Cara Menghindari Blind Spot Saat Berkendara, Kenapa Kita Harus Menghindari Blind Spot…??

Motorisblog.com – Om Bro…!! Sekedar tips singkat yang Mtb ciduk dari notifikasi aplikasi Grab Driver dan Mtb gabungkan dengan informasi dari sumber lain, termasuk Wikipedia. Yaitu tentang cara menghindari blind spot saat berkendara, dan penjelasan perkara kenapa kita harus menghindari blind spot.

Titik buta atau blind spot adalah area yang tidak terlihat oleh pengemudi mobil / truk, baik melalui pandangan langsung atau pun melalui spion. Karenanya, sangat berbahaya jika pemotor masuk ke area tersebut.

Hal yang juga penting untuk Om Bro sekalian ketahui adalah bahwa blind spot truk pada umumnya lebih besar ketimbang blind spot mobil kecil. Karenanya, tingkat bahay titik buta truk pun lebih tinggi dibanding mobil-mobil penumpang. Karena sopir truk tidak dapat melihat keberadaan Om Bro dengan jelas ketika Om Bro masuk ke titik buta truk. Sebab itulah banyak kasus kecelakan yang terjadi lantaran pemotor berkendara di titik buta mobil / truk.

Area Titik Buta atau Blind Spot

Titik buta ialah area di sekeliling kendaraan yang tidak terlihat oleh pandangan pengemudi. Misale karena tidak masuk dalam jangkauan cermin spion atau pun terhalang muatan.

Area blind spot pada tiap-tiap kendaraan bisa berbeda-beda, tergantung tipe kendaraannya masing-masing. Diantaranya sebagai berikut,

. Mobil penumpang, area kiri-kanan kendaraan yang tidak terjangkau pandangan spion
. Mobil box / truk / truk container, bagian belakang mobil karena tidak ada spion tengah
. Bus / truk, kiri-kanan-depan yang posisinya lebih rendah
. Truk trailer / container, area samping dan belakang saat berbelok arah

Upaya Mengurangi Efek Blind Spot

Biasanya truk-truk besar telah berupaya mengurangi titik buta dengan memasang cermin spion cembung demi memperluas jangkauan pandangan. Selain itu kadang mereka juga menggunakan beberapa spion sekaligus disatu sisi.

Pada mobil-mobil van (minibus), ada pula yang menggunakan cermin dibelakang untuk memantulkan bayangan ke spion tengah. Dan yang lebih modern, mobil-mobil canggih jaman now telah pula menggunakan kamera video dan memantau gambarnya via layar di dashboard mobil.

Masih ada lagi fitur modern semisal sensor jarak. Bahkan yang lebih canggih lagi, sensor jarak yang terintegrasi rem otomatis.

Cara Menghindari Blind Spot Saat Berkendara

Om Bro…!! Meskipun pada beberapa mobil / truk telah diberikan alat pembantu untuk mengurangi efek titik buta, namun kita sekalian para pemotor musti tetap waspada. Sebisa mungkin hindari area gelap tersebut karena imbasnya bisa sangat berbahaya.

Berikut ini beberapa tips sederhana untuk menghindari blind spot,

. Tetaplah berada di zona terbuka, jangan melalui celah diantara mobil satu dengan mobil lainnya
. Waspadai kondisi jalan, hindari berkendara didekat mobil-mobil besar. Usahakan untuk bisa melampauinya, atau menjauhinya sekalian
. Pastikan situasi benar-benar aman ketika akan menyalip. Perhatikan keberadaan kendaraan lain di depan, dan lihat spion untuk memastikan bahwa arah belakang telah aman
. Hindari menyalip dari sisi kiri
. Nyalakan sein sebelum mulai menyalip kendaraan lain
(Mtb).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: