Beranda » Komparasi » Generasi Honda BeAT dari Tahun ke Tahun dan Asalnya

Generasi Honda BeAT dari Tahun ke Tahun dan Asalnya

Honda beat karbu 2010

Motorisblog.com – Om Bro! Skutik sejuta umat ini tidak serta merta mendulang sukses tanpa perjuangan panjang. Langkahnya sempat terseok pada awal kisah hidupnya. So, inilah generasi Honda Beat dari tahun ke tahun.

Honda Beat dan Honda Spacy memiliki nasib yang sama sekali berbeda. Jika Honda Beat selalu menjadi motor terlaris setiap bulannya, maka Honda Spacy justru tewas akibat sepi peminat.

Dan sayangnya motor yang Mtb miliki justru Si Panci yang ngga laku itu. Hiks.

Tapi ngga apa-apa. Kalo bahasa fansboy yang fanatik, mereka akan menghibur diri kala motor kesayangannya ngga laku. Katanya, “Motor gue jadi eksklusif karena jarang yang pake”.

Wkwkwkwk! Lah?! Ngga laku ko bangga?

Honda Beat selalu terdistribusi sebanyak ratusan ribu unit perbulannya. Sementara Spacy justru telah berhenti produksi sejak April 2018 lalu.

Namun tahukan Om Bro sekalian bahwa nama Beat dan Spacy sebenarnya sudah ada pada lini produk Honda sejak era 1980’an?

Kisahnya ada pada Honda Collection hall, yakni museum Honda di Jepang yang menyimpan sejarah motor-motor Honda secara global.

Hokeh, kita bahas berurutan dari Beat jadul 80’an, kemudian ke Beat modern zaman now.

Generasi Honda Beat dari Tahun ke Tahun

Sekilas Honda Beat FC50 dan Honda Spacy 50

Kedua motor ini bermesin 50cc dua tak.

Meski sama-sama bermesin 50cc dua tak, ada perbedaan dari keduanya, bahwa mesin Honda Beat sudah berpendingin cairan (Liquid Cooled), sedangkan mesin Honda Spacy masih berpendingin udara.

Hebatnya, Honda mengklaim bahwa mesin Beat FC50 adalah mesin motor berpendingin cairan pertama di dunia.

Mesin Beat FC50 menggunakan radiator lantaran rasio kompresinya lebih tinggi. So, keluaran power maksimumnya juga lebih tinggi ketimbang Spacy 50.

Honda beat FC50 punya power 7.2 ps, sedangkan Honda Spacy 50 hanya 5 ps saja.

Jika menilik desain Beat dan Spacy era 1980’an, tentu sangat jauh berbeda dengan motor-motor skutik zaman now pada umumnya. Wajar saja karena kedua motor tersebut kala itu mereka buat hanya untuk pasar domestik Jepang. Tentu selera orang-orang Jepang zaman itu berbeda dengan selera global, apalagi selera orang-orang Indonesia pada zaman now.

Beda pasar dan beda zaman. Gap’nya pun cukup jauh, yakni 3 dekade.

Honda Beat FC50 lansiran tahun 1983 secara tampilan bagian depannya mirip kepala bebek dengan garis desain kotak-kotak mirip kubus. Sementara radiatornya mendapat tempat pada bagian dek depan yang terlihat seperti paruh bebek.

Maksimum powernya sekira 7.2 ps dengan top speed sekira 60 km/jam.

Mtb tidak mendapat informasi perkara dasar dari penamaan Beat era itu. Mungkin sama, atau mungkin juga beda dengan penamaan Honda Beat pada era modern yang merupakan singkatan dari ‘Be Automatic’.

Spesifikasi Honda Beat FC50
  • Pabrikan: Honda
  • Produksi: 1983
  • Jenis: Scooter
  • Kapasitas mesin: 48cc
  • Tipe mesin: liquid-cooled, two stroke
  • Jumlah silinder: single
  • Power maksimum: 7.2 PS (5.4 kW)
  • Transmisi: CVT belt
  • Berat motor: 60 kg (dry); 65 kg (wet)

Honda Beat Generasi Modern

Sebelum Beat, Honda sudah terlebih dahulu menelurkan Honda Vario 110 Karbu pada tahun 2006. Tujuannya ialah untuk melawan dominasi Yamaha yang saat itu melangkah mulus tanpa tanding sejak tahun 2003.

Namun Vario tidak mampu berbuat banyak lantaran secara spesifikasi teknis lebih tinggi dari Mio Sporty Karbu sehingga banderolnya pun lebih mahal.

Selain itu, Vario juga terlalu gendut untuk ukuran motor pada masa itu. Kalah seksi dari Mio yang ramping lantaran awalnya menyasar kaum hawa.

Selain itu lagi, Mio sudah terlanjut familiar bagi masyarakat Indonesia sehingga Vario tidak cukup mampu meraih minat terlalu banyak dalam pasar Mio. Hingga akhirnya pada tahun 2008, Honda melahirkan Beat yang secara perlahan mulai menggerus pasar Mio.

Hingga saat ini, Beat justru menjadi penguasa pasar motor Indonesia.

Jika menengok lebih jauh ke belakang, sebenarnya Yamaha sudah pernah menjajal minat pasar skutik melalui produk Nouvo. Namun Nouvo kurang sukses saat itu.

Bahkan jika kita melihat lebih jauh lagi ke belakang, model skutik untuk pasar Indonesia sudah lebih dahulu terisi oleh brand-brand China, Taiwan dan Korea selatan. Salah satunya yang paling populer kala itu adalah Kymco.

Namun seperti yang Om Bro lihat hingga sekarang, tidak mudah untuk menggulingkan dominasi otomotif brand Jepang, utamanya dalam belantika roda dua tanah air.

Kembali ke Honda Beat.

Honda Beat Generasi Pertama, tahun 2008
Honda Beat Karbu 2010

Sebelum brojol untuk pasar Indonesia, Beat sudah lebih dulu lahir untuk pasar Thailand dengan nama ‘Icon’.

Honda Beat terlahir membawa mesin SOHC 110cc dengan sistem pengabutan karburator.

Pada generasi pertama ini, spakbor depan Beat mendapat posisi pada bagian bawah, yakni menyatu dengan suspensi teleskopik dan terpisah dari segitiga kemudi. Jadi model spakbornya bergaya motor sport gitu lah ceritanya.

Honda Beat Karbu Generasi-1

Model pijakan kaki boncenger “meniru” Mio tapi lebih datar sehingga lebih nyaman untuk boncenger. Tidak seperti Vario yang menggunakan footstep model gantung biasa, seperti umumnya skutik zaman now.

Honda Beat Karbu 2010

Perkara fitur, Honda Beat mengaplikasikan fitur-fitur yang telah ada sebelumnya pada Vario, antara lain Parking Brakelock System, Side Stand Switch dan Secure Key System.

Spesifikasi Honda Beat Karbu Gen-1
  • Mesin: 108cc, SOHC, Pendingin udara, Karburator
  • Bore × Stroke: 50 × 55 mm
  • Rasio Kompresi: 9.2:1
  • Tenaga Maksimum: 8.22 ps / 8000 rpm
  • Torsi Maksimum: 8.32 Nm / 5500 rpm
  • Kapasitas tangki BBM: 3.5 Liter
Honda Beat Karburator minor change 2010 (masih Gen-1)

Pada update pertamanya, Honda Beat belum mendapat banyak perubahan selain tapak kaki pembonceng yang lebih lebar dan pemindahan posisi spakbor dari garpu ke segitiga kemudi.

So, spakbor depan berganti jadi menganut gaya motor bebek. Selain itu selebihnya masih sama, termasuk mesin dan sistem pengabutan karburator.

Honda Beat Generasi Kedua, tahun 2012
Honda Beat Injeksi

Dari sinilah Honda mulai menerapkan sistem Fuel Injection (PGM-FI) dengan klaim konsumsi BBM 30% lebih irit.

Secara keseluruhan, fitur-fitur yang sudah ada sejak generasi pertama tetap mereka pertahankan.

Dari sini Beat mengalami perubahan signifikan pada desain body’nya. Body Beat berubah menjadi lebih lebar dan model pijakan kaki boncenger tidak lagi menyatu dengan dek depan, melainkan kembali pada model footstep gantung.

Ada perbaikan secara kasat mata, yaitu kini body Beat tidak lagi “kurus” seperti pada model karburator.

Spesifikasi Honda Beat 2012
  • Mesin: 108cc, SOHC, Pendingin udara, Injeksi
  • Bore × Stroke: 50 × 55 mm
  • Rasio mompresi mesin: 9.2:1
  • Tenaga Maksimum: 8.52 ps / 8000 rpm
  • Torsi Maksimum: 8.68 Nm / 6500 rpm
  • Kapasitas tangki BBM: 3.7 Liter
Honda Beat Generasi 3, tahun 2014

Pada generasi ini, Beat telah mendapat teknologi baru Honda yang mereka namakan eSP (enhanced Smart Power), penerapan roller rocker arm dan offset cylinder serta kelengkapan fitur Idling Stop System (ISS), ACG Starter dan Combi Brake System (CBS) yang sebelumnya sudah ada pada Honda Vario 125.

Fitur ACG starter sendiri merupakan turunan dari skutik premium, Honda PCX CBU.

Menyinggung nama teknologi eSP, Honda mengklaim bahwa konsumsi Beat kini lebih irit lagi dengan raihan power maksimum yang justru lebih tinggi.

Teknis kerja teknologi eSP adalah dengan cara mengurangi tingkat gesekan antar komponen dalam mesin sehingga kinerja mesin jadi lebih ringan. Dengan begitu, maka tenaga tersalurkan secara maksimal pada roda belakang.

Pada generasi ini Honda memberikan pilihan varian baru yang merka sebut Beat POP.

Honda Beat POP menyasar segmen kaum hawa. Karenanya ketinggian jok dan ground clearance Beat POP lebih rendah dari versi Beat eSP Sporty.

Desain body Beat Pop juga sedikit berbeda, yakni agak membulat.

Honda Beat Facelift 2016 (Gen-4)

Pada generasi ini Honda berani menyebut Beat dengan sebutan All New. Alasannya karena meskipun basis mesin tetap sama, tapi Honda telah melakukan rombakan lumayan besar pada beberapa sektor, antara lain penambahan kapasitas bagasi menjadi lebih besar (11 liter), kapasitas tangki BBM menjadi 4 liter serta berpindahnya posisi aki menjadi ke bagian dek pijak.

Selain itu tampilan speedometer pun berubah menjadi kombinasi Analog dan Digital.

Panelmeter Honda Beat 2016

Terdapat pula ECO Indicator yang akan memandu Om Bro sekalian untuk berkendara pada tingkat konsumsi bahan bakar yang paling efisien. Juga perubahan model Cast Wheel’nya yang jadi lebih sporty.

Pada generasi ini pula Honda menambahkan satu lagi varian Beat yang (ceritanya) special menarget bagi kaum Adam yang ingin tampil beda. Ialah Beat Street yang mengusung beberapa perubahan, utamanya pada tampilan stang yang terbuka (tanpa cover).

Honda BeAT Street
Spesifikasi Honda Beat 2016
  • Kapasitas Mesin: 108.2 cc
  • Tipe mesin: SOHC, Pendingin udara
  • Sistem bahan bakar: Injeksi
  • Bore × Stroke: 50.0 × 55.1 mm
  • Rasio Kompresi: 9.5:1
  • Tenaga maksimum: 8.68 ps / 7500 rpm
  • Torsi maksimun: 9.01 Nm / 6500 rpm
  • Kapasitas tangki BBM: 4 Liter
All New Honda Beat 2020 (Gen-5)

Pada tanggal 16 Januari 2020, Honda Beat mendapat ubahan baru yang amat signifikan. Bukan hanya ubahan pada tampilan saja, tapi juga ganti mesin, ganti rangka dan ganti lampu depan menjadi LED.

Demikian Om. Semoga bermanfaat. Jika ada yang salah, silahkan koreksi melalui kolom komentar. (Mtb).

2 tanggapan pada “Generasi Honda BeAT dari Tahun ke Tahun dan Asalnya”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *