Cara Menggunakan GPS Saat Berkendara Agar Aman

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro! Hal yang sepele ini bisa jadi berbahaya, terutama bagi pengendara motor. Mtb pernah merasakannya sendiri saat dulu masih menjalani pekerjaan sebagai driver ojek online. Karena itulah Mtb mencari-cari tips perkara cara menggunakan GPS saat berkendara.

Advertisement

GPS, alat yang seharusnya membantu perjalanan Om Bro sekalian justru dapat menimbulkan kecelakaan jika tidak Om Bro gunakan secara bijak. Dan jika terjadi kecelakaan kemudian Om Bro kedapatan oleh Polisi, maka selain kerugian kecelakaan, Om Bro juga bisa kena tilang.

Yup. Menurut Andry Berlianto, instruktur Rifat Drive Labs kepada detikOto, bahwa mengendarai motor haruslah dengan konsentrasi penuh.

Tapi tidak hanya untuk pengendara motor saja. Hal ini juga berlaku untuk pengendara mobil.

Tampilan Google Maps

Sebelum ini Mtb sudah pernah menuliskan tentang mendengarkan musik dan merokok saat berkendara, yang intinya sama, yaitu mengganggu konsentrasi. Maka dari itu jangan sekali-kali Om Bro memasukkan alamat atau melihat GPS sambil jalan atau pun aktifitas yang mengganggu lainnya, termasuk juga mengobrol dengan pengendara lain sambil berkendara.

Cara Menggunakan GPS Saat Berkendara

Nah Om, berikut ini tips menggunakan GPS yang aman untuk pemotor menurut Andry.

Advertisement
  • Periksa tujuan sebelum berkendara, cek arah barat, timur, utara dan selatan
  • Pastikan Om Bro memahami jalan-jalan utama serta patokan-patokan besar semisal rumah sakit, SPBU, patung, gedung dan lain-lain
  • Pakailah mode suara untuk penunjuk jalan dan tetap ingat patokan-patokannya

Ada kalanya petunjuk GPS kurang akurat dan malah menujukkan jalan yang memutar jauh.

  • Jika mau cek GPS lagi, maka segera menepi

Jangan memantau GPS sambil melaju.

  • Maksimalkan fungsi-fungsi dalam GPS itu sendiri dalam hal menghitung jarak tempuh dan menyiasati kemacetan

Mtb faham sih. Terkadang sebagai driver ojol, kita harus bergerak cepat saat hendak menjemput pelanggan. Tapi meskipun begitu, tetap kita tidak boleh lalai atas keselamatan berkendara.

Mtb sendiri setiap kali menerima order saat melaju, Mtb selalu menepi dulu. Takutnya kalau berhenti mendadak, kita bisa kena seruduk kendaraan lain dari belakang.

Cara seperti itu tentu harus pula dengan kecepatan rendah. Karena mustahil bagi kita untuk menggunakan GPS sambil berkendara dengan kecepatan tinggi. (Mtb).

Advertisement

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *