Cara Order Grab Agar Lokasi Penjemputan dan Lokasi Antar Akurat

Motorisblog.com – Cara order Grab. Om Bro / Sista…!! Sejak awal bahasan, di blog ini Mtb melulu membahas Grab dari sisi driver. Wajar, karena Mtb driver Grab, jadi yang Mtb share juga seputar driver. Nah, kali ini Mtb rasa perlu juga membahas perkara Grab dari sisi konsumen.

Om Bro / Sista, konsumen Grab yang Mtb cintai… Untuk Sista ketahui bahwa ada kalanya konsumen salah menentukan titik lokasi penjemputan atau pun lokasi antar yang sedikit banyaknya jadi menghambat kecepatan dalam perjalanan. Masih tidak terlalu fatal jika kesalahan terletak pada lokasi antar… Namun akan membingungkan ketika kesalahan terjadi pada pemilihan lokasi jemput. Hal itu dapat terjadi karena deteksi GPS melalui aplikasi pemesanan Grab tidak pasti selalu akurat.

Sesekali bisa terjadi GPS tidak sesuai lokasi real pada saat kita membuka aplikasi pemesanan Grab.

Biasanya, masalah GPS tidak akurat dapat diatasi dengan menutup aplikasi dan membukanya kembali. Tapi dengan catatan, setting lokasi / GPS ponsel Sista / Om Bro sudah di set pada pilihan akurasi tinggi.

CARA ORDER GRAB TRANSPORT (BIKE / CAR) AGAR LOKASI JEMPUT DAN LOKASI ANTAR TEPAT

Om Bro / Sista…!! Kebetulan hingga saat artikel ini dibuat, di kota Mtb (Banjar Patroman) untuk Grab Food baru tersedia 1 outlet. Maka kali ini Mtb akan fokus dulu pada Grab Transportasi.

. Memilih menu transportasi

Sista / Om Bro… Pada saat Om Bro hendak memesan, pastikan kotak pilihan di tengah atas telah menunjukkan pilihan transportasi.

cara order grab
Tampilan awal aplikasi pemesanan Grab

Jika yang muncul adalah menu kurir (Grab Express) atau menu makanan (Grab Food), maka klik pada pilihan tersebut. Kemudian akan muncul pilihan dan pilih menu “transportasi”.

. Memilih jenis transportasi

Setelah terpilih menu transportasi, maka akan muncul pilihan jenis transportasi, di antaranya Grab Bike, Grab Car, Grab Car 6-seater dan lain-lain.

Pilih salah satunya sesuai kebutuhan sista / Om Bro.

. Tentukan lokasi penjemputan

Langkah cara order Grab berikutnya adalah menentukan lokasi penjemputan.

Pada saat membuka aplikasi pemesanan Grab, biasanya GPS akan secara otomatis berada di posisi kita. Namun ada kalanya juga posisi GPS tidam akurat dengan lokasi kita yang sebenarnya. Jadi dibagian ini Sista / Om Bro harus faham map agar dapat membuat lokasi penjemputan yang akurat.

Resiko jika titik pemesanan tidak tepat adalah driver jadi lebih lambat perjalannya pada saat penjemputan.

Jika Sista / Om Bro sudah yakin akurat dengan deteksi otomatis aplikasi Grab dalam hal lokasi jemput, maka Sista / Om Bro dapat langsung saja memasukkan lokasi tujuan. Namun jika lokasi jemputnya tidak akurat, Om Bro harus mengaturnya sedemikian rupa sehingga lokasi penjemputan menjadi sesuai posisi Om Bro yang sebenarnya.

. Memasukkan lokasi / alamat penjemputan

Perhatikan bahwa titik bulat biru kecil adalah lokasi kita berada berdasarkan deteksi GPS, sementara bulatan biru besar yang ada “paku-nya” adalah titik jemput yang akan muncul di aplikasi Grab.

Jika titik bulat biru kecil dan bulatan biru berpaku sudah menyatu, maka berarti lokasinya sudah tepat dan Om Bro / Sista tinggal melanjutkan pengisian lokasi antar. Namun jika kedua bulatan biru berjauhan, maka Om Bro harus mendekatkan keduanya.

cara order grab
Tampilan jika deteksi GPS tidak sama dengan deteksi lokasi menurut aplikasi pemesanan Grab

Cara pertama, Sista / Om Bro dapat mengetikkan nama lokasi terdekat. Misalnya nama toko, nama Mesjid, SPBU atau tempat-tempat lain di sekitar lokasi Sista / Om Bro.

Cara kedua, Sista / Om Bro dapat menggunakan pilihan menu, “tentukan titik di peta”.

cara order grab
Tampilan saat hendak memasukkan lokasi penjemputan

Setelah memilih menu tentukan titik di peta, maka perbesar (zoom) tampilan map dan geser bulatan biru berpaku ke titik bulat biru kecil. Atau Om Bro dapat juga mengklik icon GPS di sudut kanan atas tampilan map.

Setelah kedua titik menyatu, kemudian pilih “konfirmasi” pada kotak dialog warna hijau di bagian bawah.

cara order grab
Menentukan lokasi penjemputan dengan deteksi GPS

Perlu di ketahui bahwa kotak konfirmasi hanya bisa di klik saat warnanya sudah hijau. Jika masih abu-abu, artinya lokasi belum terdeteksi.

. Memasukkan lokasi tujuan

Input lokasi tujuan dengan klik pada kotak “mau ke mana?”. Ketikkan nama tempat / alamat tujuan yang tepat.

cara order grab
Memasukkan lokasi tujuan

Sista / Om Bro juga dapat menentukan lokasi tujuan dengan cara “tentukan titik di peta” seperti penjelasan Mtb di atas tadi.

cara order grab
Memasukkan lokasi tujuan dengan ketik alamat

Pahami bahwa lokasi tujuan di map di tandai dengan balon lonjong berwarna merah tua. Jadi tidak berwarna biru seperti lokasi titik penjemputan.

cara order grab
Memasukkan lokasi tujuan dengan “tentukan titik di peta”

Klik “konfirmasi” jika balon merah sudah tepat di tujuan kita.

cara order grab
Tampilan setelah menentukan lokasi penjemputan dan lokasi tujuan

Setelah lokasi penjemputan dan lokasi antarnya tepat, kemudian klik “pesan” pada pilihan dialod di bagian bawah. (Mtb – Cara order Grab)

2 tanggapan untuk “Cara Order Grab Agar Lokasi Penjemputan dan Lokasi Antar Akurat

  • 30 Agustus 2018 pada 06:44
    Permalink

    Jika mau nambah nama tempat tempat tujuan gimana Kak..di maps sudah ada nama tempatnya..tapi di grab tidak tampil nama tempat itu..terima kasih..

    Balas
    • 30 Agustus 2018 pada 07:16
      Permalink

      Secara normal, seharusnya nama tempat yang ada di Google Map harusnya bisa terdeteksi oleh aplikasi grab.

      Sejauh ini sy belum mendapatkan solusi secara langsung. Biasanya, kalau ada selisih antara Google Maps dengan aplikasi Grab, sy laporkan pada staff Grab di wilayah sy untuk diperbaiki.

      Tapi itu status sy sebagai driver… Jadi bisa lebih mudah berkomunikasi dengan staff Grabnya itu sendiri. Kalo untuk komunikasi sebagai konsumen, sy belum mendapatkan cara yang efektif.

      Coba cari solusinya pada menu bantuan (help center) di aplikasi. Jika tidak ada solusi, coba kirim email ke:

      support.id@grab.com

      Atau ngobrol via twitter di:

      @GrabID

      Balas

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: