Formulir Pengaduan Opik untuk Order Fiktif Grabfood

Motorisblog.com – Om Bro…!! Ada kalanya kita butuh formulir pengaduan opik ketika ada dugaan pelanggaran kode etik Grab yang meresahkan. Lah iya… Mtb dan kawan-kawan sudah seringkali mendapat order yang kemudian di cancel tanpa alasan yang jelas… Dan Om Bro sekalian driver pasti tahu bagaimana kesalnya saat kita mengalami hal seperti itu.

Setelah kampanye Grab lawanopik yang di suarakan oleh Grab sejak lama, selanjutnya Grab memberi berbagai akses bagi kita sekalian dalam mengadukan pelaku opik. Termasuk pula cara melaporkan driver Grab pelaku opik yang baru-baru ini di kampanyekan oleh Grab dengan potensi imbal balik sebesar $1000.

Sebentar,… Mtb interlude dulu… Mungkin Om Bro sekalian pembaca yang masih baru akan bertanya-tanya, “apa itu opik?”

Singkatnya, “opik” adalah kependekan dari “Order Fiktif” yang telah melalui sedikit “pleseten” supaya terdengar lebih simple. Plesetan tersebut ialah terdapat pada penggantian huruf ‘F’ menjadi ‘P’.

Ada beberapa jenis opik, diantaranya penumpang fiktif Grab, dan yang sekarang ini paling meresahkan adalah order fiktif Grabfood.

Kenapa Mtb katakan “meresahkan”?

Karena bagi driver yang anti order fiktif, kasus opik GrabFood sangat merugikan banyak pihak. Bisa jadi driver lain yang jujur pun akhirnya di pantau oleh sistem Grab jika di suatu wilayah sering terjadi opik. Tidak hanya itu… opik Grabfood juga merugikan pihak restoran lantaran restoran yang jadi sasaran opik akan harus membayar pajak dari order fiktif yang terjadi.

Naahh… kasian kan?? Apalagi jika restoran yang menjadi korban hanya outlet-outlet kuliner kecil yang tidak memiliki banyak modal. Bisa ambruk usahanya gegara jadi korban opik.

Nah, untuk Om Bro sekalian yang memiliki nurani dan merasa kasihan pada para korban, maka selaiknya kita bantu dalam meminimalisir segala praktek kecurangan tersebut.

Selanjutnya, menurut update di situs Grab Indonesia pertanggal 1 November 2018, Grab telah memberikan link pengaduan order fiktif Grabfood dalam 3 kategori berikut ini,

1. Link laporan order fiktif GrabFood: bit.ly/laporopikgf
2. Link laporan kendala restoran: bit.ly/laporresto
3. Link laporan pembayaran non-tunai belum masuk: bit.ly/nontunaipending

Silahkan Om Bro akses link-link tersebut sesuai dengan kebutuhan laporan Om Bro sekalian.

Note:
. Agar laporan Om Bro ditindak lanjuti oleh Grab, isilah formulir secara lengkap, di antaranya Nama Provinsi, Nama Kota, Nama Driver, Nama Resto, Kode Booking, dll…lapor opik grabfood

. Pastikan Om Bro telah memilih link yang tepat sesuai dengan jenis masalahnya,

. Pada formulir laporan, Om Bro akan dimintai foto bukti, jadi Om Bro mesti siapkan screen shot atau foto bukti lain yang di perlukan (lihat link formulirnya untuk lebih jelasnya),lapor opik grabfood

. Pada laporan non-tunai yang belum masuk, nominal yang dapat dilaporkan adalah mimimal Rp200.000,lapor opik grabfood

. Pada laporan Kendala Restoran, pilih kategori masalahnya, ada pilihan;

.. ‘Resto sudah tutup permanen namun masih ada di aplikasi’

.. ‘Harga makanan/minuman tidak sesuai dengan aplikasi’

.. ‘Titik Resto tidak sesuai dengan aplikasi’

.. ‘Resto pindah lokasi’

.. ‘Menu makanan/minuman tidak ada di resto’

.. Others (untuk alasan yang lain)lapor opik grabfood

. Untuk laporan opik resto, pilih salah satu pilihan,

.. ‘Masih ada di lokasi namun sering jadi sasaran order fiktif’

.. ‘Sudah tidak ada di lokasi, namun masih ada di aplikasi’lapor opik grabfood

Hokeh… begitu kira-kira tentang formulir pengaduan opik untuk Grabfood yang bisa Mtb share pada Om Bro sekalian. Semoga bermanfaat…, salam gacoorrr…!! (Mtb).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: