oli enduro matic
Beranda » Review » Enduro Matic vs MPX2 vs Federal Matic: Review Performa

Enduro Matic vs MPX2 vs Federal Matic: Review Performa

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro…!! Sudah lama Mtb ingin mereview oli Enduro Matic vs MPX2 vs Federal Matic. Tapi baru kali ini niat Mtb kesampaian. Sebelumnya ada saja hal yang Mtb lupa, termasuk lupa ambil foto setelah botolnya dibuang.

Advertisement

Emang penting ya foto…??

Bagi Mtb penting Om… Lebih puas rasanya jika bikin foto sendiri, asli dari botol oli yang digunakan.

Om Bro…!! Dari ketiga oli tersebut di atas, Mtb menciduk adanya perbedaan karakter yang lumayan ketara. Utamanya dalam hal getaran mesin, akselerasi awal, dan putaran atas.

Sebenarnya ketiga oli itu punya spek yang sama… Namun begitu, formula tiap-tiap pabrikan pastinya berbeda sehingga menghasilkan produk yang beda pula karakternya.

Ketiganya Mtb jajal pada Honda Spacy FI 2013 dengan status mesin telah oversize 25 tanpa kalibrasi rasio kompresi. Jadi ini motor pada dasarnya sudah lemot pisan… Ditambah lagi motor lemot kesayangan Mtb ini sudah lama rusak speedometernya. Jadi disini Mtb tidak akan menyentuh bahasan top speed karena tidak ada alat penunjuk kecepatan pada saat pengujian.

Masing-masing oli Mtb jajal selama sebulan, dengan perkiraan pemakaian sejauh 1000 km. Iya Om… Karena speedometernya mati, maka odometernya pun ikut mati sehingga Mtb tidak bisa mencatat jarak pemakaiannya secara akurat. Hanya perkiraan saja 1000 km.

Yo wiss… kita cekidot lah ya…

Review Enduro Matic vs MPX2 vs Federal Matic

Pertama, kita masuk dari spesifikasi dan harga olinya dulu, lantas nanti Mtb ceritakan feel Mtb selama menggunakan ketiganya.

Pertamina Enduro Matic

Spesifikasi Oli Enduro Matic

  • SAE 10W-30
  • API SL
  • JASO MB
  • Semi sintetis
  • Harga Enduro Matic Rp36.000

ahm oil mpx2 jaso mb

Spesifikasi AHM MPX 2

  • SAE 10W-30
  • API SL
  • JASO MB
  • Mineral…??
  • Harga Rp39.500

federal matic

Spesifikasi Oli Federal Matic
. SAE 10W-30
. API SL
. JASO MB
. Semi sintetis
. Harga Federal Matic Rp35.000

Dilihat dari spesifikasi di atas, ketiga oli ini hampir sama pisan. Viskositas (kekentalan / SAE) sama, tingkat mutu (API) sama, sertifikat JASO pun sama. Hanya satu yang berbeda, bahwa AHM MPX2 tidak ada keterangan “Synthetic”. Yang artinya, kemungkinan MPX2 adalah oli mineral.

Masuk akal sih… Mungkin AHM sengaja menempatkan SPX2 untuk tetap berada di atas dengan mempertahankan MPX2 menjadi oli mineral. Jadi semacam supaya ada opsi (pilihan) bagi para konsumennya.

Iya Om… Kalau SPX2 itu ada keterangan “Synthetic”.

Kemudian perkara harga, meski masih berjenis mineral, AHM MPX2 justru malah menjadi yang paling mahal. Itu menurut list harga yang Mtb ciduk dari Cahaya Motor, Banjar Atas, Parungsari, Kota Banjar.

Advertisement

Lantas, apakah berarti MPX2 secara mutu paling bagus dibanding Enduro dan Federal…?? Belum tentu Om… Namun jika Mtb fikir secara nalar, selisih harga tersebut timbulnya begini,

  • Federal Matic menjadi oli basic tanpa memberi tambahan yang “aneh-aneh”, maka harganya paling murah
  • Enduro Matic lebih mahal Rp1000 dari Federal Matic, kemungkinan itu cost “parfum” yang dikandungnya
  • MPX2 menjadi mahal berkat label “AHM” yang disandangnya

Begitu perkiraan nalar Mtb…

Terus, bagaimana feel dari ketiga oli tersebut pada Honda Spacy milik Mtb…??

Kelebihan dan Kekurangan Enduro Matic

Enaknya Enduro Matic ada aroma wangi. Entah apa fungsinya, tapi Mtb kira setidaknya bisa jadi ciri khas untuk sedikit meminimalisir potensi pemalsuan.

Menurut Mtb, Enduro Matic tidak seperti klaimnya yang katanya membuat mesin jadi responsif. Akselerasinya biasa saja, putaran atasnya juga biasa saja. Getaran mesin lumayan lembut ketimbang memakai Federal Matic, utamanya pada akselerasi putaran bawah.

Review Oli Pertamina Enduro Matic G dalam Penggunaan Harian

Kelebihan dan kekurangan oli AHM MPX 2

Dari ketiga oli, MPX2 yang Mtb rasa paling enak pada putaran atas. Tarikannya ringan dan getaran mesin paling lembut dibanding Enduro dan Federal. Tapi sayangnya MPX2 tidak memberikan efek signifikan pada putaran bawah.

Kelebihan dan kekurangan Federal Matic

Federal Matic ini yang paling responsif pada putaran awal. Tarikannya paling menggigit… Berasa pisan ngangkatnya. Tapi sayang, getaran mesin jadi berasa kencang… Selain itu juga putaran atasnya berasa berat. Seolah Federal Matic hanya fokus di tarikan awal saja.

Tips Sederhana Cara Memilih Oli Motor Matic yang Bagus

Kesimpulan:

Dari ketiga oli di atas, AHM MPX2 yang Mtb rasa paling beda feel-nya. Entah karena pabrikan yang telah melakukan riset secara benar-benar di cocokkan dengan karakter mesin Honda, atau semata-mata karena bahan dasarnya yang mineral…?? Entahlah… Monggo Om Bro sharing pendapatnya di kolom komentar… (Mtb).

Advertisement

22 tanggapan pada “Enduro Matic vs MPX2 vs Federal Matic: Review Performa”

  1. MPX2 masa pakai sangat singkat. Sekitar kilometer 1700an setelah tuang mesin sudah kasar dan berat. Enduro matic cukup bagus menurut ane. Masa pakai bisa sampai 4000km tergantung kondisi jalan dll. Masih cukup nyaman.
    Federal matic… Blm pernah coba…

    Jadi menurut pengalaman ane dapat disimpulkan:
    MPX2 oli untuk orang berduit dan tidak tahu kualitas, yg penting motor dituang oli. Harga paling mahal kualitas paling belakang.
    Enduro matic yg termasuk oli synthetic group iii cukup bagus untuk motor yg dipakai menempuh jarak jauh karena awet, masa pakai cukup panjang.
    Federal…??

    #Diuji pada motor vario 150 untuk ojek online.

  2. Ahm mpx2 di pake 1200 bunyi mesin serta tarikan nya sdh amburadul,, kapok make mpx2 ,, skrg lg nyobain federal matic nih,blm tahu kualitas nya lg

  3. Shell AX7 Matic yg 10w-30 sudah pernah pakai ??
    Bagaimana hasilnya ???
    Pengen coba, tapi kok susah carinya, kebanyakan yg 10w-40…

    1. Angka depannya berapa Om?? 10W atau 20W?? Juga tergantung usia motornya. Kalo motor yang usianya udah 5 tahun ke atas, justru malah enak pake oli yang rada lebih kental. Feeling saya sih.

      Awet apanya nih?? Olinya atau mesinnya??

      Kalo awet olinya sih untuk kelas oli standar, keawetannya relatif sama. Rata-rata maksimal 3500 – 5000 km. Untuk lebih amannya sih antara 2000 – 4000 km ganti.

      Kalo soal keawetan mesin, saya ngga bisa kasih spekulasi. Soale pembuktiannya butuh waktu bertahun-tahun. Sedangkan saya sering gonta-ganti oli lantaran ingin tahu perbedaannya. Jadi ngga bisa membuat pembuktian keawetan mesin secara otodidak.

  4. Rencana Minggu ini mau ganti oli..cocoknya yg apa ya gan..buat Vario 125..CBS…pingin ganti Castrol tapi SAE nya 10w.40…terlalu kental ..

    1. Saya pernah jajal Yamalube Supermatic, SAE-nya 10W-40 juga, dan enak tarikannya.

      Saya kira sih 10W-40 ngga terlalu kental. Dia cuma lebih kental di angka belakangnya saja (40), sedangkan pada kondisi dingin, 10W berarti sesuai dengan anjuran pabrikan (Honda).

      Jajal aja Om, barang sekali. Nanti tinggal ditimbang-timbang, apakah pada penggantian berikutnya mau dilanjut atau tidak.

      Yang penting pake-nya oli JASO MB.

  5. Shell AX7 matic SAE 10w-30w saat ini di beat fi 2014 menunjukkan perform yg paling baik, mulai awal hingga km 4600, masih tak pake ke luar kota Madiun, Gresik, SBY dan balik ke Madiun kualitas dan perform motor ndk berubah..baru ganti oli saat sdh km 5700, akhirnya ganti ke Enduro matic G, Krn stok oli Shell AX7 Matic di Madiun toko langganan kosong…
    Oli baik ya Shell utk beat fi, Enduro G Stlah gantinoli malah top speed hanya 95, seblumnya pake Shell saat km sudah 5000 up, bisa 110km/jam..
    Smoga membantu sharing, dan Shell bsa ada/mudah di cari di Madiun kota

  6. Sy udah 2 tahun pake enduro matic sae 10.30,
    Sy slalu pake enduro matik sebab tingkat penguapanya sedikit, tarikan awal lumayan jos, putaran atas juga lumayan joss.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *