Cara Membersihkan Visor Helm Agar Tidak Baret

Motorisblog.com – Om Bro…!! Tidak bisa sembarangan… Ada cara membersihkan visor helm yang disarankan supaya kaca tersebut tidak mudah baret.

Betul Om… Visor (kaca) helm berfungsi untuk melindungi wajah, utamanya mata. Karena itu kebersihannya harus dijaga dengan baik. Soale jika kaca helm kotor & baret-baret, otomatis pandangan mata jadi tidak bening dan dapat menggantu konsentrasi serta keamanan berkendara.

Secara dasar, kualitas kaca helm akan sesuai dengan harga helmnya itu sendiri. Semakin mahal harga helm, maka semakin bagus pula kualitas visornya.

Visor yang bagus biasanya tidak membutuhkan perawatan khusus. Karena bahannya yang kuat, visor helm mahal tidak mudah baret. Dia pun nyaman di pakai pada siang atau pun malam hari. Namun untuk helm standar, visornya harus mendapatkan perhatian lebih dibanding komponen helm lainnya…

Menurut Teknisi dari ‘Belajar Helm’, Kusnadi, visor helm standar perlu mendapatkan perawatan dan selalu dijaga kebersihannya dari debu dan kerikil-kerikil kecil yang menempel. (Viva, 5/3/2019).

Masih menurut Kusnadi, cara membersihkan kaca visor helm ialah dengan melepaskannya terlebih dahulu. Setelah itu, visor dibersihkan menggunakan cleaner waterbase, atau bisa juga menggunakan sedikit shampoo bayi. Jangan menggunakan sabun yang mengandung banyak bahan kimia.

Tips membersihkan visor helm selanjutnya dari Kusnadi ialah, jangan langsung me-lap visor seketika setelah berhujanan. Siram dahulu visornya menggunakan air mengalir. Dengan begitu kotoran-kotoran yang menempel akan larut terbawa air. Setelah itu barulah Om Bro lap visornya menggunakan lap kering.

Gunakan lap microfiber. Dan jangan gunakan lap yang telah digunakan untuk me-lap barang lain.

Untuk lap visor helm, lap-nya harus khusus. Karena jika menggunakan lap yang juga telah digunakan pada barang lain, dikhawaritkan ada kotoran yang menempel pada lap sehingga nantinya dapat menggores visor.

Untuk helm dengan penggunaan harian, sebaiknya rutin dibersihkan dengan interval seminggu sekali. (Mtb).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: