4 Cara Memperbaiki Klakson Mati pada Motor

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro…!! Maksud dari cara memperbaiki klakson mati yang bakal Mtb tuliskan disini ialah hanya sekedar untuk mengetahui penyebab umumnya saja. Bukan bahasan detail perkara teknisnya…

Advertisement

Diciduk dari web resmi Suzuki Indonesia, berikut ini beberapa hal paling umum yang bisa menjadi penyebab klakson motor mati:

Cara Memperbaiki Klakson Mati (Mengetahui Penyebabnya)

1. Aki Lemah / Mati

Sebagai sumber kelistrikan, aki pada motor memiliki banyak fungsi. Salah satunya ialah membuat klakson berbunyi. Maka jika aki soak, suara klakson pun bakal melemah bahkan mati.

Tak hanya klakson, lampu-lampu pun jadi meredup gegara aki yang telah lemah.

2. Kabel Lepas / Putus

Yang paling umum biasanya ada dua kabel pada klakson, yaitu kabel plus dan kabel massa. Artinya jika salah satu atau kedua kabel tersebut lepas atau putus, maka jelas klakson pun tidak akan bersuara.

3. Baut Platina

Bukan platina yang jadi sumber pengapian pada motor-motor jaman old ya Om… Tapi baut platina di belakang klakson.

Pada umumnya sih baut platina jarang jadi penyebab klakson mati. Tapi pun begitu tidak ada salahnya di periksa. Barangkali posisinya berubah jadi tidak presisi.

4. Saklar pada Setang

Dulu Mtb pernah dua kali mengalami masalah pada saklar lampu sein. Iya Om… Saklar lampu sein sih… Bukan tombol klakson. Tapi Mtb kira potensi terjadi pada tombol klakson pun ada.

Masalahnya ialah kotoran atau karat, gitu Om…

Ketika itu Mtb ambil beberapa mililiter bensin… Kira-kira seperempat gelas lah gitu. Terus Mtb cabut saklarnya, kemudian direndam beberapa saat didalam bensin.

Advertisement

Setelah itu Mtb angkat saklarnya dari rendaman, di tiup-tiup & di angin-anginkan sampai kering, terus di pasang lagi. Dan… Beres… Saklar berfungsi normal lagi.

Nah, jika Om Bro mendapati masalah serupa itu, Om Bro juga bisa meniru cara Mtb.

Atau jika ada, supaya lebih aman, bersihkan saklar menggunakan cairan anti karat.

Atau jika Om Bro ngga mau ribet, bisa ganti saja saklarnya…

Untuk mengurangi potensi timbulnya karat pada saklar-saklar motor, usahakan motor untuk jangan terlalu sering kehujanan. Parkir motor di lokasi yang terlindung dari panas dan hujan.

Om Bro…!! Suara klakson amatlah penting sebagai tanda peringatan untuk orang lain. Penggunaan klakson diperlukan pada situasi tertentu, misalnya saat ada orang yang menyeberang jalan, saat ingin menyalip, atau pun saat Om Bro hendak berbelok.

Tanpa klakson, resiko kecelakaan pun bertambah besar. Utamanya jika Om Bro tengah berkendara dengan kecepatan yang relatif tinggi.

Wujud klakson memang kecil… tapi fungsinya sangat vital Om…

Pun begitu, kita harus bijaksana dalam menggunakan klakson. Jangan menggunakan klakson untuk mengintimidasi orang lain. Jangan mengumbar emosi di jalanan. Tetaplah santun… Karena emosi akan membuat kita tidak berfikir jernih, yang akhirnya dapat meningkatkan resiko kecelakaan lalu lintas. (Mtb).

Alasan Klakson Motor Honda Terbalik: Bukan Sekedar Style

Advertisement

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *