kelebihan ban tubeless motor matic

Ciri Oknum Tambal Ban Penebar Ranjau Paku

Motorisblog.com – Om Bro…!! Tidak semua, tapi kadang ada tukang tambal ban yang berbuat licik bahkan jahat dengan cara menjadi penebar ranjau paku.

Asumsinya sederhana, pelaku ranjau paku bertujuan mendapatkan uang secara instant dengan cara itu.

Lantas, seperti apa sih ciri-ciri oknum tambal ban yang membuat ranjau paku

Dari apa yang pernah Mtb alami ditahun 2012 lalu, sebagian dari ciri-cirinya adalah sebagai berikut,

. Dilokasi ranjau ada beberapa tukang tambal ban yang berjejer saling berdekatan, misale hanya berjarak masing-masing 10-20 meteran, dan biasanya masih berusia muda-muda

. Lokasinya dijalanan ramai, padat, bahkan macet

. Didekat para oknum tambal ban itu ada genangan air akibat hujan/banjir

Dulu dijaman Mtb masih tinggal di Jakarta, lokasi-lokasi yang beberapa kali Mtb dapati ada ranjau paku ialah di antara Harmoni ke Tomang, Jalanan depan Roxi, Flyover Senen, dan Jalan antara Pulogadung ke Bekasi. Nah, pada perjalanan antara Pulogadung ke Bekasi itulah Mtb pernah jadi korban.

Tapi itu dulu… Beberapa tahun yang lalu. Dan hanya dijalan-jalan itulah yang Mtb ketahui… Mungkin sekarang sudah banyak berubah… Dan entah juga untuk daerah lain di wilayah Jakarta Utara, Jakarta Selatan dan Jakarta Barat.

Pamungkasnya… demi menghindari ranjau paku, Mtb sarankan untuk Om Bro sekalian agar menghindari genangan air jika memungkinkan. Karena biasanya genangan air menjadi lokasi favorit para oknum tambal ban lantaran pada titik seperti itu, pengendara tidak akan dapat melihat adanya ranjau paku.

Jenis ranjau paku pun bermacam-macam. Ada yang berupa paku jari biasa, paku jari yang telah di bengkokkan, atau pun paku model payung.

Lebih waspada jika dijalanan padat Om Bro melihat ada pengendara yang mendorong motor akibat kempes ban. Perhatikan apakah hanya orang itu atau ada beberapa pengendara yang mengalami bocor ban.

Jika ada beberapa, kemungkinan disekitaran situ ada ranjau paku.

Ketika sudah terlanjur menjadi korban, Mtb sih lebih suka mendorong atau memaksa menunggangi motor hingga jauh dari lokasi. Mtb menambal ban pada tukang tambal yang jauh, yang kemungkinan bukan pelaku penebar ranjau paku.

Tapi jika pun Om Bro mencurigai oknum tambal ban sebagai penebar ranjau, sebaiknya Om Bro pun jangan menuduh, apa lagi sampai marah-marah pada orang yang Om Bro curigai. Soale kemungkinan pelaku penebar ranjau bekerja secara berkelompok. Jadi jika Om Bro menuduhnya, maka resikonya Om Bro harus berurusan dengan sekelompok oknum-oknum tersebut. Bukan hanya berurusan dengan satu orang saja.

Pamungkas pisan, …jika memungkinkan, Mtb sarankan Om Bro menggunakan ban tubeless. Mtb sudah membuktikan sejak akhir tahun 2013 lalu, hingga sekarang Mtb tidak pernah mengalami kempes ban hingga mendorong motor. Apa lagi dengan menggunakan cairan anti-bocor. Aman deh Om… (Mtb).

Makasih udah singgah... Jika bermanfaat, monggo di share ke sosmed Om Bro masing-masing...

Tinggalkan komentar