Data AISI 2017 Jadi Bukti Semakin Menciutnya Market Motor Bebek

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro…!! Data AISI 2017 telah menjadi bukti bahwa motor tipe bebek telah semakin di tinggalkan. Yup… dari history masa lalu dimana motor bebek sebagai penguasa pasar, kondisi sekarang justru sebaliknya… motor cub menjadi yang paling tidak diminati.

Advertisement

Sedikit flashback…

…menurut data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan sepeda motor pernah mencapai puncak kejayaannya di tahun 2011, dengan torehan angka penjualan hingga 8 jutaan unit.

…8 kali lipat dari penjualan mobil yang rata-rata pertahunnya sebanyak 1 jutaan unit…

Dan dari 8 jutaan unit tersebut, lebih dari 50% di antaranya ialah tipe skutik. Padahal jika kita flashback lebih jauh lagi, pada tahun 2009 skutik baru mendapat 38,7% dari total pasar.

Market share skutik tersebut semakin lama semakin besar… hingga mencapai 60% di tahun 2013, bahkan mencapai 82,4% di tahun 2017.

Advertisement

Dan dari pembengkakan market share skutik tersebut, tipe bebek ialah yang menjadi tumbal perpindahan selera konsumen Indonesia.

Lah iya… …jika kita melihat market share tipe sport yang hanya sedikit, Mtb kira hal itu tidak mengherankan. …karena memang sudah dari dulunya motor tipe sport hanya kebagian pasar sebesar 9% – 10% saja…

…setidaknya selama 10 tahun hingga tahun 2012. Malahan, di tahun 2013 market sport sempat naik ke angka 14,2%.

Sementara itu, motor underbone alias bebek yang pada tahun 2009 masih kebagian 51% market, setiap tahunnya justru terus mengalami penurunan sekira 5% – 10% banyaknya…

…hingga akhirnya data AISI tahun 2017 menunjukkan bahwa pasar motor bebek hanya tersisa 8,4% tok doang dari sekira 5,8 jutaan unit distribusi wholesales.

Lantas, bagaimana dengan tahun 2018 ini…??

Kita tunggu saja kisahnya setelah tahun baru nanti… (Mtb – Data AISI 2017).

Advertisement

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *