busway transjakarta zhong tong dari china

Sekilas Spesifikasi Busway / Bus Transjakarta Zhong Tong

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro…!! Bus Transjakarta Zhong Tong yang dahulu sempat dinyatakan tidak layak, kini dioperasikan kembali. Namun kini, bus asal China tersebut harus terlebih dahulu memenuhi standar pelayanan minimum (SPM) sebelum beroperasi.

Advertisement

Betul Om…!! PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) kembali mengoperasikan bus merk Zhong Tong… Padahal dulu, mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sempat menilai bahwa bus Transjakarta buatan China tersebut tidak layak untuk dioperasikan.

Adapun ketika sekarang bus Transjakarta asal China itu kembali digunakan, tentu dengan melalui tahapan seleksi guna memastikan unit-unitnya yang bersangkutan, telah memenuhi standar pelayanan minimum. (Nadia Diposanjoyo, Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transjakarta – Kompas, 15/10/2019).

busway transjakarta zhong tong dari china

Merk Busway China ini dioperasikan dengan maksud untuk melaksanakan kontrak dengan Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) yang telah disepakati pada tahun 2013 lalu…

Kemudian, Busway buatan China ini bukanlah unit baru yang dikiram tahun ini… Busway dari Cina ini telah didatangkan ke Jakarta sejak tahun 2016 lalu… Jadi amat patut jika sekarang PT Transjakarta memperketat standar minimum yang harus dipenuhi, demi untuk memastikan bahwa bus telah siap guna operasi. Pasalnya, Busway Zhong Tong pernah memiliki riwayat buruk pada beberapa tahun lalu, yaitu adanya kasus mogok dan terbakar.

Advertisement

Kali ini, Bus Zhong Tong yang kembali digunakan sebagai alat angkut perkotaan di Jakarta adalah model 6180GC City Bus (BRT) yang punya panjang bodi 18 meter.

Jika mengintip dari informasi di laman resminya, bus ini berkapasitas penumpang hingga 175 orang. Tentunya panjang pisan ya Om… Tapi pun begitu, akses keluar-masuk bus diklaim cepat dan mudah karena ukuran pintunya yang cukup lebar.

Pada dasarnya, tidak ada fitur yang spesifik dan uwow dari bus Zhong Tong 6180GC City Bus (BRT)… Namun unit ini telah dilengkapi dengan suspensi udara serta rem cakram pada roda depan, tengah dan belakang. Dengan demikian, 6180GC diklaim terjaga dalam hal keamanan dan kenyamanan.

Zhong Tong 6180GC menggunakan mesin berkapasitas 11.051cc turbo intercooling berpendingin cairan. Transmisinya otomatis 6-percepatan dengan hydraulic retarder… Power maksimumnya 455 hp, torsi puncaknya 1.373 Nm dan top speednya dapat mencapai 100 km/jam. (Mtb).

Advertisement

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *