Cara Perbaikan STNK Jika Ada Data yang Salah

Motorisblog.com – Om Bro! Namanya manusia tidak ada yang sempurna. Kadang ada salah dan lupa. Termasuk dalam hal-hal resmi, misale penerbitan surat-surat kendaraan dan sebagainya. Nah, kali ini Mtb akan share cara perbaikan STNK jika ada kesalahan data yang tertulis.

Emangnya bisa ya ada kesalahan data STNK?

Bisa saja Om. Pegawai Samsat juga manusia. Bisa salah dan lupa. Mtb sendiri pernah mengalaminya pada tanggal 25 Februari 2019 lalu, saat Mtb mengurus mutasi motor Mtb, Honda Spacy FI 2013.

Ketika itu angka-angka yang tercetak dalam kolom nomor mesin justru berasal dari nomor BPKB. Untung saja Mtb teliti. Kesalahan tersebut langsung Mtb ketahui pada hari yang sama dan langsung Mtb perbaiki saat itu juga. Dengan begitu Mtb tidak harus bolak-balik ke Samsat pada hari berikutnya.

Selain kejadian yang Mtb alami, Mama Mtb juga pernah mengalaminya. Yaitu nama yang tercetak dalam STNK berbeda dengan nama KTP.

Bukan hanya itu. Selain Mtb dan Mama Mtb, Om Bro juga akan mendapati beberapa kejadian serupa jika Om Bro searching searching internet.

Artinya sederhana, bahwa kita harus teliti setiap kali selesai mengurus surat-surat kendaraan, baik saat mutasi / balik nama, ataupun saat menerima STNK motor yang baru Om Bro beli dari dealer.

Periksa kebenaran semua data yang tercantum dalam STNK. Jangan sampai ada kesalahan.

Jika ada kesalahan, segera perbaiki ke Samsat penerbit STNK.

Cara Perbaikan STNK Jika Ada Data yang Salah

Dalam hal perbaikan data STNK, caranya amatlah mudah. Om Bro hanya harus kembali ke ‘Loket Pendaftaran dan penetapan STNK‘. Sampaikan pada petugas, bahwa ada data yang salah. Tunjukkan letak kesalahannya dan beritahukan data yang sebenarnya. Begitu yang Mtb lakukan beberapa waktu lalu.

Ketika kita ajukan perbaikan pada petugas, maka petugas akan memperbaikinya.

Pada kejadian yang Mtb alami, petugas menghapus datanya menggunakan tape correct (tipe-x), kemudian mencetak ulang data yang benar.

Tapi meskipun petugas melakukan hal seperti itu, untuk Om Bro jangan sekali-kali melakukannya sendiri. Pasalnya, koreksi oleh petugas itu nantinya akan mendapat stempel legalisir. Jadi sangat salah jika Om Bro melakukannya sendiri. Karena jelas Om Bro tidak memiliki stempel petugas / staff Samsat.

Hokeh. Singkat cerita, selesai sudah perbaikan data dalam lembar STNK dan lembar pajak.

Setelah itu periksa datanya secara online untuk memastikan bahwa data STNK kita di server pusat pun telah update. Jadi perbaikannya bukan hanya pada fisik STNK saja, tapi juga sampai ke data induknya.

Dari yang Mtb alami, update data induk server tidak langsung berubah seketika.

Setelah perbaikan kesalahan data STNK yang Mtb lakukan pada hari Senin, data induknya baru terupdate pada hari Rabu alias dua hari kemudian.

Mtb melakukan cek data secara online melalui aplikasi ‘Sambara‘, yakni aplikasi ‘Samsat Mobile Jawa Barat‘ yang tersedia melalui Google Play Store. Nah, untuk Om Bro yang berada di luar Jawa Barat, monggo Om Bro cari sendiri aplikasinya / cara cek datanya yang sesuai dengan provinsi tempat tinggal Om Bro masing-masing.

Dan satu hal lagi Om. Tidak ada biaya revisi STNK salah ketik. Semuanya Mtb dapatkan secara gratis.

Tapi itu Mtb lakukan langsung seketika pada hari yang sama saat Mtb mengambil STNK. Entah jika kejadiannya sudah berselang beberapa waktu, apakah ada biaya atau tidak. (Mtb).

27 pemikiran pada “Cara Perbaikan STNK Jika Ada Data yang Salah”

    • Dari yang sy alami, ngga ada biaya perbaikan. Soal ongkos/biaya transport ya jelas beda-beda. Tergantung jarak dari rumah ke Samsat.

      Balas
    • Klo stnknya diurus sm dealer gmn ya pak, apa gak dikenain biaya jg? Soalnya kasus sy ini alamat di ktp sm stnk beda pdhl sblmnya sy sdh melakukan konfirmasi untuk rubah alamat tp bagian pembuat stnk dr dealernya lupa gak rubah data di fakturnya pas udh jdi alamatnya masih salah, itu gmn ya?
      Org dealernya mau urus tp kita harus ngeluarin biaya 300rbuan krn ktnya revisi alamat itu kena biaya sekitar 300rb.

      Balas
      • Kalo kasusnya kayak gitu sih ya memang bukan Samsatnya yang salah Sist… Samsat sudah menginput data yang sesuai dengan yang di ajukan oleh pihak dealer. Jadi kalo mau salah-salahan ya sebenarnya yang salah itu orang dealer yang ngurusnya. Soale dia nggak memperhatikan perubahan yang Sista minta.

        Artinya, seharusnya orang dealer itu yang bertanggung jawab membayar biayanya.

        Tapi kalo misale pada akhirnya jadi ribut,, ya,, coba ambil jalan tengah. Barangkali bisa biayanya dibagi dua antara Sista dan orang dealer itu. Masing-masing Rp150.000.

        Kalo misale pilihan solusi itu juga ngga diterima,, ya,, gimana caranya lah… Yang penting selesai dengan cara damai.

        Balas
  1. gan cek di sambaranya dibagian mananya ya? punya saya yg salah alamatnya, tp kata biro jasa dealernya, tdk ada stempel legalisir di depok, gimana tu ya gan?

    Balas
    • Oohh iya, sy lupa. Hasil cek di Sambara kan ngga muncul detail alamat. Yang muncul hanya detail lainnya seperti nomor mesin, nomor rangka dan rincian pajak.

      Terus soal legalisir yang sy maksud, itu hanya stempel kecil bertuliskan ‘staff’. Artinya itu pertanda bahwa perbaikannya dilakukan secara sah oleh staff Samsat.

      Terus satu hal lagi, Depok itu kan plat ‘B’ ya Om?? Sy blm tahu nih, apakah aplikasi Sambara bisa buat cek plat B Depok atau ngga. Kalo misale ngga bisa, Om Bro coba cek pake aplikasi yang buat area Jakarta dan sekitarnya.

      Balas
  2. Selamat pagi pak..
    Mau bertanya.. saya ada kendala pada SS motor saya..
    Setelah d teliti ternyata No.BPKB d buku berbeda dngn ketikan No.BPKB d STNK.
    trus apa itu tidak masalah atau bagaimana.?
    Kalau harus di perbaiki bagaimana cara nya terimakasih.

    Balas
    • Kalo soal masalah atau ngga masalah, sy belum faham Om… Tapi kalo soal perbaikannya, yang jelas ya harus ke Samsat. Bawa STNK dan BPKB-nya. Datangi bagian informasi, tanyakan loket mana tempat memperbaiki kesalahan data di STNK. Tanyakan juga apakah ada biayanya atau tidak. Jika ada, tanyakan berapa biayanya.

      Balas
  3. Mau tanya pak sy punya mobil trxata no rangka hurufx ada yg kebalik sedang di stnk sm no rangka body benar apakah bukan masalah dikemudian hari

    Balas
    • Kalau jawaban pasti sy ngga paham. Tapi potensi masalah tetap ada.

      Coba tanya ke Samsat… kalo diperbaiki data-nya kena biaya apa tidak.

      Kalo ngga kena biaya atau biayanya kecil, sy kira lebih baik diperbaiki segera.

      Balas
  4. Klo ketahuan sudah berapa bulan sejak proses penulisan bagaimana ya? Apa bisa lsg minta perbaikan kebagian penulisan.

    Balas
    • Coba ke Samsat, tanyakan ke bagian informasi (Customer Service). Nanti disana Om Bro bakal dikasih tau bagaimana prosedur perbaikannya.

      Balas
  5. Asalammualaikum,,
    Maaf pak mau nanya,,ada kendala distnk motor saya tentang warna, warna motor sama tulisan distnk y berbeda,bagaiman cara saya perbaikinya? Apakah saya harus langsung datang ke samsat atau ke dealer ya pak? Soal y masih angsuran pak

    Balas
    • Wa’alaikumussalaam… Sebaiknya datang ke dealer, minta diperbaiki. Jika pihak dealer minta biaya perbaikan, sebaiknya Bpk tidak kasih karena itu bukan kesalahan Bpk.

      Kecuali jika Bpk ingin memberi sebagai tanda terima kasih ya silahkan…

      Balas
  6. Bro kasus gue beda nih kesalahan ada di NIK STNK.., nomer STNK sama KTP beda 1 angka., kasus pas sntk&plat udah turun.. ternyata kesalahan .. Harusny 3173 malah 3174, trus gue cuma punya 3 motor sama yg baru nih, eh malah gua kena pajak kendaraan progresif yg ke6.. dan disistem pun gada 2 kendaraan gua sebelumnya.. gua udah ajuin revisi ke dealer.. udah hampir seminggu lebih belum jadi.. oiya gue dijakarta selatan, menurut Lo revisi kayak gitu lama gak sih?

    Balas
  7. Saya baru mengalami gan mohon arahannya
    Pas suami mau jual motor dan yg mau beli ngcek nomer mesin ternyata gak sesuai pas di usut ternyata memang pas datang dr dealer nya tertukar dengan mtr yang sm dan warna yang berbeda itu gmn ya gan
    Udah gt orang dealer bilang pas mau ngurus motor yg tertukar motornya udh hilang dan di situ dealer blg mau di uangin aja atau tukar motor br dengan harga jauh bgitu sedang kan mtr suami R15 pasaran harga masih 25 paling kecil 20
    Dealer itu minta 15 gan itu gimana yaa saya harus ngurus kemana lg jauh bgtttr harganya dealer kyk nyari kesempatan dalam kesempitan

    Balas
    • Kalau dulunya salah saat diurus orang dealer, harusnya orang dealer yang bertanggung jawab.

      Intinya yang bertanggung jawab ya orang yang dulu ngurus surat-surat motornya.

      Balas
  8. mau nanya kk bagaimana cara’a ingin perbaiki BPKB dan STNK kita awal nya datang dulu ke samsat apa gimana yah soal waktu itu kesalahan pembuatan ketik KTP nya apa bisa tuk perbaikan data STNK dan BPKB terima kasih🙏🏻🙏🏻

    Balas
  9. mohon infonya proses Revisi itu membutuhkan waktu berapa lama yah?
    kemarin pas ngambil motor ada kesalahan di STNK yaitu salah Nama,jadi saya minta agar di revisi sama dealernya,terus sudah 2 bulan STNK tersebut infonya belum jadi…
    mohon infonya.

    Balas
  10. Hollo om ,saya ada kasus hampir sama beli motor bekas dan nama pd STNK dan BPKB ada satu huruf yg berbeda yg harusnya ROCHMAD di STNK jadi ROCHMAN dan STNK-nya udah di revisi ulang kata si pemilik cuma STNK tidak di ganti hanya Satu huruf yg salah itu saja yg di hapus lalu d ketik ulang dengan nama yang benar ? Maaf awam apa benar begitu prosesnya ?

    Balas

Tinggalkan komentar