CVT Mio Bunyi Klotok? Periksa Beberapa Bagian Ini

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro! Masalah CVT Mio bunyi klotok adalah masalah umum motor matic. Kenapa Mtb katakan seperti itu? Karena Honda Spacy FI 2013 punya Mtb juga mengalami hal yang sama.

Advertisement

Awalnya Mtb mendapati masalah tersebut pada Mio Sporty 2010 milik mertua. Tapi saat itu Mtb tidak memperhatikan secara seksama, pada bagian mana letak permasalahannya. Hingga akhirnya Mtb mengalaminya sendiri pada motor Mtb.

Awalnya Mtb mengira ada komponen yang hancur dalam box CVT, karena suaranya sangat kasar. Seperti ada semacam batu atau pasir pada bagian dalam box tersebut.

Mtb masih cuek bahkan hingga beberapa bulan setelahnya.

Sampai pada tanggal 14 Juni 2018, Mtb baru menyempatkan untuk merapat ke bengkel umum langganan Mtb dan mengganti bearing yang posisinya ada pada bagian box CVT.

Mtb tidak begitu faham apa nama part tersebut dalam bahasa mekanis. Kalau bahasa umumnya sih ‘Laher blok’.

(Bearing) Laher blok Honda Spacy FI
Lokasi terpasangnya laher blok
Posisi terpasangnya laher blok

Sebenarnya sebelum ini Mtb sudah pernah berkonsultasi dengan bengkel resmi Honda, AHASS Buana Motor Banjar Patroman. Saat itu mekanik bengkel Buana langsung memvonis laher blok tersebut dan menyarankan penggantian dengan biaya Rp133.000.

Advertisement

Nominal tersebut terdiri dari harga bearing Rp103.000 + biaya pemasangan Rp30.000.

Tapi saat itu Mtb hanya konsultasi saja. Barulah pada hari terakhir Ramadhan 1439 Hijriah (2018 Masehi), Mtb lakukan penggantian laher blok melalui bengkel umum, Bagja Motor, Cisaga Ciamis.

Melalui ‘Bagja Motor’, Mtb hanya mengeluarkan kocek senominal Rp80.000. Terdiri dari harga bearing Rp55.000 + biaya pemasangan Rp25.000.

Jauh lebih murah ketimbang harga bengkel resmi.

Tapi memang Mtb tidak menggantinya dengan part original Honda, jadi wajar saja kalau lebih murah.

Tapi meskipun menggunakan part lokal, hingga saat Mtb mengedit artikel ini pada Oktober 2020, laher blok Honda Spacy Mtb masih baik-baik saja.

Penyebab CVT Mio Bunyi Klotok Saat di Gas

Selain laher blok, suara klotok-klotok juga dapat muncul akibat roller yang sudah tidak layak pakai. Misale saja karena sudah “peyang”.

Mtb mendapati kasus ini pada Mio M3 125 milik Pak Hendra, tetangga Mtb.

Untuk kemungkinan lainnya lagi, monggo Om Bro lanjut membaca tulisan Mtb yang terdahulu tentang penyebab CVT motor matic berisik. (Mtb).

Advertisement

13 komentar untuk “CVT Mio Bunyi Klotok? Periksa Beberapa Bagian Ini”

    1. Nahh ini nih, suara motor spacy fi 2012 ane jg klotok2, tp mnrt mekanik ahass honda penyebab nya adalah krn blok mesin cvt nya pecah dan di las kurang rapi, sehingga selain membuat oli rembes jg membuat as nya ngga lurus dipasang di bearingnya, jd bearingnya cepet rusak… Ane mau ganti blok cvt nya ini yg ada nomor mesinnya seperti foto diatas (gambar dgn panah putih besar menunjukkan posisi bearing terpasang), nah cuma ane ngga tau prosedur izin penggantian blok mesin ini gimana, agan tau kah?

      1. Duh, sy blm tau kalo cara ngurus nomor mesin. Coba tanya ke Samsat,, sekedar tanya aja ke bagian informasi. Barangkali dari sana nanti dpt informasi yang akurat.

  1. Gan apa suara klotok klotoknya terasa banget ga pas lagi di tanjakan?., Atau pas motor lagi deselerasi??., Mohon tanggapannya gan

    1. Suaranya nyata banget pada kecepatan rendah Om… dalam kondisi apa pun. Saat narik gas atau pun saat deselarasi, suara klotoknya jelas banget.

      Kalo kecepatan tinggi ngga kedengeran soale ketutup suara mesin & suara angin.

    1. Di Tangerang aya enoanderson.com
      Di Durensawit (Jaktim) aya kobayogas.com
      Anu ngabengkel aya aripitstop.com
      Di Depok aya indoride.com
      Di sekitaran Bogor aya viwimoto.com
      Di Banjarsari aya imotorium.com
      Di Purwakarta aya ndesoedisi.com

      Manawi kersa ngiring gabung komunitas blogger otomotif, mangga kintunkeun nomor WhatsApp ka email abdi. Email-na aya di menu ‘Tentang Saya’ di blog ieu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *