Cara Melihat Spion Motor dan Mobil yang Benar

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro…!! Banyak kecelakaan lalu lintas yang salah satunya disebabkan oleh cara melihat spion motor yang keliru. Maksud keliru disini ialah lantaran si pengendara tidak menyadari adanya blind spot aka titik buta.

Advertisement

Atau dalam bahasa yang lebih sederhana, pengendara tidak menyadari bahwa kaca spion memiliki keterbatasan pandangan. Bahwa tidak semua kendaraan dari belakang dapat kita pantau melalui spion. Ada kalanya kendaraan lain (terutama motor) berada pada titik buta (blind spot). Misale saja motor lain yang hendak menyalip kita dan posisinya telah berada di samping kendaraan yang kita kendarai.

Lantas, bagaimana sih cara melihat spion motor dan mobil yang benar??

Caranya ya seperti biasa Om… Dilirik sedikit… Selaiknya Om Bro melirik gebetan yang pake rok mini. Wkwkwkwk…

Tapi ya itu tadi… Om Bro juga musti pahami bahwa spion memiliki keterbatasan area pandang untuk melihat kendaraan lain dari arah belakang. Jadi ketika Om Bro hendak berbelok atau pun hendak memulai perjalanan, maka Om Bro jangan hanya mengandalkan spion saja. Kita tetap perlu sedikit menoleh ke arah belakang untuk mendapat area pandang yang lebih luas. Dengan begitu Om Bro akan dapat mengontrol situasi jika tetiba ada motor lain yang berada di area blind spot kita.

Yup… Bukan hanya saat hendak berbelok saja Om… Ketika hendak memulai perjalanan, sebelum melaju pun Om Bro wajib menoleh dahulu ke arah belakang. Bahkan menoleh ke belakang sebelum mulai berkendara menjadi salah satu poin wajib dalam rangkaian safety riding / safety driving yang pernah Mtb kulik…

Advertisement

Tapinya lagi, tindakan menoleh ke belakang pun harus hanya menjadi langkah cek keselamatan saja. Artinya harus dilakukan dengan cepat dan dalam waktu yang tepat. Jangan menoleh terlalu lama… Dan pastikan bahwa situasi di depan Om Bro aman. Jangan sampai karena menjaga keselamatan dari kendaraan lain di belakang, tapi Om Bro justru malah menabrak kendaraan lain / objek lain di depan… Lah kan ngga lucu Om kalo kek gitu…

So… Tengok ke arah belakang dalam sekejap saja… hanya untuk memastikan bahwa tidak ada kendaraan di area blindspot kita.

Intinya jangan hanya mengandalkan spion dan lampu sein saja… Jangan terlalu yakin dengan spion dan sein… Karena kaca spion kurang bisa menangkap citra kendaraan yang melaju dengan cepat dari arah belakang kita. Dan kita pun tidak tahu apakah kendaraan dari belakang tersebut kontrol pada sein kendaraan kita atau tidak. Jadi pamungkasnya, kombinasikan antara penggunaan spion, lampu sein, dan pandagan langsung. (Mtb – Cara melihat spion mobil yang benar).

Advertisement

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *