Ciri Pembakaran Sempurna Pada Busi, Ada 4 Warna Patokan

Motorisblog.com – Ciri Pembakaran Sempurna Pada Busi – Om Bro…!! Mtb pikir sudah banyak yang tahu tentang hal ini… Tapi mungkin juga ada yang belum tahu, atau sudah tahu tapi kelupaan… Bahwa bagus atau tidak bagusnya pembakaran di dalam mesin motor, dapat kita nilai dari kondisi busi. Caranya ialah dengan memperhatikan warna pada elektroda busi.

Om Bro…!! Beda warna pada elektroda busi, maka beda pula artinya…

Menciduk informasi dari situs resmi Honda, edisi Senin, 24 September 2018, ada empat warna yang biasa muncul pada busi dan memiliki arti yang berbeda-beda,

Ciri Pembakaran Sempurna Pada Busi

1. Warna elektroda kecokelatan atau merah bata

Warna ini adalah pertanda bahwa pembakaran optimal. Campuran bensin dan udara seimbang. Konsumsi bahan bakar relatif irit, performa dan durabilitas motor pada posisi terbaik.

2. Warna elektroda menghitam

Berarti campuran antara udara dan bensin tidak seimbang. Terjadi campuran basah dimana lebih banyak bensin ketimbang udara. Akibatnya, konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros dan mesin mudah banjir.

3. Warna elektroda memutih

Warna ini bertolak belakang dengan poin nomor dua, yaitu campuran pengabutan lebih banyak udara dibanding bensinnya. Akibatnya, mesin jadi lebih cepet panas, tenaga menurun dan juga tidak baik untuk durabilitas komponen-komponen di dalam mesin.

Part-part di dalam mesin jadi lebih cepat rusak.

4. Elektroda hitam dan basah oleh oli

Ini yang pernah Mtb alami… Oli masuk ke ruang bakar karena ring piston sudah jelek atau liner piston yang sudah baret.

Pada kondisi ini, biasanya mesin motor suka mati mendadak akibat loss kompresi,… yang dalam jangka panjang bisa membuat mesin mogok total.

Kondisi ini juga membuat volume oli surut (berkurang) lantaran oli mesin ikut terbakar.

Pada tingkat yang lebih parah, akan keluar asap putih dari knalpot… Namun, jika tidak keluar asap pun, jangan anggap remeh kondisi ini. Volume oli yang menyusut membuat pelumasan kacau balau. Mtb sudah merasakannya sendiri… Mtb mengabaikan kondisi ini karena merasa tertantang untuk membuktikan akibatnya… (Wkwkwkwk…!! Gile lu Ndro…).

Dan akhirnya terbukti… Sebelum usia Honda Spacy FI punya Mtb genap 5 tahun, itu Si Panci sudah mogok total… Hingga akhirnya Mtb ganti piston oversize 25 pada beberapa waktu uang lalu. (Mtb – Ciri Pembakaran Sempurna Pada Busi).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: