Cara Daftar Aplikasi Grab Motor (Grabbike) Driver

Motorisblog.com – Cara Daftar Aplikasi Grab Motor (Grabbike) Driver – Om Bro…!! Meskipun penghasilan dari ojek online di kota-kota kecil belum begitu bagus, tapi di kota-kota besar, potensinya masih sangat menjanjikan. Hal itu telah dibuktikan oleh setidaknya 4 orang kawan Mtb yang keluar dari Banjar Patroman dan on-bid di Kota Kembang, Bandung.

Salah satu teman Mtb (namanya Kang Beni Aji) dari Konco (Komunitas Cah Online Banjar Patroman), beberapa kali share penghasilan kotornya yang perminggu bisa mencapai lebih dari Rp1,5 juta… Memang sih iya, itu penghasilan kotor, tapi di kali 4 minggu dalam sebulan, maka penghasilan kotornya mencapai lebih dari Rp6 juta.

Kawan yang lain, Pak Toni dari Komunitas Trojan (Transportasi Online Banjar Patroman), juga menceritakan hal serupa, meski share dari Pak Toni tidak sebesar Kang Beni.

trojan konco deklarasi online banjar
Komunitas Trojan dan Konco Pada Deklarasi Transportasi Online Kota Banjar

Nominal tersebut tentu jauh di atas UMK Bandung, apalagi UMK Banjar – Ciamis – Tasikmalaya… Lah jauh lah…

Tapi, itu bicara manisnya. Selain itu, seperti pula profesi yang lain, tentu ada banyak suka-duka ketika kita narik Grab Motor (Grabbike)… Termasuk pula resiko keselamatan kita selama bekerja di jalanan… Dan yang pasti, pendapatan Kang Beni dan Pak Toni di atas jelas di dapatkan dengan kerja keras… Bukan dengan cara santai.

Kemudian yang harus Om Bro ketahui adalah bahwa potensi penghasilan dari profesi sebagai Grab Griver di kota kecil cenderung masih sangat kecil (untuk akumulasi perbulan). Sama sekali belum mencukupi untuk kebutuhan hidup kita sekeluarga. Hal itu lantaran masih sedikitnya jumlah pengguna… (khususnya di Kota Banjar). Sementara jumlah driver terus bertambah setiap harinya.

Meski begitu, Mtb pernah mengalami masa-masa akun Grab gacor ketika jumlah Grab Driver di Kota Banjar masih sedikit. Dan, seiring perkembangan jaman dan teknologi, Mtb yakin pada saatnya nanti, Kota Banjar dan sekitarnya pun akan bisa ramai pengguna layanan transportasi online sehingga masa-masa gacor itu akan terulang kembali.

Bukan tidak mungkin nantinya penghasilan Grab Driver di Priangan Timur, khususnya Kota Banjar, pun akan jauh melampaui angka Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK). Seperti yang terjadi di kota-kota besar…

Nah, Om Bro… Jika Om Bro penasaran dan ingin mencoba peruntungan di dunia ojol, Mtb bakal share cara daftarnya…

Cara Daftar Aplikasi Grab Motor (Grabbike) Driver

Kenapa hanya Grabbike?

Karena pengalaman Mtb hanya Grabbike.

Setahu Mtb, teknis untuk pendaftaran Grab Car, khususnya di wilayah Priangan Timur, ada perbedaan cara verifikasi berkasnya. Jadi Mtb tidak bahas untuk proses pendaftaran Grab Car disini.

Berkas-berkas (dan hal-hal) yang harus disiapkan untuk daftar Grab Driver

. KTP
. SIM C
. SKCK
. STNK
. Surat Keterangan Domisili (jika KTP Om Bro tidak sesuai dengan tempat tinggal sekarang)
. Pas Foto
. Nomor HP
. Email Google (gmail)
. Motor Tahun Maksimal 2009

Semua berkas di foto. Pakai kamera HP saja. Nantinya semua foto berkas itu yang akan digunakan untuk pendaftaran tahap awal melalui jalur online.

Di beberapa area (biasanya area baru), SKCK tidak selalu wajib. Dulu pun di kampung Mtb belum wajib SKCK. Kemudian setelah jumlah drivernya cukup banyak, barulah SKCK diwajibkan.

Status tidak wajib SKCK hanya terjadi jika Om Bro melakukan pendaftaran melalui Agen Kudo (mungkin juga Agen Paytren). Sedangkan jika Om Bro melakukan pendaftaran secara langsung ke situs Grab, maka Om Bro wajib melampirkan foto SKCK.

Pada saat memotret STNK, caranya, STNK dikeluarkan dari plastiknya. Jajarkan atas-bawah sehingga keduanya terpotret dalam sekali jepret.

cara daftar aplikasi grab motor grabbike driver

Pas foto dibuat dengan latar belakang (background) polos. Tidak ada ketentuan background-nya harus warna tertentu. Yang penting asal polos saja.

cara daftar aplikasi grab motor grabbike driver

Nomor HP & email (gmail) jelas harus ada dan harus aktif.

Nomor HP & gmail nantinya digunakan untuk jalur verifikasi dari pihak Grab ke kita. Dan setelah akun Grab Driver aktif, nomor HP berfungsi untuk komunikasi antara driver dengan konsumen dan untuk menerima pemberitahuan penting dari Grab ke driver. Sedangkan email, fungsi utamanya ialah sebagai akses masuk (login) ke aplikasi Driver dan (juga) sebagai jalur pemberitahuan jika ada hal-hal penting yang harus disampaikan oleh Grab kepada mitranya.

Kemudian soal usia motor, dulu waktu Mtb mendaftar Grab Driver di tahun 2017, syarat motornya adalah paling tua produksi tahun 2008. Sedangkan di tahun 2018 ini, syarat motor paling tua ialah lansiran tahun 2009.

Kemungkinan, tahun depan pun syaratnya akan naik menjadi tahun 2010.

Cara pendaftaran akun Grab Driver

Ada dua cara untuk pndaftaran tahap awal, yaitu secara langsung (online) melalui situs Grab (signup.grab.com) atau melalui Agen Kudo/Agen Paytren.

Pada pendaftaran online secara langsung, ada kelemahan dimana kota yang kita masukkan pada saat pendaftaran kadang tidak bisa spesifik. Kota-kota kecil seperti Banjar Patroman tidak ada di dalam daftar kota yang dapat dipilih.

Karena itulah, dulu, Mtb lebih memilih untuk mendaftar melalui Agen Kudo.

Namun untuk sekarang, cara pendaftaran tahap awal secara online langsung pun tidak bermasalah, karena, pembagian wilayah operasional Grab sekarang telah di perluas.

Contohnya,
Wilayah Priangan Timur, (Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Pangandaran) sekarang sudah disatukan pembagian areanya dengan Bandung. Tidak seperti dulu, dimana Pritim punya ketentuan-ketentuan yang berbeda dalam beberapa hal.

Misalnya saja dalam penetapan besaran dan ketentuan insentif, dan lain-lain…

Yo wis… Langsung saja ke langkah-langkah proses pendaftarannya,

Cara pendaftaran langsung

. Pertama Om Bro buka browser ponsel, (disarankan menggunakan Chrome), kemudian menuju ke alamat signup.grab.com,
. Cara lainnya, Om Bro juga bisa download terlebih dahulu aplikasi Grab Drivernya, kemudian buka aplikasinya, dan pada sudut kanan-bawah, pilih menu ‘Daftar’.

cara daftar aplikasi grab motor grabbike driver

Disitu ada menu ‘Masuk melalui Google’, tapi itu digunakan nanti setelah akun Grab Om Bro telah aktif,

Setelah itu akan muncul kolom-kolom isian, maka Om Bro isi datanya secara lengkap,
. Negara

cara daftar aplikasi grab motor grabbike driver. Kota
. Nama Depan

cara daftar aplikasi grab motor grabbike driver. Nama Belakang
. Nomor Telepon Pribadi
. Alamat email
. Tipe pengemudi

cara daftar aplikasi grab motor grabbike driver

Jika nama Om Bro hanya satu kata maka pada kolom ‘Nama belakang’, isi saja dengan titik (.) atau jika tidak di izinkan menggunakan tanda titik, maka isi saja dengan ‘Nolastname’,

. Setelah data terisi lengkap, selanjutnya ceklist pada kotak ‘Saya bukan robot’

cara daftar aplikasi grab motor grabbike driver

. Setelah itu, klik tombol ‘Mendaftar’ yang berwarna hijau,

Setelah sampai di langkah tersebut, tunggu beberapa saat hingga datang SMS dan/atau email masuk dari Grab yang isinya ialah link untuk meng-upload berkas-berkas yang telah Om Bro siapkan di atas tadi.

Segera upload berkas-berkas Om Bro sekalian… Setelah itu Om Bro tunggu lagi selagi berkas-berkas Om Bro di tinjau oleh management Grab disana.

Waktu tunggunya bisa 1-3 hari, tergantung hari kerja dan/atau hal-hal lainnya.

Sebagai gambaran, jika Om Bro mengirim foto dari berkas-berkas tersebut di hari Jumat, maka (biasanya) Om Bro baru akan mendapatkan SMS susulan pada hari Senin. Selain itu, biasanya dalam satu hari sudah ada SMS pemberitahuan tentang status pendaftaran Om Bro sekalian.

Jika ada berkas Om Bro yang kurang jelas, (buram dan sebagainya), akan ada SMS/email yang isinya ialah permintaan reupload (kirim ulang foto yang baru). Namun jika semuanya oke maka Om Bro akan mendapatkan SMS undangan seperti ini,

cara daftar aplikasi grab motor grabbike driver

Rekan (nama Om Bro) Yth, terima kasih telah mendaftar di GRAB, kami telah melakukan pengecekan dokumen pendaftaran anda, harap datang ke (tempat, hari, tanggal, jam) untuk proses selanjutnya. Harap membawa uang top up Rp. 100 Ribu, dokumen asli (KTP, SIM C, STNK, SKCK, Surat Keterangan Domisili bila KTP luar (nama daerah)) membawa sepeda motor, memakai jaket, celana panjang, (…dan seterusnya…)

Ketentuan tersebut bisa berbeda untuk beberapa wilayah. Misalnya saja, dulu, di wilayah Mtb, calon mitra tidak harus datang langsung ke kantor Grab. Mtb langsung diberikan link untuk menyelesaikan Online Training dan semua proses pendaftaran dilakukan via online hingga akun Grab Driver aktif dan siap on-bid.

Jika kebetulan area Om Bro juga sama seperti Mtb, maka nantinya untuk deposit awal, Om Bro bisa melakukannya di Alfamart, Pegadaian dan outlet-outlet lain yang bekerjasama dengan Grab.

Materi online training terdiri atas 3 tahap dengan jumlah soal sebanyak 30-an… (Mtb lupa tepatnya), yang isinya ialah materi-materi tentang,

cara daftar aplikasi grab motor grabbike driver

. Pengenalan Grab
. Materi tambahan lainnya (tiap akun bisa berbeda-beda)
. Pengenalan Kudo

Untuk memulai online training, Om Bro tinggal pilih menu ‘Mulai’.

Jika Om Bro merasa lelah, Om Bro bisa istirahat dulu, dan nantinya bisa dilanjut lagi trainingnya dengan memilih menu ‘Lanjutkan’.

Om Bro harus jeli dan fokus saat mengikuti materi video-nya supaya dapat menjawab semua pertanyaannya dengan tepat. Tapi jangan terlalu tegang juga, karena, jika Om Bro fokus, sebenarnya jawaban dari pertanyaan-pertanyaannya itu mudah semua.

Sementara itu, jika di area Om Bro aturannya melalui training fisik langsung, maka setelah verifikasi berkas di atas, Om Bro harus pulang dulu dan menunggu panggilan berikutnya.

Jika verifikasi berkas Om Bro di kantor Grab lolos dengan baik, maka Om Bro akan mendapat sms/email berikutnya untuk proses training,

cara daftar aplikasi grab motor grabbike driver

Aplikasi Anda telah disetujui. Untuk mengaktifasikan akun Grab Anda, mohon datang ke kantor Grab guna mengikuti Orientasi Mitra Pengemudi.

Jadwal Orientasi Mitra Pengemudi adalah sebagai berikut:
Senin – Jumat
Individual (jam yang ditentukan (misalnya 11:00 WIB))
Rental driver (jam yang ditentukan (misalnya jam 15:00 WIB)).

Pendaftaran melalui Agen Kudo/Agen Paytren

Pada dasarnya, perbedaannya hanya pada proses awalnya saja. Untuk selanjutnya, Om Bro tetap akan mendapat SMS/email yang sama dengan di atas untuk masuk ke proses selanjutnya. Namun ada hal yang lebih memudahkan dalam hal pendaftaran melalui Agen Kudo dibanding daftar langsung melalui situs Grab, yaitu,

. Jika ada kendala dengan berkas-berkas kita, biasanya Agen Kudo bisa menyelesaikannya dengan baik. Karena, menurut pengamatan Mtb, keluhan yang disampaikan melalui Agen Kudo cenderung lebih “didengar” oleh management Grab ketimbang keluhan dari personal,

. Soal SKCK yang Mtb sebutkan di atas, di beberapa kota, SKCK jadi tidak wajib ketika kita mendaftar melalui Agen Kudo,

. Om Bro tidak harus meng-upload sendiri berkas-berkas persyaratannya sehingga tidak perlu takut salah upload. Om Bro tinggal perlihatkan saja berkas-berkas persyaratannya, nanti Agen Kudo/Agen Paytren akan mengambil fotonya dan dia yang akan mengurus proses awal pendaftaran, termasuk upload berkas-berkasnya,

. Kota domisili Om Bro pada aplikasi pendaftaran menjadi lebih spesifik, karena, data pendaftaran Agen Kudo itu sendiri lebih spesifik, mencakup tiap-tiap Kabupaten/Kota.

cara daftar aplikasi grab motor grabbike driver

Namun, satu hal yang perlu di ingat!!! Jika (misalnya) ada Agen yang minta sejumlah uang, maka jangan Om Bro kasih serupiahpun…!!! Jika ada yang seperti itu, maka sebenarnya dia adalah oknum agen atau bahkan agen gadungan yang tujuannya hanya satu, yaitu MENIPU.

Entah nantinya nama Om Bro akan benar-benar dia daftarkan atau tidak, tapi yang jelas, hingga saat artikel ini dibuat, Grab tidak memungut bayaran serupiahpun untuk pendaftaran mitra driver. 100% GRATISSS…!!!

Lah, trus, darimana itu agen dapat uang??

Mereka sudah dapat komisi dari Grab-nya langsung…

Yaa… kalo Om Bro dengan sukarela mau ngasih ke agen tersebut sih silahkan saja… itu jadi amal baik tentunya. Yang tidak boleh itu jika si agen yang memintanya, apalagi jika jumlahnya besar… itu nipu namanya.

Dan… jika pun Om Bro mau kasih uang tambahan pada si agen, maka sebaiknya berikanlah pada saat akun Grab punya Om Bro sudah aktif nanti, dan Om Bro sudah bisa on-bid. Sudah merasakan mendapatkan order dari Grab.

Jika Om Bro kasih uang di awal, khawatirnya nanti (jika) ada masalah sehingga pendaftaran Om Bro ditolak oleh Grab, bisa jadi nantinya Om Bro jadi menggerutu dan tidak ikhlas akan uang yang telah Om Bro berikan pada si agen. Betul…??

Cara menemukan Agen Kudo/Agen Paytren

Nah, sampai disini, mungkin Om Bro belum tahu, bagaimana caranya menemukan Agen Kudo?

Ada dua cara, yaitu online dan offline.

Pada cara online, (ini cara yang Mtb lakukan, dulu) Om Bro cari melalui situs-situs toko online (Tokopedia, Bukalapak dan lain-lain) dengan keyword ‘daftar grab bandung’, ‘daftar grab semarang’, (nama kota disesuaikan dengan lokasi Om Bro). Maka nanti Om Bro akan menemukan beberapa iklan orang yang menawarkan jasa pendaftaran Grab Driver. Om Bro ambil nomor HP-nya, dan hubungi orang tersebut dan katakan bahwa Om Bro mencintainya…

Wkwkwkkwk….!! Salah…!! Maksudnya, katakan bahwa Om Bro berminat untuk bergabung menjadi mitra Grab Driver. Nanti si agen akan minta foto berkas-berkas persyaratannya.

Sedangkan untuk cara offline, maka Om Bro harus menemui langsung si Agen Kudo.

Bagaimana caranya?

Om Bro tanyakan pada driver-driver Grab yang tengah mangkal. Atau Om Bro juga bisa menanyakannya sambil menjadi penumpang Grab.

Awalnya, tanyakan pada si driver, apakah dia bergabung dengan salah satu komunitas driver online atau tidak? Jika iya, maka tanyakan, siapa di antara anggota komunitas tersebut yang sekaligus merupakan Agen Kudo.

Pada umumnya, biasanya, Agen Kudo yang membantu pendaftaran Grab juga merangkap sebagai Driver juga (meski tidak selalu seperti itu).

Wel… Terserah Om Bro sih… Mau daftar langsung atau via agen kudo, tinggal pilih saja mana yang lebih enak… Semoga artikel ini bermanfaat. (Mtb – Cara Daftar Aplikasi Grab Motor (Grabbike) Driver).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: