Fungsi Grill Mobil: Bukan Sekedar Make Up

Motorisblog.com – Om Bro…!! Dilihat dari posisi dan wujudnya, Mtb yakin sebagian besar dari kita sudah pada tahu perkara fungsi grill mobil. Bahwa keberadaannya bukan hanya sekedar make up saja, tapi memiliki kegunaan yang lebih dari sekedar penampilan.

Nah, sebelum Mtb bahas lebih jauh tentang fungsi grill mobil, Mtb akan klarifikasi dulu bahwa ejaan “grill” itu sendiri sebenarnya keliru. Mestinya “grille” (kisi-kisi). Kalau “grill” kan artinya “alat pemanggang”. Tapi ngga apa ya Om… Yang penting kita sama-sama tahu maksudnya. Mtb ikuti saja cara penulisan kebanyakan yang lebih familiar.

Hokeh… Balik lagi ke topik…

Lantaran posisinya ada di area depan, banyak pabrikan yang sekaligus menjadikan grille sebagai bagian dari make up mobil. Dijadikan sebagai salah satu faktor penunjang estetika… Termasuk untuk menempatkan logo juga… Malahan kadang ada produsen yang mempertahankan bentuk grille-nya sebagai salah satu ikon atau semacam ciri khas. Misale saja Nissan, yang selama ini tidak pernah keluar jauh dari garis desain grille-nya.

all new nissan livina 2019

Namun diluar semua itu, fungsi utama grille ialah sebagai saluran angin yang diarahkan untuk mendinginkan kisi-kisi radiator. Dengan demikian, sistem pendinginan akan berjalan maksimal, sehingga suhu mesin tetap ideal dan performa mesin tetap optimal.

Nah, mengingat fungsi grille yang sedemikian pentingnya, maka sangat tidak disarankan untuk Om Bro sekalian menutup bagian tersebut. Misale saja menutupnya dengan spanduk, ketika Om Bro mengikuti suatu karnaval, konvoi, dan sebagainya.

Kenapa??

Karena jika grille tertutup, maka arus angin akan terhalang. Sistem pendinginan bisa terganggu. Temperatur mesin berpotensi meningkat sehingga timbol overheat dan akhirnya mesin mogok.

Tapi pun begitu, beberapa produsen ada juga yang malah menggunakan sedikit lubang grille pada desain mobilnya. Biasanya desain seperti itu dimaksudkan untuk meningkatkan aerodinamika si mobil. Teknisnya ialah dengan mengalirkan arah angin ke atas kap atau ke sisi samping bodi mobil, supaya laju mobil tidak tertahan angin.

bmw 5 series active air stream kidney grille

Lebih dari itu ada juga produsen yang menerapkan teknologi buka-tutup grille secara elektrik sesuai dengan kebutuhan mesin. Misale saja BMW dengan teknologi Active Air Stream Kidney Grille yang dimilikinya. (Mtb).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: