Cara Menyetel Langsam Motor Injeksi dan Karbu untuk Motor Matic

Motorisblog.com – Beberapa bulan yang lalu Mtb pernah menuliskan tips mengenai motor matic injeksi mati mendadak. Kali ini Mtb akan sedikit share perkara hal yang masih berhubungan, yakni cara menyetel langsam motor injeksi dan karbu, khususnya untuk motor matic.

Kasus ini Mtb alami pada motor Honda Spacy FI, tapi jika Mtb intip motor Beat FI eSP dan Vario pun cara settingnya sama. Namun berbeda dengan Mio Sporty karbu 2010 yang pernah Mtb coba setting langsamnya.

Perkara langsam sepertinya hal kecil, tapi bisa menjadi kesulitan bagi Om Bro atawa Tante Sist yang tidak memahaminya. Apalagi yang belum tahu bahwa cara setting angin gas (langsam) motor Honda adalah terbalik dibanding motor Yamaha.

Ya sudah… kita langsung ke TKP…

Cara menyetel langsam motor matic injeksi Honda

Awal gejalanya, mesin motor mati setiap kali putaran gas ditutup. Kemudian bisa dihidupkan kembali, tapi kembali mati saat grip gas dilepas. Intinya, tidak bisa stasioner atawa langsam.

Mtw coba setting / setel ulang suplai anginnya, dan berhasil. Tapi yang Om Bro perlu ketahui, bahwa perubahan setelan angin untuk mesin injeksi perlu waktu untuk penyesuaian. Artinya, saat kita putar baut setelannya menggunakan obeng, efeknya tidak akan langsung berubah. Putaran langsamnya masih akan sama hingga beberapa menit setelah penyetelan dilakukan.

Berbeda dengan mesin karburator dimana putaran langsam langsung berubah mengikuti putaran obeng yang kita pegang.

Oke, langsung ke langkah-langkahnya,

– pertama Om Bro buka bagasi motor matic Honda punya Om Bro. Jangan buka milik orang lain atau Om Bro akan diteriaki “maling…!!” Jiahahaha…!!

menyetel langsam motor injeksi

Disitu ada lubang yang dibuat khusus untuk penyetelan langsam motor. Biasanya tertutup oleh penutup pop up semacam knop. Om Bro raba saja sambil dilihat dengan teliti. Mtb yakin, urusan meraba lubang, Om Bro pasti mahir. Jiahahaha…!!

Jangan ngeres ya…

– setelah lubangnya ketemu, masukkan mata obeng dan arahkan pada baut penyetelnya,

– intiplah melalui kolong untuk memastikan mata obeng mengarah tepat pada baut penyetel angin,

menyetel langsam motor matic

(Tapi jangan perhatikan foto ini yang joroknya bukan main kolongnya kotor banget. Waakakakak…!! Urusan kebersihan motor, Mtb memang jorok. Jangan sekali-kali Om Bro tiru joroknya Mtb. Wkwkwkwkek…!!)

– putar baut tersebut kekanan (searah jarum jam) hingga mentok,

Posisi mentok kekanan tersebut adalah posisi menutup, yakni tidak ada suplai angin yang masuk kedalam campuran bahan bakar.

– kemudian, putar sekrup (baut) tersebut kembali kearah kiri. Banyaknya sekira 2 hingga 2,5 putaran (satu putaran adalah 360 derajat). Mtb menggunakan 2,5 putaran untuk Honda Spacy FI kesayangan.

– terakhir, hidupkan mesin dan tahan dulu putaran gasnya sekira 2-3 menit, atau jalankan motor sekira jarak 500 meter

Diawal, perubahannya tidak langsung terasa. Mesin masih tetap tidak bisa langsam dan mati saat grip gas dilepas. Mtb baru merasakan perubahan setelannya setelah motor menempuh jarak sekira 500 meter.

Cara menyetel langsam motor matic karbu Yamaha (Mio Sporty karbu 2010)

Pada dasarnya hampir sama dengan cara menyetel langsam motor matic Honda injeksi, tapi ada beberapa hal yang harus Om Bro pahami, yaitu,

– lubang penyetel langsam Mio karbu tidak bundar, melainkan pipih memanjang,

– posisi baut penyetel tidak tepat dibawah lubang, melainkan agak menjorok kedepan sehingga posisi obeng agak miring (obeng tidak berdiri tegak),

– terakhir yang terpenting, arah putaran sekrup berlawanan dengan Honda. Detailnya begini,

** pada matic injeksi Honda, putaran searah jarum jam adalah menutup suplai angin aka mengecilkan langsam. Sebaliknya,, putaran kekiri (berlawanan dengan jarum jam) adalah untuk memperbesar langsam (memperbanyak suplai angin)

** sedangkan pada Mio karbu, sebaliknya. Arah kanan memperbesar langsam, dan putaran kearah kiri untuk memperkecil langsam (stasioner).

Nah, Om Bro… diatas itu cara menyetel langsam mesin motor matic yang pernah Mtb lakukan. Tapi perlu diingat bahwa penyetelan yang Mtb lakukan hanyalah mengandalkan feelling, tanpa alat ukur apa pun.

Bagi Om Bro yang sekira tidak yakin dengan hasil setting Om Bro sendiri, lebih bijak dikonsultasikan dengan bengkel yang terpercaya.

Dan perlu Om Bro ketahui bahwa mesin yang tidak bisa langsam dapat juga dipengaruhi oleh faktor lain yang (mungkin) justru lebih berat. Misalnya karena setelan / setting klep yang tidak tepat, klep mampet dan perlu skir, ruang bakar menumpuk kerak, setting karburator tidak tepat dan kemungkinan-kemungkinan yang lain. Jadi, jika cara penyetelan langsam aka stasioner seperti diatas tidak membuahkan hasil, jalan terbaik adalah masuk ke bengkel terpercaya.

Tinggalkan Komentar