Cara Transfer Dompet Tunai Grab ke Rekening BRI

Motorisblog.com – Om Bro…!! Dahulu kala, driver Grab hanya bisa mencairkan saldo tunai ke rekening bank CIMB Niaga saja. Tapi sekarang, semua bank bisa… Dan berikut ini Mtb share cara transfer dompet tunai Grab ke rekening BRI sebagai salah satu contohnya…

Sebenarnya artikel ini ngga penting-penting amat untuk driver lama. Karena Mtb pikir, driver lama pasti sudah tahu cara penarikan saldo tunai Grab ke akun bank. Tapi mungkin saja artikel ini jadi penting bagi driver-driver yang baru bergabung dengan Grab.

Om Bro… Pada dasarnya, cara transfer dompet tunai Grab ke rekening mandiri, BRI, CIMB Niaga dan bank-bank lainnya pun sama. Namun demikian, hanya ke CIMB Niaga saja yang gratis biaya transfer. Selebihnya akan dikenakan biaya transfer sebesar Rp3.500/transaksi untuk bank-bank lain selain CIMB Niaga.

Ketentuan Penarikan Saldo Dompet Tunai Grab

. Jumlah minimal untuk sekali transfer adalah Rp20.000,
. Jumlah maksimal untuk sekali transfer adalah Rp1.000.000,
. Maksimal transfer 5 kali dalam satu hari,
. Maksimal total transfer dalam satu hari adalah Rp3.000.000,

Disini ada catatan bagi Om Bro sekalian… Mtb sarankan jangan berpatokan pada angka minimal dan maksimal.

Kenapa??

Karena untuk transfer ke rekening bank lain selain CIMB Niaga, Om Bro akan dikenakan biaya transfer sebesar Rp3.500/transaksi. Jadi sayang lah kalau terlalu sering transfer… kebanyakan biaya bank-nya. Tapi juga jangan terlalu banyak menumpuk saldo tunai di aplikasi Grab Driver.

Kenapa lagi??

Karena dompet tunai dengan saldo yang banyak beresiko terhadap penipuan. Di blog ini, Mtb sudah menuliskan setidaknya 3 artikel tentang penipuan mengatasnamakan Grab yang bisa menguras saldo tunai Om Bro sekalian…

Selain itu, sistem Grab pun sulit di tebak. Ada kalanya akun Om Bro bisa di bekukan (suspend) oleh pihak Grab jika Om Bro terindikasi melakukan pelanggaran kode etik Grab (meski Om Bro tidak merasa melanggar ketentuan apa pun). Dan jika akun Om Bro sudah kena suspend, maka hangus pula lah seluruh saldo tunai Om Bro sekalian…

Silahkan ke kolom pencarian jika Om Bro penasaran pada ketiga artikel tersebut.

Mtb sendiri biasa mencairkan dana dari dompet tunai ketika saldonya berada di kisaran Rp100.000-Rp200.000 (kadang Rp50.000 juga Mtb tarik). Mtb rasa itu nominal yang cukup ideal, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar.

Kecuali jika Om Bro menggunakan rekening CIMB Niaga, maka Mtb sarankan transferkan saja meskipun baru punya saldo Rp20.000. Yang penting asal jangan melibihi batas maksimal 5 kali transfer dalam sehari.

Lebih aman mengumpulkan uangnya di rekening bank ketimbang di dalam dompet tunai Grab. Itu pun Om Bro tetap harus hati-hati, karena pada beberapa kasus, praktek penipuan mengatasnamakan Grab pun suka menipu dengan cara transfer dari bank ke bank.

Untuk lebih jelasnya, sikahkan Om Bro baca artikel-artikel Mtb sebelumnya tentang penipuan mengatasnamakan Grab…

Hokeh, leajuutt…

Cara transfer dompet tunai Grab ke rekening BRI

1. Pada halaman utama aplikasi Grab Driver, pilih menu ‘Dompet’, kemudian pilih ‘Dompet Tunai’,transfer dompet tunai grab
2. Di halaman selanjutnya, pilih menu ‘Transfer ke Rekening’,transfer dompet tunai grab
3. Sebelum memasukkan nominal, periksa dulu apakah akun bank Om Bro sudah sesuai dengan yang dimaksud atau belum??transfer dompet tunai grab

Jika sebelumnya Om Bro tidak pernah mendaftatkan nomor eCash Mandiri pada aplikasi Om Bro sekalian, maka tampilan rekeningnya akan langsung menuju ke rekening yang dimaksud dan Om Bro langsung saja masukkan nominal yang hendak di transfer (langkah nomor 6). Namun jika Om Bro pernah mendaftakan eCash Mandiri, maka rekening default yang akan muncul ialah eCash.

Yup… rekening untuk transfer saldo tunai dapat di isi dengan satu rekening biasa dari bank manapun dan satu nomor eCash Mandiri. So, jika Om Bro pernah mendaftarkan eCash ke aplikasi driver milik Om Bro, maka ganti dulu pilihan rekeningnya.

Caranya…

4. Tap (klik) pada icon eCash, dan akan muncul pilihan rekening yang telah terdaftar,transfer dompet tunai grab
5. Selanjutnya, jika rekening bank milik Om Bro belum terdaftar, maka pilih pilihan ‘Tambah Rekening’. Sementara jika Om Bro sudah memiliki rekening yang terdaftar, maka pilihlah rekening yang Om Bro maksud. (Mtb pakai contoh rekening BRI di akun Mtb).
6. Setelah Om Bro memilih rekening yang dimaksud, selanjutnya Om Bro tinggal memasukkan nominal uangnya di kolom yang telah disediakan, kemudian tap pilihan ‘Berikutnya’, dan selesai…transfer dompet tunai grab
7. Setelah itu, Om Bro periksa pada riwayat transaksinya, apakah saldonya sudah terkirim atau belum…

Caranya…

Om Bro lihat pada langkah nomor 2, disitu Om Bro pilih menu ‘Riwayat Transaksi’,transfer dompet tunai grab

8. Periksa juga pada akun bank Om Bro sekalian, apakah uangnya sudah terkirim atau belum.

Untuk memudahkan langkah ini, Mtb sarankan Om Bro menggunakan fasilitas m-Banking (atau internet Banking versi mobile) supaya lebih praktis. Maka, segera datangi bank sesuai rekening Om Bro jika Om Bro belum memiliki fasilitas ini.

Tambahan:
Pada beberapa kasus, rekan driver dan Mtb sendiri pernah mengalami masalah dompet tunai Grab tidak bisa di transfer. Tapi Om Bro tidak usah risau… Sepanjang penelusuran Mtb, hal itu terjadi semata-mata karena sistem perbankan tengah mengalami gangguan. Om Bro coba lagi beberapa jam kemudian, jika masih gagal juga, maka cobalah esok harinya.

Jika pada esok harinya masih gagal juga, maka ada kemungkinan akun Om Bro terindikasi telah melakukan aktifitas yang mencurigakan.

Yup… pada kondisi tertentu, sistem Grab akan manahan saldo dompet tunai jika ada indikasi kecurangan. Tapi… lagi… Om Bro tidak usah risau jika Om Bro tidak melakukan pelanggaran apa-pun sebelumnya. Karena biasanya, saldo tunai akan dapat di transfer pada 2-3 hari kemudian. (Untuk lebih jelasnya, Om Bro bisa menghubungi layanan bantuan pada aplikasi Grab Driver).

Dan untuk semua transaksi yang gagal, saldo akan dikembalikan ke dompet tunai. Entah itu gagal karena gangguan sistem bank, karena melebihi batas maksimal, atau pun karena dugaan pelanggaran kode etik Grab.

Tambahan lagi…

Dari hasil penelusuran Mtb dan beberapa sharing dengan rekan driver, seringkali ada pertanyaan yang mampir ke redaksi Mtb… Diantaranya adalah pertanyaan-pertanyaan tentang cara memindahkan saldo kredit Grab ke tunai, cara memindahkan saldo kredit Grab ke rekening CIMB, cara memindahkan kredit Grab ke akun bank, dan lain-lain…

Nah, untuk urusan saldo kredit, Mtb bisa pastikan bahwa saldo tersebut tidak bisa di ganggu-gugat. Keberadaan saldo kredit hanya untuk potongan komisi 20% dan untuk cicilan pembayaran atribut (jaket & helm). Intinya, saldo dompet kredit tidak bisa dicairkan dengan cara apa pun, atau dengan transfer ke manapun.

Maka itu, Mtb sarankan jangan terlalu banyak top up saldo kredit. Secukupnya saja sekira cukup untuk 1-2 hari on-bid. Nominalnya tidak bisa Mtb sarankan karena tiap-tiap kota dan tiap-tiap driver akan berbeda hasil tripnya. Perkirakan saja jumlah saldo kredit Om Bro yang biasa terpakai dalam 1-2 hari.

Ruginya jika terlalu banyak saldo kredit adalah bila terjadi suspend akun seperti yang sudah Mtb contohkan di atas. (Mtb – Cara transfer dompet tunai Grab ke rekening BRI).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: