Bima, Mobil Esemka Terbaru 2019: Bukan Mobil Cina…??

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro…!! Mobil Esemka terbaru 2019 resmi dirilis pada 6 September… Yup… Dialah Esemka Bima. Mobil jenis pick up yang oleh beberapa pihak dianggap bukan hasil pengembangam sendiri, namun hasil rebadge dari platform pabrikan lain.

Advertisement

Betul Om… Selama ini memang banyak muncul suara-suara miring yang intinya meragukan keabsahan klaim mobil Esemka buatan Indonesia, yaitu dari pabrik PT Solo Manufaktur Kreasi.

Jadi, bagaimana yang sebenarnya??

Ternyata ya memang benar Om… Esemka Bima memang dibangun dari desain yang sama dengan mobil China dengan sistem beli putus. (Putu Juli Ardika, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kemenperin – Kompas, 12/9/2019).

Tapi bukan sistem Completely Knocked Down (CKD) atau pun Incompletely Knocked Down (IKD)… Sistemnya part by part… Hanya komponen-komponen yang tidak ada di sini saja yang di impor…

Advertisement

Emang beda ya…??

Beda Om… Kalau CKD itu kan impor lengkap secara terurai. Sampai di Indonesia hanya perlu merakitnya saja hingga menjadi unit utuh. Sementara Esemka Bima tidak demikian. Hanya sebagian komponen saja yang di impor, sedangkan sebagian komponen yang lainnya dibuat di Indonesia… Diantaranya engine block dan cranksaft, dibuat melalui kerja sama dengan industri dalam negeri.

Lalu, apakah seterusnya akan seperti itu??

Tentu tidak Om… Jika Esemka berkembang, tentu nantinya Esemka punya kewenangan untuk pengembangan selanjutnya… Bahkan tidak mustahil ke depannya nanti Esemka dapat melakukan transfer teknologi dari China untuk pengembangan desain lebih lanjut. (Mtb – Mobil Esemka terbaru gambar).

Advertisement

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *