Cara Kredit Bukalapak Akulaku, Solusi Cicilan Belanja Tanpa Kartu Kredit

Motorisblog.com – Om Bro…!! Jaman semakin canggih… Kebutuhan dan gaya hidup rakyat Indonesia telah banyak berubah… Banyak hal-hal baru di dunia digital, termasuk salah satunya ialah cara kredit Bukalapak Akulaku yang bisa menjadi alternatif pemenuhan kebutuhan dengan cicilan, tanpa harus memiliki kartu kredit.

Betul Om… Mtb sudah menjajal belanja Bukalapak kredit dengan Akulaku dan berhasil, setelah sebelumnya gagal.

Kenapa bisa gagal…??

Mtb tidak tahu pasti, tapi sepertinya kredit Akulaku di Bukalapak tidak bisa dalam nominal besar untuk member baru. Kita harus mengawalinya dengan nominal kecil dulu… Kemudian nanti jika history pembayaran kita bagus, maka ke depannya kita akan bisa mengajukan kredit dalam nominal besar.

Hal yang Harus di Perhatikan Sebelum Mengajukan Kredit Bukalapak Lewat Akulaku

Supaya proses transaksi berjalan dengan mudah dan cepat, ada beberapa hal yang harus Om Bro/Sista pahami, yaitu…

1. Siapkan Akun Akulaku dan Bukalapak Sebelum Memulai Transaksi
Tanpa dipersiapkan sebelumnya pun sebenarnya kita tetap bisa melakukan pembelian di Bukalapak. Namun jika sebelumnya kita belum punya akun Bukalapak dan akun Akulaku, maka proses transaksinya akan jadi lebih panjang lantaran kita akan di arahkan untuk membuat akun saat berbelanja. Jadi rada ribet proses belanjanya…

Proses pembuatan akun Akulaku sebenarnya mudah… Tapi banyak langkah verifikasinya, jadi rada lama prosesnya. So, Mtb tidak akan bahas proses pembuatan akunnya di artikel ini supaya bahasannya tidak terlalu panjang.

2. Lengkapi Profil Akun Bukalapak dan Akulaku Sebelum Memulai Transaksi
Sebaiknya lengkapi juga semua data di profil akun Bukalapak dan Akulaku milik Om Bro/Sista sekalian, utamanya alamat. Tujuannya sama… Setelah data profil lengkap, maka proses transaksi pun jadi lebih simple dan cepat.

3. Awali dengan Transaksi Dalam Jumlah Kecil
Ketika Om Bro/Sista hendak membeli secara tunai (langsung dibayar lunas), tentu tidak akan ada masalah berapa pun harga barangnya. Namun ketika kita bicara perkara kredit, tentu ada pertimbangan-pertimbangan dari pihak kreditur (dalam hal ini Akulaku) untuk meluluskan pengajuan kredit.

Untuk Om Bro yang yang telah lama menjadi member Akulaku dan memiliki history transaksi / history kredit yang bagus, tentu Om Bro/Sista akan dengan mudah mendapatkan fasilitas kredit dengan nominal besar. Namun untuk member baru, tidak semudah itu.

Dari yang Mtb alami saat pertama pisan mengajukan kredit Akulaku di Bukalapak, Mtb ditolak saat mengajukan kredit furniture senilai Rp1,7 jutaan. Namun kemudian Mtb di approve saat mengajukan kredit yang nominalnya hanya Rp180 ribuan saja.

Mtb kira itu sih wajar ya Om… Mana bisa lah orang baru langsung jor-joran diberi kredit besar. Gimana kalo ternyata orang baru tersebut nantinya macet dalam pembayaran…?? Maka itu, pihak Akulaku pun butuh history yang bagus dulu melalui kredit-kredit nominal kecil dalam hal pelayanan pada nasabah baru. Sebelum nantinya si nasabah mendapatkan fasilitas kredit dalam nominal besar.

4. Kredit Hanya Berlaku untuk Pembelian Barang Saja

Sejauh yang Mtb tahu, fasilitas kredit dari Akulaku hanya tersedia untuk pembelian barang saja. Tidak berlaku untuk pembayaran lain, utamanya pembayaran tagihan rutin.

Mtb sudah menjajalnya untuk transaksi pembayaran tagihan air PDAM, ternyata pilihan kredit Akulaku tidak muncul. Barulah ketika Mtb mengajukan untuk pembelian barang, pilihan kreditnya muncul.

5. Lakukan Transaksi dengan Kondisi Akun Login di Aplikasi Bukalapak dan Akulaku

Pastikan Om Bro/Sista login dahulu sebelum memulai transaksi. Maksudnya supaya proses transaksinya lebih singkat. Soale jika Om Bro/Sista tidak login dulu, nanti ditengah-tengah proses pengajuan kredit tetap akan ada perintah login. Jadi tidak praktis proses transaksinya.

Yo wiss… Kita anggap semuanya sudah oke. Om Bro/Sista sudah memiliki akun Bukalapak dan akun Akulaku dengan data profil lengkap. Jadi sekarang kita cekidot saja ke langkah transaksi dan pengajuan kreditnya…

Cara Kredit Bukalapak ke Akulaku

1. Pertama Om Bro/Sista buka aplikasi ‘Bukalapak‘, kemudian cari dan pilih barang yang dikehendaki.

Lihat rating dan komentar para pembeli di lapak itu. Usahakan Om Bro chat dulu penjualnya,… perhatikan apakah dia merespon pertanyaan Om Bro dengan cepat, atau malah lambat merespon…??

Ajukan pertanyaan sederhana, misalnya sekedar menanyakan, “Apakah barangnya ready stock…?? Apakah bisa dikirim sekarang…??” Atau pun pertanyaan sederhana lainnya. Intinya disini kita asumsikan semuanya sudah oke, dan Om Bro sudah memilih barang tersebut.

Setelah Om Bro pilih barang yang dimaksud, selanjutnya akan muncul dua tombol, yakni ‘Tambah Barang Lagi‘ dan ‘Lanjut ke Pembayaran‘. Kita asumsikan Om Bro hanya akan membeli satu macam barang saja, jadi langsung pilih tombol ‘Lanjut ke Pembayaran‘.belanja di bukalapak

2. Pada halaman selanjutnya, perhatikan pada kolom ‘Alamat Pengiriman‘. Pastikan alamat pengirimannya sudah tepat. Akan lebih baik jika pada profil Bukalapak Om Bro sudah melengkapi alamat dengan tepat sehingga pada langkah ini prosesnya bisa berjalan dengan cepat.

Selanjutnya kita bergeser ke kolom ‘Metode Pembayaran‘. Sentuh pada keterangan ‘Pilih Metode Pembayaranmetode pembayaran bukalapak

3. Pada halaman ini akan tampak banyak sekali pilihan pembayaran. Om Bro scroll tampilan layarnya ke bawah, dan pilih cara pembayaran ‘Cicilan Tanpa Kartu Kreditmetode pembayaran bukalapak

4. Selanjutnya Om Bro pilih pilihan ‘Bukacicilan with Akulaku‘.cicilan bukalapak akulaku

Disini akan muncul pertanyaan, apakah Om Bro sudah punya akun Akulaku atau belum… Maka pilihlah tombol yang sesuai.

Jika Om Bro belum memiliki akun Akulaku, nantinya Om Bro akan dipandu pada langkah-langkah pendaftaran akun Akulaku. Sedangkan jika Om Bro sudah memiliki akun Akulaku, maka Om Bro langsung saja memilih tombol ‘Gunakan Metode Ini‘.cicilan bukalapak akulaku

5. Setelah itu tampilannya akan kembali lagi… Dan pada kolom ‘Metode Pembayaran‘, Om Bro akan melihat keterangannya telah berubah menjadi ‘Bukacicilan with Akulaku‘. Maka setelah itu Om Bro tinggal pilih tombol ‘Bayar dengan Akulaku‘.pembayaran bukalapak dengan akulaku

6. Pada halaman selanjutnya, akan tampil keterangan ‘Total Harga Pesanan‘, serta pilihan jangka waktu kredit alias ‘Tenor (Bulan) / Skema Cicilan‘.skema cicilan bukalapak akulaku

Pilihan maksimal jangka waktu kredit akan ditentukan oleh pihak Akulaku. Untuk nominal besar, pilihannya bisa sampai 12 bulan alias satu tahun. Sedangkan untuk nominal kecil, palingan pilihan tenornya hanya 3 bulan maksimal.

Di bawah itu akan ada kolom ‘Login‘. Yaitu kolom untuk login ke akun Akulaku milik Om Bro. Tujuannya ialah untuk menautkan akun Akulaku pada Bukalapak supaya pengajuan kredit dapat di verifikasi.verifikasi cicilan bukalapak akulaku

Masukkan nomor telepon Om Bro/Sista yang terdaftar di Akulaku, kemudian pilih tombol ‘Kirim‘.

7. Setelah itu akan masuk SMS yang berisi kode verifikasi dari Akulaku. Masukkan kode tersebut pada kolom yang tersedia, kemudian ‘Konfirmasi‘ atau ‘Verifikasisms verifikasi cicilan akulaku

Jika pengajuan kredit di terima oleh Akulaku, maka selanjutnya akan ada email masuk dari Bukalapak yang menyatakan bahwa pembayaran telah sukses dilakukan. Namun jika pengajuan kredit ditolak, maka akan muncul notifikasi berupa kotak dialog dari Akulaku yang menyatakan bahwa pengajuan kredit ditolak.email notifikasi pembayaran bukalapak

Cek Status Transaksi

Untuk melihat status transaksi Om Bro di Bukalapak, ikuti langkah-langkah berikut ini,

1. Pada tampilan awal aplikasi Bukalapak, pilih menu ‘Transaksi‘ pada menu bar yang berbaris di area bawah.menu utama bukalapak

Di halaman ini akan tampak barang yang tengah Om Bro pesan.tampilan menu transaksi bukalapak

2. Sentuh pada area foto barang yang Om Bro pesan, nanti akan tampil halaman ‘Detail Pembelian‘, yang berisi berbagai keterangan tentang barang yang Om Bro pesan.tampilan data transaksi bukalapak

Di bawah kolom ‘Nomor Transaksi‘, ada kolom status transaksi. Pilih pada tombol kata ‘Lihat Detail‘ untuk mengetahui status pesanan Om Bro.

3. Pada kolom ‘Keterangan‘, akan ada detail apakah statusnya masih menunggu proses, sedang di proses oleh pelapak, atau sudah dikirim, atau pun status lainnya.detail status transaksi bukalapak

Cek Status Tagihan Akulaku

Setelah sukses bertransaksi di Bukalapak, selanjutnya lihat status tagihannya di akun Akulaku.

1. Pada halaman awal aplikasi Akulaku, pilih menu ‘Bills‘ pada barisan menu bar di jajaran bawah. Kemudian lihat pada halaman itu akan ada pilihan menu ‘Tagihanku‘.menu bills akulaku

2. Setelah memilih menu ‘Tagihanku‘, maka berikutnya akan tampil kolom ‘Rincian‘ dan tombol ‘Lunasi Sekarang‘.tampilan tagihan akulaku

3. Tombol ‘Lunasi Sekarang‘ merupakan opsi jika Om Bro ingin melunasi seluruh tagihan lebih awal.

Untuk melihat detail tagihan, Om Bro sentuh (pilih) kolom ‘Rincian‘ detail.detail tagihan cicilan akulaku

Pada tampilan ‘Rincian’, akan ada tombol ‘Bayar Sekarang‘ untuk Om Bro melakukan pembayaran cicilan ketika jatuh tempo nanti.

Ada berbagai macam kanal pembayaran Akulaku, termasuk juga cara transfer bank dan lain-lain. Tapi Mtb tidak akan bahas sekarang. Nanti saja di artikel lain… Sekarang Mtb hanya fokus pada langkah-langkah pembelian dan pengajuan kreditnya saja. (Mtb).

6 tanggapan untuk “Cara Kredit Bukalapak Akulaku, Solusi Cicilan Belanja Tanpa Kartu Kredit

  • 08/08/2019 pada 00:05
    Permalink

    Betul om.. saya sdh biasa belanja di bukalapak menggunakan cicilan akulaku dari tahun 2017. Memang sangat mudah prosesnya bahkan sempat cicil barang seharga 4 jutaan. Namun sayang pembelian terakhir di awal bulan agustus 2019 terpaksa saya batalkan karena sekarang ada biaya pelayanan yg lumayan besar yg dibebankan kpd pembeli, biaya tsb muncul pada rincian akhir pembiayaan padahal sebelumnya tdk ada tambhan biaya apapun. Ditambah lagi sekarang wajib bayar DP ketika masuk ke halaman akulaku untuk menyelesaikan transaksi. Akhirnya saya batalkan transaksi tsb dan beralih belanja di aplikasi akulaku langsung karena di aplikasi akulaku tdk ada biaya tambahan apapun bahkan tanpa DP sepeserpun karena limit kredit saya masih mencukupi.

    Balas
    • 08/08/2019 pada 01:04
      Permalink

      Wah, makasih tambahan informasinya Om… Bulan ini sy blm transaksi lagi di Bukalapak, jadi blm tau kalo ada perubahan kebijakan baru.

      Balas
  • 14/08/2019 pada 16:54
    Permalink

    min mau tanya, saya pesen barang di shopee dengan pembayaran akulaku. tapi barang belum dikirim sampe sekarang. tapi kenapa sudah ada tangal penagihan di akulaku..? apakah kalo barang belum dikirim sampe tangal yg sudah ditentukan shopee lewat dan di batalkan otomatis oleh shopee apakah saldo saya kembali lagi.? trs tagihan yg sudah tercetak bagaimana.? barang belum di kirim ko sudah ada tagihanya.

    Balas
    • 14/08/2019 pada 22:21
      Permalink

      Kalo munculnya tagihan memang ngga nunggu barang sampai. Ketika transaksi berhasil, pihak Akulaku akan menganggap semuanya beres tanpa masalah. Hanya saja, pada menu ‘Bills’, submenu ‘Pesananku’, disitu kan ada teks (tombol) warna biru bertuliskan ‘Diterima’. Nah, jangan sentuh teks itu sebelum barang benar-benar diterima.

      Terus jika memang barangnya kelewat lama belum juga sampai,, complain saja ke pihak Akulaku dan ke pihak penjual di Shopee. Minta kejelasan.

      Sy sendiri blm pernah transaksi di Shopee pake Akulaku. Sy selalu transaksi di Bukalapak.

      Biasanya sy setiap kali sebelum transaksi, sy selalu lihat reputasi penjualnya. Sy liat dulu ratingnya. Apakah testimoni dari konsumen sebelumnya bagus atau tidak.

      Selain itu,, sy selalu membiasakan untuk chat (komunikasi) dulu dengan pihak penjual. Dari situ sy menilai seberapa cepat respon pihak penjual. Jika responnya cepat,, maka besar kemungkinan pengiriman barang pun akan cepat dilakukan oleh penjual.

      Sy tidak melakukan pembelian jika pihak penjual slow respon. Sy lebih memilih mencari penjual lain yang fast respons.

      Balas
    • 18/10/2019 pada 22:22
      Permalink

      Sy ngga bisa bilang aman atau ngga sih ya Om… Soale selama ini sy aman-aman aja belanja di Bukalapak pakai Akulaku. Mudah-mudahan sih seterusnya selalu aman.

      Dan bagi yang ada kendala, mudah-mudahan masalahnya udah beres.

      Balas

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: