Cara Bayar Tilang Elektonik pada Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE)

Motorisblog.com – Om Bro…!! Saat ini, pengetahuan mengenai cara bayar tilang elektronik menjadi penting bagi warga DKI Jakarta lantaran akan adanya aturan tilang elektronik aka Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) yang akan mulai efektif per 1 November 2018.

Demikian menurut Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Yusuf di simpang Sarinah, Jakarta Pusat. (Motorplus.gridoto – Senin, 15/10/2018).

Rencana tersebut adalah lanjutan dari masa uji coba tilang elektronik yang telah di mulai sejak 1 Oktober bulan ini.

Sekarang ini, mekanisme tilang elektronik belum 100% siap. Masih ada beberapa hal yang tengah disiapkan, termasuk usulan pada Mahkamah Agung agar sidang tilang ditiadakan supaya proses tilang elektronik menjadi lebih singkat.

Pihak keposilisan sendiri masih terus melakukan pematangan dalam hal akurasi tangkap gambar dan video CCTV serta terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat dengan cara membagikan brosur dan membentangkan spanduk sosialisasi.

Masih menurut Yusuf, saat ini persiapannya sudah mendekati rampung… Website untuk klarifikasi pelanggaran sudah siap dan akurasi CCTV pun sudah baik.

Mekanisme dan cara bayar tilang elektronik

Pada saat Om Bro melanggar, maka CCTV akan menangkap gambar dan video yang kemudian hasil tangkapan tersebut akan dikirim ke back office Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya.

Selanjutnya pihak kepolisian akan melakukan analisa terhadap pelanggaran tersebut. Dan jika hasil analisanya terbukti benar (terjadi pelanggaran), maka kepolisian akan mengirimkan konfirmasi berupa berkas tilang ke alamat tinggal Om Bro dalam waktu sekira 3 hari sejak dilakukan analisa.

Surat konfirmasi yang dikirim oleh kepolisian tersebut berisi data pelanggaran dan foto saat Om Bro melanggar aturan lalu lintas seperti di maksud di atas.

Ketika Om Bro menerima surat konfirmasi, maka Om Bro wajib melakukan klarifikasi, apakah benar Om Bro melanggar atau tidak. Soale, bisa jadi kendaraan yang melanggar tersebut adalah mobil/motor Om Bro yang tengah dipinjam oleh orang lain… atau bisa juga kendaraan lama yang sudah Om Bro jual, namun belum dilakukan balik nama oleh pemilik barunya.

Jangka waktu untuk melakukan klarifikasi ialah maksimal 7 hari… dan dilakukan melalui situs http://www.etle-pmj.info (nantinya akan tersedia juga dalam bentuk aplikasi android di Playstore). Atau, Om Bro juga dapat melakukan klarifikasi dengan cara mengirimkan kembali blanko konfirmasi kepada pihak kepolisian.

Jika Om Bro tidak merespon hingga batas waktu yang telah ditentukan, maka STNK Om Bro akan diblokir.

Kemudian, langkah selanjutnya (jika benar memang Om Bro yang melanggar) Om Bro akan diberikan waktu lagi selama maksimal 7 hari untuk melakukan pembayaran denda tilang via BRI. Dan jika terlambat, maka STNK Om Bro pun akan diblokir. (Mtb – Cara Bayar Tilang Elektonik).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: