Busi Racing untuk Motor Harian?? Ternyata Malah Ngga Bagus Om…

Motorisblog.com – Om Bro…!! Bagi sebagian orang, ada anggapan bahwa busi racing untuk motor harian dapat meningkatkan performa mesin. Padahal menurut ahlinya, anggapan tersebut justru keliru Om…

Kenapa?? Karena busi racing untuk motor standar tidaklah memberi efek apa-apa. Yang ada justru malah efek buruk di ruang bakar.

Memang sih betul… Jika pembakaran bagus, maka tenaga mesin pun akan terdongkrak naik. Karena itulah sebagian orang memakai busi racing dengan anggapan bahwa busi racing punya api besar sehingga pembakaran bakal jadi maksimal. Tapi faktanya tidak sesederhana itu Om…

Busi balap sifatnya berbeda. Busi balap di desain untuk penggunaan ekstrim. Busi balap diciptakan untuk engine tuning. Jadi kalau digunakan pada motor harian, ia tidak akan memberikan efek baik apa-apa. Yang ada hanya mubadzir, bahkan malah menimbulkan masalah. (Diko Oktaviano, Technical Support NGK Busi Indonesia – Kompas, 24/6/2019).

Penggunaan busi racing pada motor harian justru akan menimbulkan penumpukan deposit karbon di ruang bakar lantaran terjadi misfiring atau salah pengapian. Akibatnya knalpot jadi nembak, bahkan terjadi detonasi atau knocking alias ngelitik. Utamanya jika motor hanya digunakan jarak dekat dan dikendarai secara stop & go (misalnya di kemacetan jalan kota).

Jadi…??

Busi standar tetap yang terbaik untuk motor harian…

Jika pun Om Bro tidak puas dengan performa busi standar, maka pilihlah busi yang berbahan bagus. Pilih busi yang titik lelehnya tinggi dan konduktivitas listriknya bagus. Misale dari merk NGK, ada busi iridium IX dan platinum GPower. Kedua busi tersebut bisa digunakan harian atau pun racing.

Apa kelebihannya??

Percikan api listriknya lebih fokus Om… Efek positifnya api cepat membesar, pembakaran berjalan sempurna, sehingga ledakan energi jadi lebih tinggi. (Mtb).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: