Cara Menambal Tangki Motor yang Bolong dengan Resin

Motorisblog.com – Om Bro…!! Bagi motor tua, “wadah bensin” kadang mengalami kebocoran. Karena itu Mtb bagi info cara menambal tangki motor yang bolong untuk Om Bro sekalian yang membutuhkannya.

Penyebab kebocoran tangki mungkin saja disebabkan oleh hal yang seharusnya hanya sepele. Namun karena Om Bro kurang memberikan perhatian, maka lama-kalamaan kerusakan bisa terjadi.

Dul Ahmadi, Pemilik dealer motor bekas ‘Tirta Motor’ di Jalan Pemuda, Bekasi, membagi tips menambal tangki motor yang bocor. Dia punya cara sendiri dalam rangka menambal tangki motor dengan resin. (Viva, 14/3/2019).

Menurut penuturan Dul atas pengalamannya, ada dua hal utama yang biasa menjadi penyebab kebocoran tangki motor, yaitu karena endapan kotoran dan/atau karena tangki motor sering kosong (jarang/tidak pernah di isi full tank).

Endapan kotoran jika lama dibiarkan dapat menimbulkan kerak yang pada akhirnya akan mengikis bahan tangki. Sedangkan tangki yang sering kosong, ia akan sering muncul uap air.

Uap air ini lambat-laun akan menimbulkan karat sehingga tangki menjadi keropos dan bocor.

Cara Ampuh Menambal Tangki Motor

Masih menurut Dul, ia biasa menggunakan lem fiberglass untuk menambal tangki yang bocor. Harganya sekira Rp15.000 – Rp17.000.

Caranya…

Pertama kosongkan, lepaskan, dan bersihkan tangki. Lap bersih pada area yang bocor dan berkarat.

Selanjutnya tuangkan/campurkan dua bahan lem (resin & katalis) dalam satu wadah. Kemudian tuangkan lem tersebut ke tangki. Jika sudah merata, jemur hingga kering. (Mtb – Cara menambal tangki motor yang awet).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: