Bukan Lagi Denda, Pajak Motor Telat 2 Tahun Langsung Auto Bodong

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro…!! Berita ini tengah ramai di bicarakan di berbagai media. Jadi wacananya sekarang bukan lagi soal denda, pajak motor telat 2 tahun bakalan langsung dihapus dari daftar registrasi di kepolisian. Uwow… Ngeriiii…

Advertisement

Dasar hukumnya ialah Peraturan Kapolri No 5 Tahun 2012, Bab 1, Pasal 1, Ayat 17, Tentang Registrasi dan Identifikasi kendaraan Bermotor.

Penghapusan regident ranmor dalam peraturan tersebut merupakan sanksi administrasi bagi para penunggak pajak yang bersangkutan. Dan jika sudah terhapus, maka akan sangat sulit bagi pemilik kendaraan bermotor itu untuk menghidupkannya kembali.

Motor jadi tidak terdaftar alias bodong… Dan jika sudah bodong, maka Om Bro jadi tidak bebas untuk bepergian kemana pun. Pastinya selalu ada rasa was-was takut terkena tilang.

Advertisement

Yup… motor jadi berstatus bodong meskipun secara fisik STNK & BPKB masih ada.

Keterlambatan selama 2 tahun yang Mtb maksud disini ialah untuk pajak 5 tahunan… yaitu pajak setelah habisnya masa berlaku STNK dan plat nomor kendaraan.

Menurut informasi yang Mtb ciduk dari kanan-kiri, sejatinya peraturan ini sudah ada sejak tahun 2009 lalu… Namun belum dilakukan sosialisasi dan belum dilaksanakan tindakan penghapusan. Bahkan peredaran informasinya pun belum semasif sekarang.

Nah, berhubung sekarang ini pemberitaannya sudah ramai membahana, maka Om Bro bersiap-siap saja. Bisa jadi kali ini akan segera diberlakukan peraturan tersebut. (Mtb – Denda, Pajak Motor Telat 2 Tahun).

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *