Cara Menyalakan Motor Matic yang Sudah Lama Tidak Dipakai

Motorisblog.com – Cara Menyalakan Motor Matic yang Sudah Lama Tidak Dipakai – Om Bro…!! Pada 6 tahun yang lalu, Mtb pernah meninggalkan motor di kontrakan selama seminggu lantaran Mtb tinggalkan mudik untuk menikahi calon mamahnya anak-anak. Dan ternyata, ketika Mtb kembali ke kontrakan lagi di Tangerang, pas mau pakai motor, eh si mesin susah hidup… Setelah bolak-balik di engkol, barulah mesin menyala.

Ketika itu Mtb buru-buru, udah ngebet pengen kawin (wkwkwkwk…) sampai-sampai lupa prepare motor sebelum ditinggal pulang…

Om Bro… Dari apa yang pernah Mtb baca dari buku petunjuk manual Honda Spacy FI dan Supra Fit X, ada anjuran bahwa ketika motor akan tidak digunakan selama 1 minggu atau lebih, maka sebaiknya lepaskan kabel negatif dari battery alias accu alias aki. Tujuannya supaya aki tidak ngedrop ataupun rusak. Karena, ketika konektor negatif tidak dilepas, sejatinya listrik dari aki tetap mengalir tanpa pengisian ulang lantaran mesin tidak menyala.

Juga disarankan untuk menggunakan standar tengak dan gunakan ganjal roda supaya ban tidak menempel ke lantai. Sayangnya tidak ada keterangan secara teknis, apa akibatnya jika tidak menggunakan standar tengah dan ban tidak diganjal agar tidak menyentuh lantai. Hanya saja, menurut hasil sharing dari beberapa rekan bikers, konon katanya, jika motor selalu menggunakan standar samping, maka ada kecenderungan suspensi akan lebih cepat mati sebelah (kiri).

Cukup masuk akal sih ya… Logikanya, dengan standar samping, maka beban lebih bertumpu pada sebelah suspensi. Maka wajar saja jika dalam jangka panjang dapat berakibat seperti di atas.

Cara Menyalakan Motor Matic yang Sudah Lama Tidak Dipakai

Nah, Om Bro… Setelah mengetahui cara penyimpanan motor sebelum ditinggalkan untuk waktu yang lama, maka Om Bro juga perlu mengetahui prepare motor setelah lama tidak dipakai.

Sebenarnya hal ini lebih berlaku untuk semua motor sih ya… jadi, bukan hanya berlaku untuk motor matic saja.

Om Bro… Untuk menghindari kerusakan komponen mesin setelah motor tidak digunakan dalam waktu lama, Asisten Manajer Technical Training PT Daya Adicipta Motora, Ade Rohman kepada Viva memberikan beberapa tips-nya.

Untuk motor dengan mesin karburator, disarankan untuk melonggarkan screw di bawah mangkuk karburator terlebih dulu sebelum mulai menyalakan mesin. Tujuannya adalah supaya bahan bakar yang telah kotor terbuang dahulu…

Setelah itu, engkol (selah) kick starter beberapa kali dengan posisi kontak masih off. Tujuannya ialah untuk mengalirkan bahan bakar bersih dari tangki ke dalam mangkuk karburator, juga untuk mengalirkan oli (pelumas) supaya melumasi komponen-komponen di dalam mesin. Pasalnya, setelah lama tidak digunakan, maka oli mesin mengendap di dalam blok mesin sehingga komponen-komponen yang tidak terendam oleh oli pun menjadi tidak terlindungi.

Langkah selanjutnya adalah, nyalakan mesin dengan chooke (cuk) berada pada posisi terbuka maksimal. Namun jangan lupa untuk menyambungkan terlebih dulu kabel negatif pada aki yang sebelumnya di lepas ketika motor akan ditinggalkan.

Disarankan menghidupkan mesin untuk pertama kalinya menggunakan engkol… dan setelah mesin menyala, maka segeralah menutup setengah tuas cuk.

Biarkan mesin berputar langsam selama beberapa menit, berulah kemudian tutup penuh cuk setelah stasioner (putaran langsam (idle)) berjalan stabil.

Poin tambahan bagi motor manual ialah, disarankan untuk melumasi rantai roda dan gear-nya sekaligus. Selain itu, cek dan pastikan tekanan angin ban berada pada posisi normal sesuai dengan anjuran pabrikan.

Nah, itu untuk motor karbu.

Lantas, bagaimana dengan mesin injeksi?

Caranya justru malah lebih mudah…

Untuk motor-motor bermesin injeksi, Om Bro hanya harus memasang kabel negatif pada aki, kemudian langsung hidupkan mesin dengan menggunakan starter engkol.

Sedikit tambahan, jika motor disimpan untuk waktu yang sangat lama, maka sebaiknya ganti oli mesin sebelum menggunakan motor tersebut kembali. Soale, kualitas oli tetap menurun meski motor tidak digunakan untuk jangka waktu yang lama. Dan seperti yang kita sekalian tahu, tanpa pelumasan yang baik, maka mesin akan cepat ambrolll….

Kemudian, tambahan lagi… Untuk motor-motor yang mengguanakan auto chooke (cuk otomatis), tentu tidak perlu memusingkan cara menggunakan cuk. Cuku start saja, maka sistem otomatis yang akan mengatur sendiri cuk-nya. (Mtb – Cara Menyalakan Motor Matic yang Sudah Lama Tidak Dipakai).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: