Cara Mencuci dan Merawat Helm Full Face Agar Tidak Bau

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro…!! Selama ini kebanyakan orang lebih suka merawat helm full face pada layanan jasa pencucian helm. Utamanya jika helmnya ialah helm mahal. Padahal ada cara yang lebih praktis dan lebih hemat dengan merawatnya sendiri.

Advertisement

Om Bro…!! Masalah paling umum yang sering kita temui pada helm ialah munculnya bau apek. Betul…??

Nah, disini Mtb akan share cara mencuci dan merawat helm agar tidak bau apek meskipun sering kehujanan dan kena keringat.

Yup… Bener pisan Om… Merawat helm yang baik tidak selalu harus melalui jasa perawatan / pencucian helm saja. Om Bro juga bisa melakukannya sendiri di rumah.

Om Bro…!! Dilihat dari fungsinya, helm full face memang relatif lebih aman dalam perlindungan. Namun demikian, helm tutup tersebut punya kelemahan dimana ia cenderung lebih mudah bau, utamanya saat terlalu lama di pakai sehingga banyak terkena keringat, juga saat sering kehujanan.

Dan jika kondisi seperti itu terus dibiarkan, lama-kelamaan bisa muncul jamur atau pun kuman-kuman penyakit lainnya didalam helm.

Untuk menghindari hal itu, maka helm harus dirawat dengan baik. Cara sederhananya ialah dengan membuka visor (kaca helm) setiap habis digunakan. Tujuannya supaya ada sirkulasi udara ke di dalam helm.

Advertisement

Selain membuka visor, juga disarankan untuk melepas padding, jika padding helm Om Bro bisa dilepas. (Executive Director RSV Helmet, Richard Ryan – Viva, 11/2/2019).

Kemudian jika dirasa perlu dicuci, maka cucilah. Namun tentunya Om Bro harus faham cara .encuci helm full face yang benar agar kualitas padding tidak rusak.

Salah satu kesalahan yang kadang dilakukan saat mencuci helm ialah dengan mencopot dan merendam padding di dalam air. Padahal dengan cara itu, nantinya ukuran busa akan berubah naik setengah tingkat.

Terus, bagaimana cara yang benar…??

Yang benar ialah cukup di lap / digosok paddingnya menggunakan kanebo. Dengan cara itu, keringat akan hilang dan helm pun cepat kering karena tidak terlalu basah saat dicuci.

Selanjutnya, jika dirasa perlu menggunakan parfum, maka jangan gunakan parfum yang wangi. Pasalnya, parfum yang wangi justru dapat menimbulkan rasa pusing saat helm digunakan. Pakailah parfum helm yang menyerap bau dan beraroma netral.

Jika setelah sekian lama dirasa padding sudah tidak nyaman, sebaiknya ganti paddingnya. (Mtb – Merawat helm full face).

Advertisement

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *