CVT Mio Bunyi Klotok?? Periksa Beberapa Bagian Ini

Motorisblog.com – Om Bro…!! Masalah CVT Mio bunyi klotok adalah masalah umum motor matic. Kenapa Mtb katakan seperti itu?? Karena Honda Spacy FI 2013 punya Mtb juga mengalami hal yang sama.

Awalnya Mtb mendapati masalah tersebut pada Mio Sporty 2010 milik mertua, tapi Mtb tidak memperhatikan secara seksama, di mana letak permasalahannya… Hingga akhirnya Mtb mengalaminya sendiri pada motor Mtb.

Awalnya Mtb mengira ada komponen yang hancur di dalam box CVT, karena suaranya sangat kasar. Seperti ada semacam batu atau pasir didalamnya.

Mtb masih cuek bahkan hingga beberapa bulan setelahnya…

Sampai pada tanggal 14 Juni 2018, Mtb baru menyempatkan diri untuk merapat ke bengkel umum di dekat rumah dan mengganti bearing yang posisinya ada di box CVT.

Mtb tidak begitu faham namanya dalam bahasa mekanis, tapi bahasa umumnya sih laher blok.

(Bearing) Laher blok Honda Spacy FI

 

Lokasi terpasangnya laher blok

 

Posisi terpasangnya laher blok

Sebenarnya sebelum ini Mtb sudah berkonsultasi dengan bengkel resmi Honda (AHASS) Buana Motor di Banjar Patroman. Mekanik disana langsung memvonis laher blok tersebut dan menyarankan penggantian dengan biaya Rp133.000 (terdiri dari harga bearing Rp103.000 + biaya pemasangan Rp30.000).

Tapi saat itu Mtb hanya konsultasi saja… Barulah di hari terakhir Ramadhan 1439 H, Mtb lakukan penggantian di bengkel umum.

Mtb melakukan penggantian laher block tersebut di Bagja Motor, Cisaga dengan mahar Rp80.000 (harga bearing Rp55.000 + biaya pemasangan Rp25.000).

Jauh lebih murah dibanding harga bengkel resmi.

Tapi memang Mtb tidak menggantinya dengan part original Honda, jadi wajar saja kalau lebih murah.

Selain laher blok, suara klotok-klotok dapat juga muncul akibat roller yang sudah tidak layak pakai, misale saja karena sudah pada peyang. Hal itu pernah terjadi pada motor Yamaha Mio M3 milik tetangga Mtb.

Yo wis… Gitu aja. Monggo disaring, dicerna, kemudian dicari dengan teliti, dimana sumber masalahnya, jika Om Bro mengalami masalah yang sama seperti Mtb.

Penyebab Bunyi Klotok klotok di CVT Mio M3 dan Skutik Lainnya

13 tanggapan pada “CVT Mio Bunyi Klotok?? Periksa Beberapa Bagian Ini”

    1. Nahh ini nih, suara motor spacy fi 2012 ane jg klotok2, tp mnrt mekanik ahass honda penyebab nya adalah krn blok mesin cvt nya pecah dan di las kurang rapi, sehingga selain membuat oli rembes jg membuat as nya ngga lurus dipasang di bearingnya, jd bearingnya cepet rusak… Ane mau ganti blok cvt nya ini yg ada nomor mesinnya seperti foto diatas (gambar dgn panah putih besar menunjukkan posisi bearing terpasang), nah cuma ane ngga tau prosedur izin penggantian blok mesin ini gimana, agan tau kah?

      1. Duh, sy blm tau kalo cara ngurus nomor mesin. Coba tanya ke Samsat,, sekedar tanya aja ke bagian informasi. Barangkali dari sana nanti dpt informasi yang akurat.

  1. Gan apa suara klotok klotoknya terasa banget ga pas lagi di tanjakan?., Atau pas motor lagi deselerasi??., Mohon tanggapannya gan

    1. Suaranya nyata banget pada kecepatan rendah Om… dalam kondisi apa pun. Saat narik gas atau pun saat deselarasi, suara klotoknya jelas banget.

      Kalo kecepatan tinggi ngga kedengeran soale ketutup suara mesin & suara angin.

    1. Di Tangerang aya enoanderson.com
      Di Durensawit (Jaktim) aya kobayogas.com
      Anu ngabengkel aya aripitstop.com
      Di Depok aya indoride.com
      Di sekitaran Bogor aya viwimoto.com
      Di Banjarsari aya imotorium.com
      Di Purwakarta aya ndesoedisi.com

      Manawi kersa ngiring gabung komunitas blogger otomotif, mangga kintunkeun nomor WhatsApp ka email abdi. Email-na aya di menu ‘Tentang Saya’ di blog ieu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *