Cara Menerima Grabfood, dari Masuk Order Sampai ke Konsumen

Motorisblog.com – Om Bro…!! Cara menerima Grabfood tidaklah sesederhana menerima pesanan Grabbike. Langkah-langkahnya lebih kompleks beberapa tahap dibanding Grabbike dan Grabexpress, …sehingga waktu penyelesaiannya pun jadi lebih lama.

Tapi pun begitu, ada kompensasi untuk Om Bro atas waktu yang terpakai selama terima orderan Grabfood, yakni berupa poin dan ongkos yang lebih besar dibanding order Grabbike.

Iya Om… Jika ongkos jarak dekat untuk Grabbike hanyalah Rp4000, maka untuk Grabfood ialah Rp8000. Selain itu, poin berlian untuk Grabbike hanyalah 10 poin, sedangkan untuk Grabfood mendapat 30 poin di jam normal dan 40 poin di jam sibuk.

Nah, khususnya untuk Om Bro sekalian yang masih baru pisan sebagai driver Grab, Mtb kira perlu share cara terima Grab Food, langkah-perlangkahnya.

Hokeh… Berikut ini panduan terima order Grabfood…

1. Terima Order Grabfood
Pada saat penerimaan awal, pada dasarnya sama dengan terima order Grabbike atau pun Grabexpress, yaitu bisa secara manual atau pun auto accept.

Nah, ketika orderan masuk, perhatikan disudut kiri di atas map/di bawah alamat order akan ada tulisan Grabfood. Sedangkan di menu bar bawah, sebagian sama dengan Grabbike, ada icon menu ‘Telepon‘ dan ‘Chat‘, dengan tambahan menu bar ‘Orderan‘.

grabfood

Klik bar menu ‘Orderan‘ untuk melihat detail pesanan dari konsumen.

grabfood

Jangan lupa untuk selalu memastikan bahwa order tersebut bukanlah order fiktif. Caranya, Om Bro chat dulu pemesannya. Pastikan pemesan merespon chat dari Om Bro dengan baik.

Lebih bagus lagi lakukan panggilan telepon. Pastikan bahwa pemesannya dapat dihubungi dan konfirmasi pesanannya dengan benar.

Namun jika sekiranya butuh pulsa banyak untuk menelpon (misalnya karena beda operator seluler), maka Mtb kira respon yang baik via chat saja sudah cukup.

Jika dirasa perlu, Om Bro dapat juga menelfon pihak restoran. …caranya dengan klik icon menu ‘Telepon‘. Disitu akan muncul pilihan: ‘Anda mau menelpon siapa?‘. Kemudian pilih ‘Restoran

grabfood

2. Sampai Restoran
Setelah tiba di restoran yang dimaksud, Om Bro klik tombol ‘Saya Sudah di Restoran‘ (atau semacamnya). Kemudian klik lagi menu ‘Orderan‘ atau klik pada tombol ‘Lihat Ringkasan Pesanan‘ dan perlihatkan pesanannya pada pelayan restoran tersebut.

Setelah itu Om Bro tunggu sampai pesanannya selesai dibuat…

3. Setelah Pesanan Selesai
Setelah Om Bro menekan tombol ‘Lihat Ringkasan Pesanan‘, selanjutnya akan muncul tombol ‘Saya Sudah Pesan‘. Dan jika Om Bro klik tombol tersebut, selanjutnya akan muncul tombol ‘Saya Sudah Bayar‘.

Semestinya tombol-tombol tersebut di klik sesuai dengan tahapannya/sesuai kondisi saat itu. Namun dari yang pernah Mtb alami, jika setelah klik tombol ‘Saya Sudah Pesan‘, kemudian layar HP padam atau pun Mtb membuka aplikasi lain (misalnya main game supaya tidak jenuh), maka nanti tombolnya akan kembali lagi pada ‘Saya Sudah Pesan‘.

Jika Mtb berulang-ulang menutup layar aplikasi atau pun menutup layar HP, maka tombol itu pun akan muncul berulang-ulang.

Maka kemudian Mtb pilih untuk tidak menekan tombol ‘Saya Sudah Pesan‘. Mtb tekan nanti setelah orderan selesai dibuat, jadi langsung lanjut ke tombol ‘Saya Sudah Bayar‘.

Ketika muncul tombol ‘Konfirmasi‘, klik tombol tersebut.

Note:
Untuk memperlihatkan kode pemesanan (misalnya ADR-234… …) kepada pelayan/kasir restoran, di tampilan depan pilih menu ‘Lainnya‘ di sudut kanan bawah.

grabfood

4. Foto Struk
Setelah Om Bro klik tombol ‘Saya Sudah Bayar‘, berikutnya akan muncul layar permintaan foto struk. Om Bro tap pada icon kamera (di tengah, berwarna hijau)

grabfood

Selanjutnya Om Bro foto struknya (lebih baik dengan background makanan yang dipesan), dan pastikan hasil fotonya jelas…

grabfood

Jika fotonya buram, Om Bro bisa ulangi dengan memilih menu ‘Ambil Ulang‘. Jika fotonya sudah jelas, Om Bro tinggal klik pilihan menu ‘Kirim‘.

5. Mengirim Pesanan
Setelah foto struk, Om Bro tinggal mengantarkannya ke alamat tujuan.

Sesampainya di lokasi tujuan, Om Bro tinggal klik tombol ‘Saya Sudah Sampai‘. Jika dirasa perlu, Om Bro bisa menghubungi pemesan via chat, telepon atau pun via SMS.

Pamungkasnya, Om Bro tinggal selesaikan pekerjaan seperti biasa. …seperti pada order Grabbike atau pun Grabexpress.

Nah Om… Begitulah cara terima pesanan Grabfood. Jangan bingung-bingung. Nantinya Om Bro juga bakal terbiasa dan tidak kaku lagi. (Mtb).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: