran, Wak Haji TMCblog dan lain-lain, tentu bukan hal asing ketika mendapat pertanyaan dari pembaca perkara komparasi produk roda dua. Bahkan, bukan hanya pembaca… Sesama blogger (termasuk Mtb) pun banyak menjadikan blog-blog besar tersebut sebagai sumber referensi.

Salah satu contoh, baru-baru ini ada pertanyaan yang masuk ke redaksi iwanbanaran.com perkara komparasi GSX R150 vs R15 v3. Pertanyaan datang dari Andri Harlan yang tengah bimbang dalam menentukan pilihan antara Suzuki GSX-R150 atau Yamaha R15.

Nah, jika Om Bro juga kebetulan sedang mencari perbandingan kedua motor tersebut, baiknya simak artikel ini sampai selesai…

Didalam artikel Lek Iwb disebutkan dengan jujur bahwa Bro Andri Harlan sebenarnya fans Yamaha… Tapi dia bimbang, secara, GSX-R150 pun sangat recomended secada value for money. Apalagi beberapa waktu kebelakang, Suzuki baru saja merilis beberapa warna baru untuk GSX R150 tersebut.

Ini Mtb suka nih… Bro Andri orangnya obyektif. Tidak cinta buta. Dia menyadari bahwa tidak ada produk yang sempurna. Selalu ada kekurangan dan kelebihan pada tiap-tiap produk…

Entah GSXR atau R15 pun begitu… pasti ada plus minusnya. Jadi wajarlah jika calon konsumen ingin membandingkannya sebelum memutuskan, produk mana yang akan dia beli.

gsx r150 vs r15 v3
Suzuki GSX-R150 putih biru 2018

Om Bro…!! Sebenarnya ini bahasan basi. Wajar… perjalanan GSXR didunia persilatan motor Indonesia pun sudah lebih dari 1 tahun. So… sudah berjubel artikel yang membahas perbandingan GSX R150 vs R15 v3.

…tapi mungkin belum semua dari Om Bro membacanya, terutama di blog Mtb ini.

daftar harga motor yamaha
Yamaha R15

Dimensi & desain motor

Secara desain bodi, Yamaha R15 v3 lebih cocok untuk biker dengan tinggi badan yang memadai. Yamaha memang mendesain New R15 menjadi lebih besar seperti motor sport 250cc. Sementara Suzuki GSX-R15 desainnya tidak segagah R15, tapi lebih friendly untuk biker dengan tinggi badan sedang.

Kenyamanan jok

Dibagian ini, R15 generasi ketiga menganut aliran jok Yamaha pada umumnya. Konturnya lebih empuk dibanding GSX-R15 yang cenderung keras.

Riding position

Dalam hal ergonomi, Suzuki GSX-R150 lebih bersahabat… tidak terlalu membungkuk. Sementara Yamaha R15, untuk jarak jauh akan terasa lebih cepat pegal karena posisi riding lebih membungkuk.

Sejatinya kedua motor ini sama-sama berdesain racing, tapi pada GSXR, model tangki lebih pendek sehingga jangkauan tangan tidak terlalu panjang yang pada akhirnya, badan jadi tidak terlalu ndlosor.

Power dan vibrasi

Jika bicara power dan torsi, secara data teknis, power R15 VVA lebih unggul dari GSXR. Tapi… klaim power lazimnya didapat dari pengukuran crankcase, bukan on wheel.

Review dari Lek Iwb menyebutkan bahwa pada tes jalanan, engine Yamaha R15 VVA teriakan dan vibrasi (getaran)-nya lebih keras. Terutama getaran dibagian stang dan footstep. Mesin seperti “dipaksa” ketika putaran mesin telah mencapai 9000 rpm. Sementara itu, teriakan mesin Suzuki GSX-R150 tampaknya lebih rilex dan lebih halus, bahkan ketika rotasi mesin sudah melampaui 9000 rpm.

So… wajar kalau Suzuki berani menetapkan limiter hingga 13.000 rpm. Lebih tinggi dari R15 yang hanya sekira 11.500 rpm.

Akselerasi

Sesuai dengan kapasitas silinder, teknologi VVA dan karakter yang telah ditetapkan oleh Yamaha, akselerasi awal R15 v3 lebih padat dan nendang dari nol hingga 8000 rpm. Tapi akselerasi GSX-R150 pun tidak buruk karena tertolong oleh bobot yang lebih ringan.

Suzuki GSX-R150 punya bobot 131kg, sementara Yamaha New R15 bobotnya 137kg. So… meski bore (diameter piston) lebih besar, akselerasi GSXR masih cukup baik.

Handling

R15 punya ukuran ban lebih besar, swing arm banana dan suspensi USD (Upside Down) sehingga lebih stabil pada kecepatan tinggi dan ketika dibawa cornering.

Harga vs kualitas material

Dilihat dari segala kelebihannya, wajar ketika R15 punya banderol lebih tinggi. Namun sayang, R15 v3 justru mengalami penurunan ketebalan pada casingnya dibanding R15 v2. Baik itu dibagian cover kondom, fairing dan konsol cover area speedometer. Ini suatu “penghianatan” atas ciri khas Yamaha yang biasanya selalu menjaga kualitas material.

Apa mungkin ini jadi kompensasi atas banyaknya fitur yang tersemat di R15?

Sementara itu, Suzuki GSX-R150 masih lebih solid dan terjaga, termasuk dalam hal cat dan material plastik yang tebal. Selain itu, part fairing GSXR juga lebih murah… hanya berkisar 60 ribuan disaat brand lain sudah tembus ratusan ribu rupiah.

Kesimpulan GSX R150 vs R15 v3

Hokeh… untuk lebih simple-nya, Om Bro bisa lihat rangkumannya dibawah ini,

Kelebihan Yamaha New R15 v3

. Fitur lengkap (USD, hazzard lamp dan lain-lain (sebanding dengan banderolnya))
. Jok empuk, nyaman
. Handling diatas rata-rata produk lain yang sekelas
. Desain modern look (moge look)
. Akselerasi bawah cepat

Kekurangan R15

. Kualitas material kalah bagus dibanding R15 generasi kedua
. Vibrasi terasa tidak nyaman pada rpm tinggi
. Posisi riding super racy sehingga lekas capek untuk riding jarak jauh

Kelebihan Suzuki GSX-R150

. Material bagus, diatas rata-rata produk kompetitor yang sekelas
. Mesin lebih rileks, minim stress walau ditarik pada rpm tinggi (terbaik dikelas sport 150cc tanpa kata embel-embel teknologi ini-itu)
. Vibrasi mesin halus meski digeber hingga rpm limit
. Harga motor dan sparepart terjangkau (beberapa part)
. Handling lebih ringan
. Meski racy, badan tidak terlalu membungkuk karena posisi stang tidak terlalu jauh dari badan
. Sudah dilengkapi fitur keyless

Kekurangan GSX R150

. Busa jok keras
. Jok boncenger terlalu tinggi, kurang nyaman. (Mtb – GSX R150 vs R15 v3).

Tinggalkan Komentar