bus trans jawa putra mulya jakarta solo scania k410ib

Bus Trans Jawa Putra Mulya Punya Trayek Jakarta – Semarang – Solo, Armada Bus Scania K410IB

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro…!! Bus Trans Jawa Putra Mulya membuka lagi trayek baru. Jurusannya Jakarta – Semarang – Solo. Peluncurannya dilakukan di Pulogebang pada 14 Februari 2019, kemarin lusa ini.

Advertisement

Menariknya Om… bus tol Trans Jawa yang dikelola oleh Perusahaan Otobus (PO) Putra Mulya ini menggunakan armada bus mewah seharga Rp3 Miliaran… Yaitu bus double decker Scania K410IB.

Bus Trans Jawa Jakarta Solo Scania K140IB ini sebelumnya pun sudah di gunakan oleh PO Putera Mulya pada trayek Jakarta – Solo – Wonogiri… Mesinnya 13.000 DC13 yang telah menganut standar emisi Euro5, telah berteknologi turbocharged, intercooled, dan opticruise transmission.bus trans jawa putra mulya jakarta solo scania k410ib

Power maksimumnya mencapai 410 HP/1.900 rpm, dan torsinya amat garang, yakni hingga 2.000 Nm/1.000 – 1.350 rpm. Konon, torsi seperti itu amat pas untuk jarak panjang Om… (Pimpinan PT Putera Mulya Sejahtera, Kurnia Lesani Adnan – DetikOto, 14/2/2019).

Lantas, apa sih keistimewaan yang dikandung oleh bus tingkat ini…??

Yang jelas fiturnya berlimpah Om… Mulai dari Antilock Breaking System (ABS), Electronic Brake System, Retarder, dan Cruise Control. Nah, dengan cruise control, bus bisa melaju dengan kecepatan tetap tanpa pengemudi harus menginjak pedal gas. Sementara fitur Retarder, fungsinya ialah untuk memperhalus pengereman lantaran proses pengeremannya dari sistem transmisi. Bukan pengereman roda langsung seperti pada umumnya.

Advertisement

Jadi feelnya serasa deselerasi, gitu lah Om…

Perkara kecepatan, pada perjalanan Jakarta Solo sepanjang 424 km, Scania K410IB mncatat angka 120 km/jam pada kitiran mesin 2.500-an rpm…

Selain kelebihan-kelebian di atas, bus Trans Jawa Putra Mulya ini memiliki tempat duduk penumpang yang besar, mirip kursi di pesawat kelas bisnis. Terdapat sandaran kaki (leg rest), juga ada fitur Audio Video On Demand (AVOD).

Untuk kenyamanan, Om Bro akan disediakan bantal dan selimut. Terdapat juga toilet dan water dispenser untuk Om Bro yang ingin menyeduh kopi, teh, atau pun mie instant cup.

Bus Trans Jawa Jakarta Solo Scania K140IB dibuka dengan harga promo Rp50 ribuan. Sedangkan harga normal tiketnya ialah Rp195.000 untuk dek atas, dan Rp325.000 jika Om Bro ingin duduk di dek bawah. (Mtb).

Advertisement

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *