5 Ciri Oli yg Bagus: Salah Satunya Tidak Masuk Akal

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro! Dulu Mtb merasa heran ketika ada yang mengatakan bahwa salah satu ciri oli yg bagus ialah jika warnanya hitam dan kotor saat penggantian. Apa iya? Lama-lama Mtb perhatikan memang iya Om.

Advertisement

Ciri ciri Oli yg Bagus

1. Suara Mesin Halus, Tarikan Responsif

Sebagian ciri ciri oli bagus ialah jika ketika digunakan, suara mesin jadi lebih halus dan tarikannya lebih responsif.

2. Warna Berubah Hitam Saat Penggantian

Selain itu, ciri oli motor yang bagus / oli mobil yang bagus ialah jika pada saat penggantian normal, oli berubah warna menjadi hitam dan tampak ada kotoran.

Kenapa harus hitam dan kotor?

Karena jika oli bekas tampak hitam dan kotor, itu artinya si oli telah berhasil membersihkan dan membawa kotoran keluar dari rongga mesin.

3. Setifikasi JASO Sesuai Kebutuhan

Kemudian saat pemilihan oli, Om Bro juga hasus perhatikan spesifikasinya. Pastikan sertifikasinya sesuai dengan kebutuhan motor.

Motor manual pakai oli mesin bersertifikasi JASO MA dan motor matic pakai oli JASO MB.

4. Sertifikat API Lebih dari Anjuran

Pastikan standar mutunya tidak kurang dari anjuran pabrikan, yaitu sesuai dengan anjuran yang ada dalam buku panduan manual motor Om Bro masing-masing.

Umumnya motor-motor zaman now mensyaratkan oli dengan tingkat mutu API SJ. Om Bro juga boleh menggunakan standar yang lebih baik, misale API SL.

5. Viscositas / Kekentalan Sesuai Kebutuhan

Sesuaikan viskositas (kekentalan) oli dengan anjuran pabrikan. Lihat pada buku panduan, apakah anjurannya SAE 10W-30, SAE 20W-40, atau yang lainnya.

Advertisement

Dan satu hal lagi, pastikan Om Bro membeli oli melalui toko-toko terpercaya ataupun melalui bengkel resmi motor Om Bro masing-masing. Tujuannya ialah untuk menghindari kemungkinan Om Bro terjebak membeli oli palsu.

Demikian sekilas tentang ciri oli yang bagus.

Pada umumnya komposisi oli mesin terdiri dari 80% bahan dasar oli dan 20% zat additive (zat tambahan). (Product Development and Technical Support Top1 Indonesia, Lucky Elfano – Viva, 27/2/2019).

Formula dari tiap-tiap merk oli dapat berbeda-beda, namun secara umum, salah satu additive yang terkandung pada oli mesin adalah detergent alias additive pembersih mesin. Itulah mengapa tadi Mtb sebutkan bahwa oli bekas yang berwarna hitam justru bagus. Itu artinya additive pembersih’nya bekerja dengan baik dalam melarutkan kotoran dari dalam mesin.

Dengan catatan, kita menilainya ketika mesin ada dalam kondisi normal dengan interval penggantian sesuai jadwal anjuran. Jadi lain cerita jika mesin telah ada kerusakan dan penggantian oli tidak teratur.

Additive lain yang biasa terkandung dalam oli mesin adalah bahan peningkat performa dan additive anti-karat. Jarang sekali pada masa ini ada oli yang tidak mengandung berbagai additive yang baik bagi mesin. (Mtb).

Advertisement

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *