Jas hujan setelan jaket celana

3 Cara Memilih Jas Hujan yang Bagus dan Aman

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro! Mtb bagi cara memilih jas hujan yang bagus, supaya Om Bro tidak keliru dalam menentukan pilihan.

Advertisement

Yup. Tips memilih jas hujan yang baik ini penting karena erat kaitannya dengan keamanan alias keselamatan dan kenyamanan. Jadi perkara jas hujan terbaik itu bukan hanya sekedar jas hujan yang berkualitas, tapi juga yang memiliki sifat-sifat seperti berikut ini:

Cara Memilih Jas Hujan yang Bagus

1. Pilih Jas Hujan Model Setelan

Jas hujan setelan jaket celana

Banyak macam jenis jas hujan yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Jadi kali ini Om Bro harus jeli dalam menentukan pilihan yang tepat, mulai dari jenisnya hingga warnanya. Semua itu tentunya demi kenyamanan dan keamanan Om Bro sendiri maupun pengguna sepeda motor lainnya.

Jenis jas hujan yang baik dan aman adalah jas hujan model setelan, yaitu model atas berupa jaket dan setelah bawah berupa celana. Jas hujan model ini memudahkan Om Bro untuk bergerak dan membantu menutup seluruh bagian tubuh.

Model jas hujan setelan menjadi yang paling pas lantaran tidak mengganggu pengendara lain ataupun pembonceng. (Ludhy Kusuma, Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM) – via info pers (29/4/2020)).

Sebaiknya jangan menggunakan jas hujan jenis ponco.

Jas hujan ponco memang memiliki ukuran besar sehingga dapat melindungi tubuh pengendara dan pembonceng sekaligus. Namun jas hujan jenis ini memiliki resiko tersangkut pada kendaraan Om Bro sendiri atau bahkan tersangkut pada kendaraan lain sehingga dapat menyebabkan kecelakaan.

Advertisement

Selain itu, jas hujan tipe ponco juga dapat menghalangi pandangan pengendara lain ketika tertiup angin kencang.

2. Pilih Warna Terang

Warna jas hujan yang baik adalah warna yang cerah dan mencolok. Karena dengan warna seperti itu pengendara lain dapat dengan mudah melihat keberadaan kita sehingga menghindarkan kita dari resiko tabrakan.

Betul Om. Saat turun hujan, tingkat pengelihatan pengendara menjadi berkurang lantaran terhalang lebatnya curah air. Maka visibilitas alias keterlihatan haruslah ditingkatkan, salah satunya ialah dengan menggunakan jas hujan berwarna terang mencolok.

3. Pilih Jas Hujan yang Memiliki Protector (Tanda Menyala)

Selain warnanya yang terang, sebaiknya memilih jas hujan yang memiliki tanda pada bagian dada dan punggung.

Tanda tersebut biasanya menyala saat tersorot lampu kendaraan lain sehingga meningkatkan keterlihatan keberadaan kita dalam pandangan orang lain.

Om Bro. Selain jas hujan yang baik, berkendara motor juga wajib memakai kelengkapan keamanan, yaitu:

  • Helm
  • Masker
  • Jaket
  • Sarung tangan
  • Celana panjang
  • Sepatu

Semua perlengkapan itu berfungsi untuk melindungi tubuh dari cuaca kurang bersahabat dan resiko cidera jika terjadi kecelakaan.

Dengan jas hujan, kita bisa meminimalisir masuknya air yang mengenai tubuh dan pakaian, sehingga kita dapat terhindar dari resiko keselamatan dan kesehatan. (Mtb).

Advertisement

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *