Data Penjualan Toyota Sienta 2019 Januari – Agustus: Agustus Terburuk…??

Motorisblog.com – Om Bro…!! Data penjualan Toyota Sienta 2019 selama 8 bulan pertama menunjukkan bahwa wholesales di bulan Agustus adalah nol (0) unit. Tapi capaian tersebut ternyata bukan tanpa alasan. Alasannya,, di bulan itu memang PT TAM tidak melakukan distribusi dari pabrik ke dealer. Tapi pun begitu, secara retail sales (distribusi dari dealer ke konsumen) tetap berjalan seperti biasa.

Yup… Penjualan Toyota Sienta belum juga membaik Om… Bahkan pada bulan Agustus 2019, PT Toyota Astra Motor (TAM) sebagai Agen Pemegang Merk (APM) Toyota di Indonesia, sama sekali tidak melakukan pengiriman unit Sienta dari pabrik ke dealer. Dengan kata lain, selama bulan Agustus lalu, distribusi MPV pintu geser itu adalah nol (0) unit secara wholesales.

Kenapa bisa demikian?? Kenapa PT TAM tidak melakukan distribusi selama bulan Agustus 2019??

Alasannya ialah karena Sienta masih dalam persiapan improvement alias peralihan dari versi lama ke versi facelift. Maka itulah selama bulan Agustus tidak ada pengiriman dari pabrik ke dealer. Distribusi wholesales baru dilakukan kembali pada bulan berikutnya, yaitu September 2019. (Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) – Kompas, 3/10/2019).

Iya Om… Pada awal September 2019 lalu Toyota baru saja memberi sentuhan baru pada Sienta. Jadi istilahnya,, bulan Agustus itu menjadi masa transisi Sienta lama ke Sienta facelift. Maka Toyota menghentikan dulu pengiriman unit Sienta hingga proses transisi-nya selesai.

Sementara menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), detail penjualan Sienta secara wholesales dan retailsales selama Januari hingga Agustus 2019 adalah sebagai berikut:

Data Penjualan Toyota Sienta 2019 Januari – Agustus (Wholesales)

. Januari 53 unit
. Februari 111 unit
. Maret 35 unit
. April 113 unit
. Mei 46 unit
. Juni 8 unit
. Juli 33 unit
. Agustus 0 unit

Data Penjualan Toyota Sienta 2019 Januari – Agustus (Retailsales)

. Januari 411 unit
. Februari 291 unit
. Maret 23 unit
. April 275 unit
. Mei 190 unit
. Juni 129 unit
. Juli 139 unit
. Agustus 175 unit

Sienta terakhir di kirim ke dealer pada bulan Juli sebanyak 33 unit. Tapi dalam hal pengiriman ke konsumen, angkanya tetap terjaga pada 175 unit di bulan Agustus.

Dibanding bulan Juli, retailsales Sienta pada bulan Agustus mengalami kenaikan. Tapi jumlahnya masih tetap lebih rendah dibanding retailsales di awal tahun 2019, yaitu bulan Januari dan Februari. (Mtb).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: