new viar q1 2019

Fitur dan Harga Viar Q1 2019: Jarak Tempuh Jadi Lebih Jauh

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro…!! Harga Viar Q1 2019 baru saja dirilis resmi di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show ( GIIAS) 2019 di ICE BSD, Tangerang Selatan. Motor listrik itu mengusung beberapa pembaruan, baik di bagian eksterior atau pun di sektor teknis.

Advertisement

Secara keseluruhan, desain skuter tenaga setrum ini masih menganut garis desain yang sama seperti model lama. Namun ada sentuhan baru pada bagian spakbor depan yang semakin memperkuat aura retro-nya, yaitu spakbor yang lebih gemuk dan lebar.

Melihat ubahan tersebut, sepertinya Viar sengaja membidik kaum milenial ya Om… Pasalnya, saat ini model-model ala retro tengah banyak digandrungi kaum muda.

new viar q1 2019

Secara lebih spesifik, target pasar All New Viar Q1 ialah para pengguna motor yang punya mobilitas tinggi dengan perjalanan jarak pendek hingga jarak sedang. (Yucuanto Susetyo, Marketing Director Kencana Laju Mandiri (KLM) – Kompas, 20/7/2019).

Ubahan lain yang juga di usung Viar Q1 terjadi di sektor mekanis, dimana sekarang baterai lithium ion-nya menjadi dua buah dengan kapasitas masing-masing 60V-23Ah.

Jika menilik dari daya tempuh versi lama yang hanya mencapai angka 60 km dengan satu baterai, maka versi baru dapat diklaim mampu mencapai 120 km dengan dua baterai penuh.

Penambahan jumlah baterai itu sendiri dikatakan sebagai buah dari masukan konsumen yang membutuhkan motor listrik dengan daya tempuh lebih jauh. Alasannya, jarak tempuh maksimal sejauh 60 km saja belum cukup untuk jalanan Jakarta (yang padat dan macet). (Franky Osmond, Marketing Communication PT Triangle Motorindo (Agen Pemegang Merk Viar di Indonesia) – Viva, 20/7/2019).

Advertisement

Iya Om… Dengan jarak tempuh maksimal 60 km, tentu hasil dilapangan tidak akan mencapai jarak itu dalam kemacetan lalu lintas. Maka ditambahlah baterainya menjadi dua buah supaya jarak tempuhnya bisa lebih jauh.

Skuter listrik rakitan Semarang, Jawa Tengah ini menggunakan motor penggerak brushless-hub (BLDC) buatan ‘Bosch’. Keluaran powernya mencapai 800 Watt dan dapat melaju hingga kecepatan 60 km/jam.

Fitur Viar Q1 2019

Meski bertubuh mungil, Viar Q1 telah dibekali dengan berbagai fitur lengkap, diantaranya:

. Alarm keamanan, roda belakang akan terkunci saat sirine (alarm) berbunyi

. Smart key on (keyless), kemudahan menyalakan motor dengan tombol pada remote control, tanpa anak kunci mekanis

. Emergency thottle posistion, yaitu fitur darurat yang dapat digunakan jika tuas gas tidak bekerja sebagaimana mestinya. Caranya ialah dengan menekan tombol bertanda kunci pas secara terus-menerus sebagai pengganti tuas gas

. Tombol pengaman ‘P’ (parking)… Motor tidak akan dapat dijalankan sebelum Om Bro menekan tombol ‘P’ selama lima detik. Fungsinya ialah untuk menjaga keselamatan, utamanya bagi orang yang baru mencoba motor listrik

. Panel instrumen negatif full digital, mudah dibaca di segala waktu (siang atau malam)

. Dua pilihan mode berkendara (standar dan sport)

Harga Viar Q1 2019

New Viar Q1 hanya tersedia dalam satu warna (creamy white) dan dijual dengan harga Rp18,9 juta (on the road DKI Jakarta).

Dalam hal legalitas, Viar Q1 telah dilengkapi dengan STNK sehingga laik dikendarai di jalan raya. (Mtb).

Advertisement

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *