Efek Buruk Kampas Rem Mobil KW bagi Keamanan dan Kenyamanan

Motorisblog.com – Om Bro…!! Sama seperti sepeda motor, kampas rem mobil KW juga memiliki efek negatif dalam jangka panjang. Salah tiganya adalah kampas lebih cepat aus, cakram beresiko rusak, bahkan kenyamanan berkendara pun bisa jadi terganggu.

Yup… Efek kampas rem KW yang pertama dan yang paling sering terjadi adalah interval penggantian yang lebih cepat dibanding menggunakan kampas rem original. Hal itu disebabkan karena, biasanya, kampas rem KW tidaklah se-awet kampas rem original. Sudah begitu, jangka waktu penggantiannya pun tidak bisa diperkirakan secara akurat selayaknya menggunakan kampas rem original yang bisa di set sesuai dengan jadwal perawatan berkala.

Dan yang lebih mengkhawatirkan lagi, kadang ada kampas rem KW yang justru lebih keras dan lebih awet dibanding kampas ori… Khawatirnya adalah, karena kampas rem yang terlalu awet (terlalu keras), justru tidak baik bagi komponen lain… Kampas rem yang terlalu keras, otomatis ia akan merusak komponen lain, utamanya cakram rem. (Didi Ahadi, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) – Kompas, 15/10/2019).

Nah, kalau sudah seperti itu kan repot Om… Beli kampasnya sih iya murah… Tapi nantinya Om Bro justru harus menanggung resiko keluar biaya yang lebih besar untuk perbaikan kerusakan gegara menggunakan kampas KW.

Selain dua hal diatas, salah satu lagi kekurangan kampas rem KW ialah terganggunya performa dan kenyamanan berkendara.

Maksudnya begini Om… Karena interval penggantian kampas rem KW yang sulit diperkirakan, maka ada potensi kampas rem habis / aus tanpa diketahui. Kemudian jika tidak diketahui dan tidak segera diganti, maka efek buruknya dapat menjalar pada performa dan kenyamanan berkendara.

Iya Om… Kampas rem yang telah aus dan tidak segera diganti, dalam jangka panjang dapat menimbulkan getaran pada kemudi dan menimbulkan gejala tersendat pada saat pengereman… Yang akhirnya, berkendara jadi tidak stabil dan tidak nyaman,, yang akhirnya lagi, dapat membahayakan keamanan dalam berkendara. (Arifani Perbowo, Logistic and Production General Manager PT Kia Mobil Indonesia – Kompas, 15/10/2019).

Om Bro… Dijaman now ini, peredaran komponen replika alias komponen KW memang sangat banyak di pasaran, dengan harga yang cenderung lebih murah dibanding komponen ori.

Nah, karena harganya yang lebih murah itulah, maka banyak orang yang tertarik untuk menggunakan komponen KW ketimbang spare part original pabrikan. Padahal, penggunaan onderdil yang tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan, dapat menyebabkan kerusakan pada kendaraan… Hal itu dapat terjadi lantaran komponen KW sulit diukur tingkat keausan dan perkiraan interval penggantiannya…

Khususnya untuk kampas rem… Perangkat rem merupakan salah satu bagian penting bagi kendaraan. Maka seyogyanyalah kita menjaga performa rem, demi keamanan dan kenyamanan berkendara. (Mtb).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: