Cara Mengunci Jaringan 4G Samsung J2, Internet Kenceng Terus Om…

Motorisblog.com – Om Bro…!! Sebelum ini Mtb sudah pernah mengulik cara mengunci jaringan 4G Samsung J2 dengan langkah manual di *#0011#… Tapi Mtb rasa ribet langkah-langkahnya. Akhirnya Mtb lari saja ke Playstore, cari aplikasi pihak ketiga yang bisa membantu niatan Mtb…

Patut Om Bro pahami sebelumnya, bahwa langkah yang Mtb gunakan ini bukanlah cara agar jaringan 4G full. Bukan begitu maksudnya Om…

Maksud mengunci jaringan 4G di Samsung ini adalah untuk memaksa supaya koneksi internet kita tetap berada pada jaringan 4G LTE dan tidak berpindah pada 3G/HSPA/H+ atau bahkan EDGE/2G. Yang artinya ialah bahwa aplikasi ini hanya dapat bekerja pada area yang tercover jaringan 4G, meskipun kekuatan jaringannya lemah.

Maksudnya begini Om… Supaya lebih jelas, Mtb kisahkan dengan contoh saja…

Di rumah mertua Mtb di Lemahneundeut – Sukajaya – Tanjungjaya – Cisaga, Ciamis – Jawa Barat, jaringan 4G untuk operator provider Telkomsel sangat lemah. Ada tapi lemah… Jadi ketika Mtb berkunjung ke rumah mertua, disana Mtb sulit mendapatkan jaringan 4G. Sementara kita tahu, bahwa ketika di suatu area jaringan 4G-nya lemah, maka ponsel akan secara otomatis menyambungkan jaringan data kita ke level yang lebih rendah, dimana sinyal jaringannya lebih kuat.

Dan seperti yang kita tahu, bahwa setting ponsel pada umumnya tidak menyediakan pengaturan pada 4G saja. Yang ada ialah setting 4G/3G/2G (sambung otomatis). Karena itulah jaringan akan secara otomatis turun ke level yang lebih rendah ketika ponsel menilai bahwa jaringan 4G yang tersedia dianggap tidak layak.

pengaturan jaringan internet samsung j2 prime

Padahal setelah Mtb jajal, selemah-lemahnya jaringan 4G tetap masih menjadi yang terkuat, khususnya untuk operator Telkomsel di wilayah yang Mtb sebutkan di atas (di rumah mertua Mtb).

Nah, seperti yang telah Mtb singgung di atas, sebelum ini Mtb sudah pernah menjajal nengunci jaringan 4G J2 Prime dengan cara manual *#0011#. Namun cara tersebut Mtb anggap ribet. Maka Mtb cari cara lain dengan aplikasi pihak ketiga yang Mtb dapat dari Google Playstore.

Nah, sebelum kita masuk pada langkah-langkah cara mengunci jaringan 4G agar tidak berubah, sebaiknya Om Bro pahami dulu beberapa catatan berikut ini,

1. Aplikasi yang Mtb gunakan adalah ‘4G LTE Switcher‘. Ada banyak sih aplikasi serupa di Playstore, namun setelah melalui beberapa tahapan seleksi, akhirnya Mtb memutuskan untuk memilih aplikasi ini.

2. Ketika Om Bro mengunci jaringan pada sinyal 4G, maka nomor ponsel yang Om Bro gunakan untuk koneksi internet tidak dapat digunakan untuk menelepon atau pun menerima telepon. Hanya bisa digunakan untuk koneksi internet dan kirim-terima SMS saja.

Betul Om… Hingga saat ini jaringan 4G belum bisa berjalan bersamaan dengan panggilan telepon. Karena itulah setting bawaan ponsel secara default belum ada pilihan untuk mengunci jaringan 4G saja. Yang ada hanyalah pilihan ‘Sambung Otomatis‘.

Dengan pilihan sambung otomatis, maka setting ponsel akan secara otomatis beralih pada 3G/H+/2G ketika ada panggilan telepon masuk/keluar. Karena hanya dengan jaringan-jaringan tersebutlah panggilan telepon dapat berjalan bersamaan.

3. Aplikasi ini (cara mengunci jaringan 4G) hanya akan bekerja di daerah yang tercover sinyal 4G LTE, meskipun jaringan 4G-nya lemah. Jadi Om, aplikasi ini tidak akan bekerja jika memang di area Om Bro sama sekali tidak tercover jaringan 4G.

4. Dengan mengunci jaringan pada jalur 4G, maka konsumsi baterai ponsel menjadi lebih boros. Karena jaringan 4G LTE membutuhkan daya yang lebih besar dibanding 3G/2G (UMTS / HSPA / H+ / WCDMA/ EDGE / GPRS).

5. Cara mengunci jaringan 4G ini amat bermanfaat ketika Om Bro memiliki kuota 4G namun tidak pernah terpakai gegara area Om Bro hanya tercover oleh jaringan 4G yang lemah.

6. Cara apa pun tidak akan bekerja jika pada dasarnya smartphone milik Om Bro belum mendukung jaringan 4G. Jadi pastikan dulu bahwa ponsel Om Bro memang mendukung.

7. Untuk cara menggunakan aplikasi pihak ketiga ini, tidak semua ponsel terdukung. Jadi Om Bro jajal download dulu saja, nanti lihat apakah ponsel Om Bro terdukung atau tidak.

Mtb menggunakan Samsung J2 Prime dan hasilnya lancar jaya.

8. Karena masalah jaringan 4G yang tidak sejalan dengan jalur telepon, maka cara ini hanya cocok dalam situasi urgent saja. Yaitu jika jaringan 4G di area Om Bro memang lemah dan perlu dikunci.

Sedangkan untuk wilayah yang punya koneksi 4G bagus, maka Om Bro tidak perlu mengunci jaringan. Biarkan saja berjalan secara otomatis sesuai dengan standar setting bawaan ponsel.

Hokeh… Kalau Om Bro sudah yakin mau menjajalnya, kita cekidot bae langsung sekarang…

Cara Mengunci Jaringan 4G Android Samsung J2 Prime

1. Pertama Om Bro download dulu aplikasi ‘4G LTE Switcher‘ di Playstore.

4g lte switcher playstore

2. Setelah aplikasi terpasang, buka aplikasinya. Akan ada banyak pisan keterangan data yang Mtb tidak faham artinya.

Salah dua dari data yang muncul adalah nomor IMEI ponsel dan nama operator provider yang Om Bro gunakan. Selebihnya Om Bro lihat sendiri saja. Mtb ngga banyak faham dengan semua data-data yang muncul.

Pokoke intinya, di halaman ini Om Bro scroll ke bawah hingga Om Bro temukan kolom yang ada tanda panah dropdown.

setting 4g lte switcher

Secara default, setting yang terpilih di kolom tersebut adalah LTE/GSM auto (PRL). Itu setting standar dari bawaan ponsel… Untuk merubahnya, Om Bro sentuh pada ‘icon tanda panah dropdown‘ yang tersedia. Nanti akan muncul beberapa tombol pilihan, kemudian Om Bro pilih tombol ‘LTE Only‘.

setting 4g lte switcher

Selesai… Mudah kan?? Sekarang koneksi internet Om Bro tancap gas di jaringan 4G tanpa berpindah ke jaringan 3G atau pun 2G. (Mtb).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: