logo ojek online gaspol

Gaspol, Ojek Online Baru dengan Gaya Superhero

Motorisblog.com – Om Bro…!! Muncul satu lagi perusahaan ojek online baru di Indonesia. Kali ini tampilannya unik Om… Baik secara logo atau pun dari tampilan atributnya… Terkesan Indonesia banget dan seperti superhero khas Indonesia, Gundala.

Yup… Gaspol ojek online… Dialah salah satu armada ojek online terbaru yang mencoba peruntungannya di dunia persilatan ojol, menantang dua raksasa perusahaan transportasi online, Gojek dan Grab.

Menariknya, meski baru seumur jagung, ternyata sudah ada 10.000 orang yang daftar ojek Gaspol… Demikian menurut data download yang Mtb ciduk dari Google Playstore.

Visi dan Misi Gaspol

PT Gaspol Angkasa Surya berangkat dari keprihatinan akan keluhan dari para driver ojol di platform lain. Yaitu keluhan akan target harian untuk mendapat insentif / bonus yang dirasa cukup berat.

Intinya, para driver harus siap memeras tenaga dan keringat dengan jam kerja yang panjang demi mencapai target harian. Karena jika tidak, mereka berpotensi gagal meraih bonus / insentif yang telah dijanjikan pihak aplikator.

Nah, Gaspol tidak seperti itu Om… Gaspol mengklaim bahwa pihaknya menjadi aplikator yang benar-benar memperhatikan mitra driver. Di antaranya ialah dengan memberi benefit yang lain dari pada aplikasi kompetitor… Misalnya dengan target bonus yang ditetapkan bukan secara harian, melainkan secara mingguan, bulanan dan tabungan. (Lisa Subandi, CEO PT Gaspol Angkasa Surya – DetikOto, 9/9/2019).

Benefit Gaspol

Dalam hal bagi hasil, skemanya sama dengan aplikator lain pada umumnya, yaitu 80% untuk driver dan 20% untuk aplikator. Tapi ada yang berbeda dari skema bagi hasil Gaspol, dimana 2% dari 20% tersebut bakal dikembalikan ke mitra driver sebagai tabungan.

Tak hanya itu, Gaspol juga memberikan benefit lain yang amat menarik, yaitu layanan servis ringan gratis dan ganti oli gratis. Layanan tersebut disediakan oleh Gaspol atas kerja sama dengan beberapa bengkel rekanan. (Abi Raja, Divisi Humas PT Gaspol Angkasa Surya – DetikOto, 9/9/2019).

Jumlah Driver dan Layanan Gaspol

Gaspol berbasis di Depok, Jawa Barat dan merupakan start-up kesekian yang mencoba menantang kedigdayaan dua raksasa di dunia persilatan transportasi online, yakni Grab dan Gojek.

Gaspol berdiri sejak 8 bulan lalu dan mulai merekrut driver sejak dua bulan lalu.

Target awal perekrutan driver Gaspol adalah sebanyak 7.000 driver. Namun hingga kini, Mtb menciduk bahwa aplikasi Gaspol Driver justru telah mencapai 10.000 unduhan di Google Playstore.

Gaspol menyediakan berbagai layanan di Jabodetabek, Bali, Pontianak dan lampung… Yaitu layanan Gas Ride, Gas Now, Gas Food, Gas Send dan Gas Pick Up.

Logo dan Atribut Gaspol

Gaspol menggunakan atribut khas yang lain dari pada armada ojol lainnya… Helmnya diberi atribut sayap seperti superhero asli Indonesia, Gundala… Dan logo-nya pun bernafaskan Lambang Negara Indonesia, yakni burung garuda.

atribut helm jaket ojek online gaspol

Penggunaan atribut helm yang demikian membuat beberapa kalangan ada yang menganggap Gaspol “meniru” Gundala agar platform tersebut viral dan cepat terkenal. Namun pihak Gaspol menepisnya… Mereka mengklaim bahwa penggunaan atribut helm bersayap tersebut telah melalui persiapan sejak lama… Yaitu sejak 8 bulan yang lalu. (Lisa Subandi, CEO PT Gaspol Angkasa Surya – DetikOto, 9/9/2019).

Inspirasi warna merah dan logo sayap burung garuda serta nuansa superhero itu sendiri muncul dengan harapan bahwa para mitra driver Gaspol bisa menjadi superhero bagi komsumen. Jadi bukan hanya sekedar menjadi tukang ojek saja, namun sekaigus menjadi pelindung bagi para penumpang Gaspol.

logo ojek online gaspol

Inspirasi Nama Gaspol

Kemudian perkara nama, layanan ride-hailing ini pun tidak sembarangan memilih nama ‘Gaspol‘. Karena ternyata, Gaspol adalah kependekan dari ‘Gerakan Anti Susah Pengemudi Online‘. Yang artinya, nama ‘Gaspol‘ bukanlah hanya sebuah nama, tapi lebih menjadi motto dan misi perusahaan tersebut dengan tujuan supaya keluhan para driver di platform lain jangan sampai terjadi di platform ini…

Misi tersebut direalisasikan oleh Gaspol melalui banyak program… Misale saja yang sudah Mtb sebutkan di atas, yaitu dengan cara penetapan target yang lebih ringan dan penyediaan layanan servis dan ganti oli gratis.

Pembinaan Driver Gaspol

Gaspol punya cara tersendiri dalam membina dan memantau para mitra drivernya. Cara yang selama ini belum pernah ada pada brand lain…

Betul Om… Gaspol memantau para drivernya melalui sistem kapten, yang mana tiap-tiap kapten membawahi / membina sebanyak 70 hingga 100 driver.

Saat ini di Jabodetabek sudah ada 76 kapten, sedangkan total secara nasional sudah ada sebanyak 150 kapten.

Standarisasi dan Modifikasi Helm Gaspol

Seperti yang sudah Mtb singgung di atas, Gaspol menggunakan helm yang telah di modifikasi dengan penambahan icon sayap di sisi kiri-kanan helm.

Iya Om… Helm Gaspol memang hasil modifikasi secara mandiri oleh pihak Gaspol. Namun demikian, asal helmnya bukanlah helm serampangan, tapi helm yang telah berstandar nasional Indonesia (SNI).

Jadi, asalnya memang helm standar, lalu kemudian dimodifikasi dengan aksesoris berbentuk sayap yang terbuat dari bahan sejenis karet.

Shelter Gaspol

Masih ada satu lagi fasilitas bagi driver Gaspol, yaitu adanya shelter di lokasi-lokasi perkantoran, pusat perbelanjaan dan pusat-pusat keramain. Dengan begitu, diharapkan nantinya tidak ada driver Gaspol yang membuat jalanan macet gegara menaik-turunkan penumpang di sembarang tempat. (Mtb).

1 komentar untuk “Gaspol, Ojek Online Baru dengan Gaya Superhero”

  1. Assalamu’alaikum wr wb, kak nmr Telkomsel saya kok blm dpt SMS mengenai paketan internet yg 75000 dari grab, padahal nmr sudah sesuai app.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *