honda genio 2019

Bisakah Spare Part Honda Beat, Subtitusi dengan Genio…??

Motorisblog.com – Om Bro…!! Gegara jumlah populasinya yang aduhai, sebagian orang sampai ada yang berharap bahwa spare part Honda Beat bisa “dikawinkan” pada motor lain. Salah satunya ialah skutik terbaru AHM di kategori entry-level, yakni Genio.

Jadi masksudnya begini Om… Karena secara populasi, Beat yang terbanyak, maka jumlah peredaran spare part-nya pun Beat yang terbanyak. Singkatnya, hampir dipastikan bahwa pemilik Honda Beat tidak akan pernah kesulitan mendapat spare part yang dibutuhkan… Karena jumlah populasinya yang amat banyak…

Berbeda dengan tipe lain semisal Genio yang terbilang masih baru… Ketersediaan spare partnya pun tentu belum banyak.

Nah, sekarang pertanyaannya adalah, apakah bisa spare part Honda Genio di subtitusi dengan part Honda Beat?? Jika bisa, kan perawatan Genio ke depannya jadi lebih mudah lantaran tidak akan pernah kesulitan mendapat spare part yang di butuhkan…

Begitu asumsinya…

Tapi sayangnya Om… Ternyata hal itu tidak bisa dilakukan…

Secara satuan teknis, spesifikasi Genio memang tidak melompat jauh dari Beat… Namun keduanya tidak bisa saling tukar spare part, apa lagi untuk memodifikasinya agar bisa mirip pada salah satunya… Misale Beat di modif menjadi mirip Genio atau pun sebaliknya.

Karena apa??

Karena antara Genio dengan Beat benar-benar beda rancangan Om… Bukan hanya berbeda konstruksi rangka saja, tapi juga berbeda di sektor mesin, transmisi (CVT) dan lain-lainnya. (Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) – Viva, 12/9/2019).

Ada pun komponen yang bisa saling tukar, itu hanya fast moving parts saja,, misale ban, busi, aki, kampas rem, filter udara, piringan cakram dan beberapa lagi di antaranya…

Begetoh Om… Jadi beda ya Om yaa…

Om Bro… Honda Genio hadir untuk turut memeriahkan dunia persilatan roda dua tanah air. Dimensinya mungil, tidak jauh berbeda dengan Beat, Vario 110 dan Scoopy… Mesinnya pun sama-sama 110cc secara pembulatan.

Tapi… Sebenarnya mesin Genio berbeda dibanding ketiga saudaranya…

Iya Om… Kapasitas murni mesin Genio adalah 109,5cc,, sedangkan Beat, Vario 110 dan Scoopy adalah 108,2cc.

Bukan hanya itu, langkah piston Genio pun lebih panjang dibanding ketiga saudaranya… Maka itu Genio diklaim lebih responsif secara akselerasi.

Belum cukup sampai disitu… Genio bahkan mengkampanyekan konstruksi rangka baru yang dikaim lebih ringan… Yang karenanya, pengendalian dan kenyamanan motor pun diklaim lebih baik dari yang lain… Malah konsumsi bahan bakar pun disebut lebih irit lantaran bobotnya yang lebih ringan.

Yup… Dia adalah frame / rangka baru hasil rancang bangun AHM… Rangka yang mereka beri judul enhanced Smart Architecture Frame alias eSAF. (Mtb).

Tinggalkan komentar