External Airbag System, Kantong Udara di Luar Mobil, Apa Gunanya??

Motorisblog.com – Om Bro…!! Teknologi keamanan mobil, khususnya untuk urusan kantong udara telah meningkat satu level besar. Kini External Airbag System alias kantong udara diluar mobil telah mulai diperkenalkan.

Yup… Baru-baru ini Autoblog.com memberitakan bahwa ada salah satu perusahaan pemasok part otomotif asal Jerman yang telah memperkenalkan teknologi pelindung benturan ini. Dia adalah Zahnradfabrik Friedrichshafen (ZF).

Menurut berita tersebut, kantung udara di sisi samping luar mobil dinilai dapat meminimalisir efek benturan samping hingga 40%. Dengan begitu diharapkan penumpang dalam mobil akan terlindungi dari dampak tabrakan samping yang fatal.

external airbag system

Iya Om… Menurut sumber yang Mtb ciduk, kabarnya tabrakan samping di Jerman menjadi sebuah kecelakaan lalu lintas yang paling banyak menelan korban jiwa. Jumlahnya bahkan dikatakan lebih dari 700 korban meninggal setiap tahunnya.

Innalillahi… Ngeri ya Om?? Iya wajar pisan lah jika karena itu kemudian sekarang keberadaan External Airbag System mulai dipertimbangkan dengan serius.

Sistem kantung udara luar itu sendiri disebutkan berkerja menggunakan kamera, radar, dan sensor yang terhubung ke software di dalam mobil. Prinsip kerjanya ialah menggunakan algoritma canggih. Algoritma itulah yang akan mengidentifikasi apakah kecelakaan dapat dihindarkan atau tidak. Dan jika sistem menilai bahwa tabrakan tak dapat di elakkan, maka sistem tersebut akan mengembangkan airbag luar dalam waktu 150 milidetik. Yaitu setara dengan satu kali kedipan mata.

Wah… Mantep ya Om?? Cepet pisan itu…

Menurut informasi dari Freep.com, ZF telah sejak beberapa tahun lalu mulai mengembangkan airbag eksternal. Dan prototipe awalnya telah diperkenalkan sejak November 2018 lalu. Harapannya airbag eksternal ZF bisa diproduksi massal dalam beberapa tahun ke depan. Namun hingga kini belum ada keterangan apakah telah ada pabrikan mobil yang berminat terhadap produk ZF itu atau belum. (Mtb).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: